Jelas bahwa email (electronic mail) sudah sebagai keliru satu bentuk komunikasi yang paling generik. Bahkan, komunikasi email tidak hanya dipakai sebagai pengganti penulisan surat, namun jua menggantikan panggilan telepon pada banyak situasi sosial & pada lingkungan profesional.

Jadi, apa itu email dan bagaimana cara kerja email? Ada banyak yang masuk ke email pada belakang layar, akan tetapi kami tidak akan membahas seluruh itu di sini. Sebagai gantinya, yuk kita lihat 2 topik paling krusial: apa itu email & mengapa orang begitu acapkali menggunakan email.

Apa Itu Email?

Email (juga ditulis sebagai E-mail) adalah pesan digital. Alih-alih menggunakan pena untuk menulis surat di atas kertas, anda cukup menggunakan keyboard anda (atau kadang-kadang hanya suara anda) untuk menulis pesan email pada perangkat elektronik seperti telepon atau komputer.

Alamat email ditulis dengan nama pengguna khusus di awal diikuti dengan nama domain penyedia layanan email, dengan tanda @ yang memisahkan keduanya. Berikut ini contohnya: nama@gmail.com.

Berikut merupakan beberapa dasar email lainnya:

  • Mengirim email: Ketika email selesai dan telah dialamatkan ke alamat email penerima, mengirimkannya memungkinkan pesan untuk mencapai penerima yang dituju, atau penerima jika anda mengirim email grup.
  • Transport email: Server email mengirimkan pesan dari pengirim ke penerima. SMTP adalah nama protokol yang digunakan untuk mengirim pesan email, dan server POP atau IMAP diperlukan untuk memahami cara mengunduh electronic mail ke klien email.
  • Mengambil mail baru: Jika anda punya mail baru di mailbox anda, anda cukup mengetuknya atau mengkliknya untuk membuka dan membaca pesan, serta melihat lampiran file apa pun.

Untuk Apa Email Digunakan?

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang menggunakan email setiap hari:

  • Kecepatan: Kecepatan pengiriman dan penerimaan email merupakan manfaat besar bagi kebanyakan orang. Orang-orang bisa berkomunikasi dalam hitungan menit atau detik dari mana saja, entah itu di dalam gedung yang sama atau di seluruh dunia.
  • Kenyamanan: Dalam beberapa hal, email lebih cepat daripada membuat panggilan telepon, di mana anda mungkin ditahan untuk waktu yang lama atau dipaksa untuk terlibat dalam percakapan yang panjang. Sebaliknya, jika anda memiliki pertanyaan cepat untuk seseorang, terkadang lebih mudah untuk menembak email yang dapat dijawab dengan cepat.
  • Lampiran: Sangat mudah untuk melampirkan file apa pun ke pesan email. Saking mudahnya anda bisa mengirim email esai kepada guru anda mengirimkan email sekelompok foto liburan kepada seseorang atau mengirim email spreadsheet ke rekan kerja.
  • Aksesibilitas: Akun email seperti folder besar untuk tidak hanya pesan pribadi tetapi juga file dan informasi penting lainnya. Client email yang baik memudahkan untuk mengatur, mengarsipkan, dan mencari melalui email and, sehingga setiap informasi yang terkandung dalam email selalu mudah diakses.
  • Catatan: Email memberikan catatan percakapan yang tidak anda miliki jika berkomunikasi secara lisan. Sangat mudah untuk mencetak email untuk hard copy atau anda bisa menggunakan ruang penyimpanan besar penyedia email anda untuk menjaga semuanya online selama anda perlu.
  • Ruang dan waktu tidak terbatas: Tidak seperti mengirim pesan teks, anda memiliki ruang tak terbatas untuk menulis sebanyak yang anda inginkan dalam email. Anda juga bisa menghabiskan waktu sebanyak yang anda inginkan untuk menulis email, merevisinya sesering yang anda perlukan sebelum mengirimnya.
  • Komunikasi gratis: Tidak seperti beberapa bentuk komunikasi, seperti panggilan jarak jauh dan pesan fisik, sebagian besar penyedia email memberi anda akses gratis ke akun email. Anda bisa memilih alamat email anda sendiri, mengirim dan menerima semua electronic mail yang anda inginkan, dan menyimpan semuanya secara online tanpa harus membayar sepeser pun.
  • Keamanan: Beberapa layanan email dibuat khusus untuk privasi dan keamanan, sehingga pengguna dapat yakin bahwa pesan dan file disembunyikan dari semua orang kecuali penerima yang dituju.

Kelemahan Email

Sayangnya, masalah besar email adalah mail yang tidak diminta, lebih dikenal sebagai spam.

Dengan ratusan email sampah ini pada inbox anda, email baik yang sekali waktu sanggup hilang. Tetapi, untungnya, terdapat filter sophisticated yg menelusuri pesan baru anda & memilah yg nir diinginkan secara otomatis.

Untuk melaporkan spam dengan benar, lakukan hal berikut:

  • Identifikasi sumber pesan yang sebenarnya.
  • Temukan ISP yang digunakan pengirim untuk mengirim pesan.
  • Identifikasi orang yang tepat untuk dihubungi di ISP itu.

Post a Comment

Previous Post Next Post