Selain itu ada juga manfaat yang dapat diperoleh tanaman inang dari adanya asosiasi mikoriza seperti meningkatkan penyerapan unsur hara tahan terhadap serangan pathogen sebagai konservasi tanah sebagai sumber pembuatan pupuk biologis dan lain sebagainya. Jenis mikoriza yang akan kita pergunakan dalam proses pembuatan pupuk hayati ini adalah jamur jenis ektomikoriza.

Cara Membuat Pupuk Dari Sampah Cara Membuat Pupuk Dari Sampah

Bisa dibayangkan bukan kelebihan dan manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda tahu bagaimana cara membuat pupuk hayati biofertilizer ini.

Cara pembuatan pupuk mikoriza. Sejarah penggunaan pupuk pada dasarnya merupakan bagian daripada sejarah pertanian penggunaan pupuk diperkirakan sudah dimulai sejak permulaan manusia mengenal bercocok tanam yaitu sekitar 5 000 tahun yang lalu bentuk primitif dari penggunaan pupuk dalam memperbaiki kesuburan tanah dimulai dari kebudayaan tua manusia di daerah aliran sungai sungai nil euphrat indus cina dan amerika latin. Padahal pembuatan inokulan skala laboratorium telah dimulai pada tahun 1938 di plantkundige institut dan laboratorium treub di bogor. Alat serta bahan yang dibutuhkan memang agak banyak berbeda dengan cara membuat pupuk dari vetsin dan cara membuat pupuk cair dari kotoran walet namun tidak perlu khawatir karena masih mudah untuk didapatkan.

Jamur mikoriza adalah sekelompok jamur tanah yang diketahui dapat berfungsi sebagai pupuk hayati. Demikianlah cara pembuatan mikoriza dari pengalaman mas avi. Menurut badan peneliti sendiri penggunaan pupuk hayati biofertilizer dapat mengurangi jumlah penggunaan pupuk jenis urea mencapai 50.

Mikoriza dapat memproduksi hormon dan zat pengatur tumbuh fungi mikoriza dapat memberikan hormon seperti auxin sitokinin giberellin juga zat pengatur tumbuh seperti vitamin kepada inangnya. Untuk itulah pada pembuatan pupuk ini digunakan minoriza sebagai bahan utama. Tapi ingat mikoriza ini tidak boleh dicampur dengan pestisida.

Mikoriza ini bisa dicampur dengan pupuk kimia. Semoga bisa berguna bagi yang lain. Terima kasih kepada mas avi semoga info ini dapat menjadi ladang amal baginya.

Dengan cara mengikat agregat agregat tanah dan bahan organik tanah. Mikoriza merupakan jenis fungi yang menguntungkan pertumbuhan tanaman terutama pada tanah tanah yang mengalami kekurangan unsur p. Mikoriza bersimbiosis dengan perakaran tanaman dan membantu dalam penyerapan p.

Sebagai sumber pembuatan pupuk biologis. Mikoriza adalah bentuk simbiosis antara cendawan dengan tumbuhan tingkat tinggi tumbuhan berpembuluh tracheophyta khususnya pada sistem perakaran terdapat juga cendawan yang bersimbiosis dengan cendawan lainnya tetapi sebutan mikoriza biasanya adalah untuk simbiosis cendawan yang menginfeksi akar tumbuhan.


Post a Comment

Previous Post Next Post