3G sebagian akbar dipakai menggunakan ponsel dan handset sebagai wahana buat menghubungkan ponsel ke internet atau jaringan IP lainnya buat melakukan panggilan bunyi dan video, buat mengunduh & mengunggah data, & buat menjelajahi Web.

Standar 3G, meskipun masih berfungsi kini mulai ditinggalkan beberapa penyedia telekomunikasi seluler, sebagian besar telah digantikan sang standar 4G, yg dengan sendirinya dikalahkan oleh layanan 5G.

Sejarah

3G mengikuti pola G yang ITU mulai pada awal 1990-an. Pola ini sebenarnya adalah inisiatif nirkabel yang disebut International Mobile Communications 2000. Oleh karena itu, 3G datang setelah 2G dan 2.5G, teknologi generasi kedua.

Teknologi 2G mencakup, antara lain, Global System for Mobile. Dua.5G membawa baku yang berada pada antara 2G & 3G, termasuk General Packet Radio Service, Enhanced Data rates for GSM Evolution, Universal Mobile Telecommunications System, & lainnya.

Bagaimana 3G Lebih Baik?

3G menawarkan beberapa peningkatan lebih dari 2.5G dan jaringan sebelumnya:

  • Kecepatan data beberapa kali lebih tinggi
  • Streaming audio dan video yang ditingkatkan
  • Mendukung videoconferencing
  • Browsing web dan WAP dengan kecepatan lebih tinggi
  • Dukungan IPTV (TV melalui internet)

Spesifikasi Teknis

Kecepatan transfer untuk jaringan 3G adalah antara 128 dan 144 kilobit per detik untuk perangkat yang bergerak cepat, dan 384 kbps untuk yang lambat — seperti pejalan kaki yang berjalan. Untuk LAN nirkabel tetap, kecepatan melebihi 2 Mbps.

3G merupakan seperangkat teknologi & standar yg antara lain W-CDMA, WLAN, dan radio seluler.

Persyaratan buat Penggunaan

Berbeda dengan Wi-Fi, yang bisa Anda peroleh secara gratis di hotspot, Anda harus berlangganan ke penyedia layanan untuk mendapatkan konektivitas jaringan 3G. Layanan semacam ini sering disebut paket data atau paket jaringan.

Perangkat Anda terhubung ke jaringan 3G melalui kartu SIM-nya (pada hal ponsel) atau kartu data 3G-nya (yang dapat berdasarkan banyak sekali jenis, seperti USB, PCMCIA, dll.), Yang keduanya umumnya disediakan atau dijual sang penyedia layanan.

Kartu-kartu ini adalah bagaimana perangkat terhubung ke internet waktu berada pada jangkauan jaringan 3G. Bahkan, perangkat ini kompatibel dengan teknologi yg lebih tua, itulah sebabnya telepon 3G yang kompatibel mampu menerima layanan 2G jika tersedia waktu layanan 3G tidak.

Masa Depan 3G

Antusiasme 3G awal 2010-an telah surut; sebagian besar perangkat sekarang mendukung standar 4G, menggunakan 3G sebagai cadangan jika koneksi 4G tidak tersedia. Di beberapa bagian dunia, khususnya di daerah pedesaan, 3G tetap menjadi layanan utama.

Post a Comment

Previous Post Next Post