File DOCM sama seperti file DOCX namun mampu menjalankan makro, yang memungkinkan anda mengotomatiskan tugas yg berulang di Word. Untuk fungsi lainnya pun sama seperti file DOCX, file DOCM sanggup menyimpan teks yg diformat, gambar, shape, bagan, dan poly lagi.

File DOCM menggunakan format XML dan ZIP untuk compress data ke ukuran yang lebih kecil. Ini mirip dengan format XML Microsoft Office lainnya seperti DOCX dan XLSX.

Cara Membuka File DOCM

Cara termudah untuk membuka File DOCM serta mengeditnya adalah menggunakan software Microsoft Office Word (versi 2007 dan di atas). Jika anda memiliki versi Microsoft Word sebelumnya, anda bisa mengunduh Microsoft Office Compatibility Pack gratis untuk membuka, mengedit, dan menyimpan file DOCM di versi MS Word anda yang lebih lama.

Anda bisa membuka arsip DOCM tanpa Microsoft Word menggunakan Word Viewer gratis Microsoft, tetapi itu hanya memungkinkan anda melihat & mencetak file, tidak membuat perubahan apa pun.

LibreOffice Writer, Kingsoft Writer, OpenOffice Writer, & Prosesor Word Gratis lainnya, pula bisa dipakai buat membuka dan mengedit file DOCM.

Cara Convert File DOCM

Cara terbaik untuk convert file DOCM adalah dengan membukanya di salah satu editor DOCM yang telah kami sebutkan tadi di atas dan kemudian menyimpan file yang terbuka ke format lain seperti DOCX, DOC, atau DOTM.

Anda juga bisa menggunakan konverter file gratis khusus seperti FileZigZag untuk convert file DOCM. FileZigZag adalah situs web, jadi anda harus mengunggah file DOCM sebelum bisa mengconvertnya. Ini memungkinkan anda convert DOCM ke PDF, HTML, OTT, ODT, RTF, dan format file serupa lainnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post