Firmware merupakan sebuah aplikasi yg tertanam pada sebuah alat-alat hardware. Sederhananya, Anda bisa menduga firmware menjadi "software buat hardware." Namun, firmware bukan kata yang dapat dipertukarkan buat aplikasi.

Peralatan hardware seperti drive optik, kartu jaringan, router, kamera, atau scanner semuanya memiliki software yang diprogram ke pada memori spesifik yang terdapat pada perangkat keras itu sendiri.

Dari mana Firmware Update

pembuat CD, DVD, & BD drive sering merilis firmware update secara rutin supaya hardware mereka kompatibel dengan media baru.

Sebagai model, katakanlah Anda membeli 20 pack BD kosong & mencoba buat burn video ke beberapa berdasarkan BD tadi, akan tetapi tidak berhasil melakukanya. Salah satu hal pertama yang mungkin disarankan sang pembuat drive Blu-ray adalah mengupdate firmware dalam drive.

Mengupdate firmware mungkin akan menyertakan seperangkat kode komputer baru untuk drive Anda, menginstruksikannya bagaimana menulis ke merek BD disk yg Anda pakai, dan memecahkan masalah itu.

Produsen router jaringan tak jarang merilis update ke firmware dalam alat-alat mereka buat menaikkan kinerja jaringan atau menambahkan fitur tambahan. Hal yang sama berlaku buat pembuat kamera digital, pembuat smartphone (misalnya iOS & Android), dll. Anda dapat mengunjungi situs web produsen buat mendownload firmware update.

Satu contoh dapat dicermati waktu mendownload firmware buat wireless router seperti Linksys WRT54G. Cukup kunjungi laman dukungan router pada situs web Linksys buat menemukan bagian download, yg adalah loka Anda mendapatkan firmware.

Cara Menerapkan Firmware Update

Tidak mungkin buat menaruh jawaban menyeluruh buat cara menginstal firmware di semua perangkat karena nir seluruh perangkat sama. Beberapa firmware update diterapkan secara nirkabel & hanya tampak seperti update perangkat lunak biasa. Lainnya mungkin melibatkan menyalin firmware ke drive portabel dan kemudian memuatnya ke alat-alat secara manual.

Misalnya, kamu mungkin bisa mengupdate firmware dalam konsol game hanya menggunakan menerima serangkaian permintaan buat memperbarui aplikasi. Tidak mungkin perangkat diatur dengan cara di mana Anda harus mendownload firmware secara manual & kemudian menerapkannya secara manual. Hal itu akan membuatnya terlalu sulit bagi pengguna umum buat mengupdate firmware, terutama bila perangkat acapkali membutuhkan mengupdate firmware.

Perangkat iOS Apple seperti iPhone dan iPad jua terkadang menerima firmware update. Perangkat ini memungkinkan Anda mendownload dan menginstal firmware menurut perangkat itu sendiri sehingga Anda nir perlu mendownload dan menginstalnya sendiri secara manual. Lihat Cara Mengupdate OS Android Anda menjadi model.

Namun, beberapa perangkat, seperti router, memiliki bagian khusus di konsol administratif yang memungkinkan Anda menerapkan firmware update. Hal tersebut umumnya bagian yang memiliki tombol Open atau Browse yang memungkinkan Anda memilih firmware yang telah Anda download. Sangat penting untuk membaca petunjuk manual penggunaan perangkat sebelum mengupdate firmware, hanya untuk memastikan bahwa langkah yang Anda ambil benar dan Anda telah membaca semua peringatan.

Fakta Penting Mengenai Firmware

Sama seperti peringatan pembuat yang akan ditampilkan, sangat krusial buat memastikan bahwa perangkat yg menerima firmware update nir dimatikan saat update sedang diterapkan. Firmware update sebagian atau tidak lengkap menciptakan firmware rusak, yang dapat menghambat cara kerja perangkat.

Sama pentingnya untuk menghindari menginstal firmware update yg galat ke perangkat. Memberikan satu software yang dimiliki oleh perangkat yg tidak sinkron dapat mengakibatkan hardware itu nir berfungsi seperti seharusnya. Untuk mengetahui apakah Anda sudah mendownload firmware yang tepat, cukup cocokan nomor contoh hardware yang Anda akan pada-update firmware-nya.

Seperti yg sudah aku sebutkan, hal lain yang perlu diingat saat mengupdate firmware merupakan Anda wajib terlebih dahulu membaca petunjuk manual yang terkait menggunakan perangkat itu. Setiap perangkat itu unik dan akan mempunyai metode update atau restore perangkat firmware yang tidak sama.

Beberapa perangkat nir akan memberitahu Anda untuk mengupdate firmware, jadi Anda harus mempelajari situs web pembuat untuk melihat apakah update baru sudah dirilis atau mendaftarkan perangkat di situs web pembuat sebagai akibatnya Anda sanggup mendapatkan pemberitahuan ke email saat firmware baru keluar.

Post a Comment

Previous Post Next Post