Apa itu Bluetooth?

Bluetooth adalah standar teknologi komunikasi Wireless (tanpa kabel) yang menghubungkan berbagai jenis perangkat dari jarak pendek dan dirancang untuk membuat jaringan kawasan pribadi (PAN). Teknologi Bluetooth menggunakan frekuensi operasi 2,4 GHz yang sama seperti ketika menggunakan standar Wireless 802.11b dan 802.11g, tetapi, pada gilirannya, mengkonsumsi lebih sedikit daya selama penggunaanya.

Konsumsi daya yg rendah mengakibatkan jangkauan yg lebih sempit & kecepatan transfer data yang lebih lambat, namun metode koneksi ini sudah memenangkan ceruknya & digunakan hampir di mana-mana. Ada 3 kelas Bluetooth. Kelas 1 dipakai buat keperluan industri dan menyediakan jangkauan sampai 100 meter; 100 mW dipakai buat catu daya. Kelas dua merupakan saluran radio yang paling poly dipakai, hanya memakai dua,lima mW & menyediakan jangkauan sampai 10 meter. Kelas 3 memakai daya 1 mW, namun radius jangkauannya hanya 1 meter.

Teknologi ini digunakan di banyak perangkat yang memiliki fitur Bluetooth. Fungsi Bluetooth pada ponsel umumnya digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer, headset, dan perangkat lain. Jenis komunikasi ini memungkinkan kendali jarak jauh konsol game, banyak tablet dan laptop juga memiliki fitur Bluetooth. Ada perangkat lain yang mendukung Bluetooth: mouse dan keyboard Wireless, sistem audio mobil, dll.

Sedikit sejarah Bluetooth

Istilah Bluetooth dikaitkan dengan nama penguasa Denmark abad ke-10 Harald Bl├ątand — atau Harald Bluetooth dalam bahasa Inggris. Dia adalah penguasa pertama yang menyatukan faksi-faksi yang bertikai, sekarang disebut Norwegia, Swedia dan Denmark.

Bluetooth ditemukan oleh perusahaan Swedia Ericsson dalam tahun 1994. Sejak 1998, standar ini sudah dikelola oleh gerombolan Bluetooth Special Interest Group (SIG) ? Badan yang mengawasi pengembangan baku Bluetooth, melisensikan teknologi Bluetooth dan merek dagang untuk produsen. Organisasi ini berfokus dalam pengembangan baku, versi baru, namun bukan produksi dan penjualan produk Bluetooth, meninggalkan kemungkinan ini kepada pembuat berlisensi.

Versi baku modern yang dipakai pada sebagian besar perangkat modern Bluetooth 3.0 & Bluetooth 4.0 - 4.Dua.

Bluetooth 3.0 digunakan pada sebagian akbar smartphone terkini & perangkat lain. Standar ini diadopsi dalam 21 April 2009 & memberikan kecepatan transfer data teoritis hingga 24 Mbit/s.

Bluetooth 4.0 adalah peningkatan menurut versi 3.0 & menyediakan konsumsi daya yang lebih rendah menggunakan kecepatan transfer yang sama. Standar ini diadopsi dalam 30 Juni 2010, & jumlah perangkat yg menggunakan versi ini terus semakin tinggi. Salah satu smartphone paling populer yang menggunakan versi ini merupakan iPhone 6 dan Samsung Galaxy S3.

Versi Bluetooth 4.2 dikenalkan pada tiga Desember 2014.

Yang paling modern, pada ketika publikasi artikel, merupakan versi Bluetooth 5, yang tersaji dalam 16 Juni 2016.

Bagaimana cara memakai Bluetooth di personal komputer Anda?

Bluetooth terintegrasi ke hampir setiap smartphone dan tablet, dan juga tersedia di sejumlah laptop. Namun kehadiran chip Bluetooth di komputer duduk agak pengecualian untuk aturan tersebut.

Lantaran itu, satu-satunya cara buat mempunyai Bluetooth pada personal komputer desktop Anda adalah menggunakan membeli adaptor Bluetooth ukuran mini menggunakan antarmuka USB. Adaptor semacam itu bisa ditemukan pada hampir semua toko personal komputer .

Saat memilih adaptor Bluetooth, Anda perlu memperhatikan versi Bluetooth yg didukung. Anda wajib membeli setidaknya versi 3.0, jika tidak 4.0 atau lebih baru. Biasanya adaptor USB termurah hanya menyediakan dukungan buat Bluetooth versi 2.1. Adaptor yg lebih mahal, umumnya, menaruh dukungan buat versi terkini.

Pemasangan perangkat semacam itu biasanya terjadi pada mode otomatis (Plug and Play). Windows 7, 8, atau 10 mendeteksi adaptor USB Bluetooth dan menginstal drivernya secara otomatis. Maka perangkat tersebut dapat segera dipakai.

Jika sistem operasi tidak menemukan driver perangkat, Anda perlu menggunakan CD yang disertakan dengan perangkat, atau mencari driver di situs web penghasil. Untuk menaikkan kemampuan komunikasi, Anda dapat memakai utilitas khusus.

Dengan modul Bluetooth berjalan di komputer Anda, Anda bisa melihat ikon birunya pada area notifikasi bilah tugas. Jika ikon Bluetooth nir terdapat, itu berarti instalasi dilakukan menggunakan tidak benar atau nir terdapat Bluetooth sama sekali.

Jadi, kini sebagai jelas apa Bluetooth itu, bagaimana cara kerjanya, apa yang mampu dilakukan & bagaimana itu bisa dipakai. Tetapi ada standar koneksi Wi-Fi Direct, yang memiliki kelebihan dibandingkan Bluetooth dan karenanya siap kapan pun buat menggantikannya.

Post a Comment

Previous Post Next Post