√ Apa Itu File MP3? Begini Cara Membukanya - Biaya Pendidikan

Apa Itu File MP3? Begini Cara Membukanya

Jadi, apa itu File MP3?

Sebuah file dengan ekstensi file MP3 merupakan salah satu file audio digital yang paling umum didistribusikan dan digunakan saat ini. File MP3 dibuat oleh Moving Pictures Experts Group (MPEG) dan singkatan dari MPEG-1 atau MPEG-2 Audio Layer III.

File MP3 umumnya dipakai buat menyimpan data musik, akan tetapi terkadang terdapat audiobook perdeo yang memakai format MP3 jua. Saking populernya, berbagai hape, tablet, dan bahkan tunggangan memberikan dukungan bawaan buat memutar MP3.

Adapun yang menciptakan file MP3 digunakan secara luas dan tidak selaras dari beberapa format arsip audio lainnya adalah data audio dikompres buat mengurangi ukuran arsip menjadi hanya sebagian kecil dari format WAV. Meskipun secara teknis kualitas audio sedikit berkurang demi mencapai keseimbangan ukuran arsip.

Cara Membuka File MP3

File MP3 bisa diputar di banyak perangkat lunak komputer yang berbeda, termasuk Microsoft Windows Music, Windows Media Player, VLC, iTunes, Winamp, dan sebagian besar pemutar musik lainnya.

Perangkat Apple misalnya iPhone, iPad, dan iPod touch sanggup memutar file MP3 tanpa pelaksanaan khusus, seperti langsung menurut pada browser web atau aplikasi Mail. Hal yg sama berlaku buat Kindle Amazon, Microsoft Zune, tablet dan hape Android, & banyak perangkat lainnya.

Cara Convert File MP3

Ada banyak cara untuk menyimpan MP3 ke format audio lainnya. Program Freemake Audio Converter adalah salah satu contoh bagaimana Anda bisa convert MP3 ke WAV dengan mudah. Banyak converter MP3 lainnya dapat diunduh secara gratis di luar sana.

Hampir sebagian besar program converter — baik yang gratis maupun berbayar — mampu convert MP3 ke M4R untuk ringtone iPhone, selain itu juga bisa ke M4A, MP4 (untuk membuat "video" hanya dengan suara), WMA, OGG, FLAC, AAC, AIF/AIFF/AIFC, dan banyak lagi.

Jika Anda mencari converter MP3 online yang mudah digunakan, kami sarankan Zamzar atau FileZigZag. Adapun cara menggunakannya, cukup unggah file MP3 Anda ke situs tersebut dan kemudian pilih format yang ingin Anda convert. Tunggu hingga proses convert selesai. Selanjutnya, unduh kembali file tersebut ke komputer Anda.

Bear File Converter merupakan converter online yg memungkinkan Anda menyimpan arsip MP3 ke format MIDI menjadi file .MID. Selain MP3, Anda juga bisa mengunggah arsip WAV, WMA, AAC, dan OGG. Anda cukup mengunggah file menurut personal komputer Anda atau sematkan URL ke situs online tersebut.

Cara Edit File MP3

Sebagian besar program yang mampu membuka file MP3 hanya bisa memutarnya, bukan mengeditnya. Jika Anda perlu mengedit file MP3, ingin memotong bagian awal dan/atau akhir, coba MP3Cut.net — alat Online MP3 Cutter. Selain memotong, alat itu juga bisa menambahkan efek fade in atau fade out.

Situs lain yg sanggup menggunakan cepat memotong file MP3 buat membuatnya nir hanya lebih kecil pada ukuran tapi jua lebih pendek, merupakan MP3 Cutter.

Audacity merupakan editor audio populer yang punya poly fitur, jadi nir gampang digunakan seperti yang baru saja disebutkan. Tetapi, sangat cantik jika Anda perlu mengedit bagian tengah arsip MP3 atau melakukan hal-hal canggih misalnya menambahkan efek dan menggabungkan beberapa arsip audio.

Mengedit metadata MP3 hanya mampu dilakukan menggunakan aplikasi tag editing seperti Mp3tag.

Nah, kini Anda sudah tahu apa itu arsip MP3?

Get notifications from this blog