Anda seringkali melihat arsip dengan perluasan MOV? Anda bingung itu arsip apa? Dalam artikel ini, kami dari TeknoLah akan membahas, apa itu sebenarnya file dengan perluasan MOV. Selamat menyimak!

Jadi, apa itu MOV?

Sebuah arsip menggunakan ekstensi arsip MOV adalah arsip Apple QuickTime Movie yg disimpan pada wadah arsip QuickTime File Format (QTFF).

File menggunakan perluasan MOV mampu menyimpan audio, video, & teks pada file yg sama melalui trek yg tidak selaras, atau trek dapat memilih ke data yg disimpan pada tempat lain dalam arsip lain.

Perangkat iOS seperti iPhone dan iPad merupakan tempat yang umum buat melihat arsip MOV karenanya adalah format arsip default yg dipakai oleh perangkat tadi buat merekam video.

Cara Membuka File MOV

Program Apple iTunes & QuickTime, VLC, Windows Media Player dan Elmedia Player semuanya bisa memutar arsip MOV.

Jika arsip Apple QuickTime Movie Anda mempunyai perluasan arsip .QT atau .MOVIE, Anda mungkin perlu memakai QuickTime kecuali Anda ingin mencoba mengganti nama ekstensi file sebagai .MOV.

Cara lain buat membuka file MOV pada personal komputer adalah menggunakan menggunakan Google Drive. Agar hal ini berhasil, Anda wajib mengunggah video ke layanan penyimpanan online itu, yg lalu memungkinkan Anda nir hanya menciptakan cadangan arsip secara online tetapi pula mengalirkan arsip MOV menurut browser apa pun dan perangkat seluler yang kompatibel (melalui pelaksanaan selulernya).

Cara Convert File MOV

Tidak semua pemutar media, perangkat, layanan penyimpanan file online, & website mendukung format MOV. Dalam hal itu, Anda mampu convert file MOV ke format baru supaya bisa dipakai buat situasi khusus Anda.

Cara terbaik buat convert arsip MOV merupakan dengan memakai file converter gratis. Sebagian akbar dari mereka memungkinkan Anda convert video MOV ke MP4, WMV, dan AVI, atau bahkan eksklusif ke DVD. Beberapa jua dapat mengekstrak audio dari file MOV dan menyimpannya menjadi MP3. Beberapa favorit termasuk Freemake Video Converter dan EncodeHD.

Bahkan program pemutar media VLC yang disebutkan di atas, yang dapat membuka file MOV, juga bisa digunakan untuk convert menjadi format seperti MP4. Ini dicapai melalui opsi menu Media > Convert / Save... VLC. Telusuri file MOV dan kemudian gunakan tombol Convert / Save untuk memilih format output.

File video biasanya berukuran cukup akbar, jadi cara terbaik Anda adalah menggunakan acara video converter spesifik. Namun, bila Anda mempunyai arsip video kecil atau Anda nir keberatan menunggu buat mengunggahnya, Anda jua sanggup convert file MOV dengan online converter seperti Zamzar atau FileZigZag. Ingatlah bahwa convert arsip MOV dengan cara ini berarti Anda wajib mengunduh file yg dikonversi balik ke komputer Anda sebelum bisa menggunakannya.

Zamzar adalah keliru satu contoh converter arsip MOV yg bisa menyimpan film ke file GIF.

Informasi Lebih Lanjut tentang File MOV

File MP4 dan MOV serupa karena keduanya merupakan format kompresi lossy, ialah sebagian arsip dipangkas buat menghasilkan ukuran arsip yg lebih mini . Inilah sebabnya mengapa Anda acapkali melihat arsip MP4 dan MOV sebagai format pilihan buat video yg didistribusikan secara online.

Tetapi, format wadah MP4 jauh lebih umum daripada MOV & karena itu didukung sang majemuk aplikasi & hardware yg lebih luas.

Nah, kini Anda sudah memahami apa itu arsip MOV?

Post a Comment

Previous Post Next Post