Sederhananya, LinkedIn merupakan jejaring sosial buat para profesional. Ini seperti Facebook buat karier anda.

Meskipun sebagai galat satu platform sosial paling populer waktu ini, poly orang masih tidak tahu apa sebenarnya kegunaan dan manfaat LinkedIn. Inilah semua yang perlu anda ketahui mengenai apa yang ditawarkan platform unik ini.

Pengantar Singkat buat LinkedIn

Entah anda seorang eksekutif pemasaran di sebuah perusahaan besar, pemilik bisnis yang mengelola sebuah toko kecil atau bahkan seorang mahasiswa tahun pertama yang mencari pekerjaan pertama setelah lulus, LinkedIn bisa digunakan oleh siapa saja dan semua orang yang tertarik untuk mengambil kehidupan profesional mereka lebih serius dengan mencari peluang baru untuk menumbuhkan karier mereka dan untuk terhubung dengan profesional lain.

Anda bisa menduga LinkedIn sebagai teknologi tinggi yang setara menggunakan pulang ke acara seminar & bertemu pribadi menggunakan para profesional lainnya, berbicara mengenai pengalaman dan bertukar kartu nama. Ini seperti satu program seminar impian akbar.

Di LinkedIn, anda berjejaring dengan orang-orang menggunakan menambahkan mereka menjadi "koneksi," seperti menggunakan bagaimana anda menciptakan permintaan pertemanan pada Facebook. Anda berkomunikasi melalui pesan langsung (atau liputan hubungan yg tersedia) & anda memiliki seluruh pengalaman profesional dan pencapaian anda ditata pada profil yang tertata rapi untuk dipamerkan pada pengguna lain.

Fitur Utama LinkedIn

Berikut adalah beberapa fitur dasar yang ditawarkan jaringan bisnis ini dan bagaimana mereka dirancang untuk digunakan oleh para profesional.

Home: Setelah anda masuk ke LinkedIn, home feed merupakan feed berita anda, menampilkan pos terbaru dari koneksi anda dengan profesional lain dan halaman perusahaan yang anda ikuti.

Profil: Profil anda menunjukkan nama anda, foto anda, lokasi anda, pekerjaan anda dan lebih banyak lagi di bagian atas. Di bawah itu, anda memiliki kemampuan untuk menyesuaikan berbagai bagian yang berbeda seperti ringkasan pendek, pengalaman kerja, pendidikan, dan bagian lain yang serupa dengan cara anda membuat resume atau CV tradisional.

My Network: Di sini anda akan menemukan daftar semua profesional yang saat ini terhubung dengan anda di LinkedIn. Kalau anda mengarahkan mouse ke opsi ini di menu atas, anda juga akan dapat melihat sejumlah opsi lain yang memungkinkan anda menambahkan kontak, menemukan orang yang mungkin anda kenal dan menemukan alumni.

Jobs: Semua jenis daftar pekerjaan diposting di LinkedIn setiap hari oleh pengusaha, dan LinkedIn akan merekomendasikan pekerjaan tertentu kepada anda berdasarkan informasi anda saat ini, termasuk lokasi anda dan preferensi pekerjaan opsional yang bisa anda isi untuk mendapatkan daftar pekerjaan yang dirancang lebih baik.

Interests: Selain koneksi anda dengan para profesional, anda bisa mengikuti minat tertentu di LinkedIn juga. Ini termasuk halaman perusahaan, grup sesuai dengan lokasi atau minat, platform SlideShare LinkedIn untuk penerbitan slideshow dan platform Lynda LinkedIn untuk tujuan pendidikan.

Search bar: LinkedIn memiliki fitur pencarian powerful yang memungkinkan anda untuk memfilter hasil menurut beberapa bidang yang dapat disesuaikan. Klik "Advanced" di sebelah bilah pencarian untuk menemukan profesional, perusahaan, pekerjaan, dan lainnya yang spesifik.

Messages: Ketika anda ingin memulai percakapan dengan profesional lain, anda dapat melakukannya dengan mengirimi mereka pesan pribadi melalui LinkedIn. Anda juga bisa menambahkan attachment, termasuk foto, dan lainnya.

Notifications: Seperti jejaring sosial lainnya, LinkedIn memiliki fitur notifikasi yang memungkinkan anda mengetahui kapan anda telah didukung oleh seseorang, diundang untuk bergabung dengan sesuatu atau disambut untuk melihat posting yang mungkin menarik bagi anda.

Pending Invitations: Ketika profesional lain mengundang anda untuk terhubung dengan mereka di LinkedIn, anda akan menerima undangan yang harus anda setujui.

Ini adalah fitur utama yang pertama kali anda perhatikan waktu anda bergabung dengan LinkedIn dan mendaftar untuk akun Basic, tetapi anda bisa menyelami lebih dalam beberapa detail & opsi yg lebih terspesialisasi dengan menjelajahi sendiri platform tadi. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa anda akan tertarik menggunakan LinkedIn's Business Services dan/atau upgrade akun Premium, yang memungkinkan pengguna buat mengirim pekerjaan, merogoh keuntungan menurut solusi bakat, beriklan di platform & memperluas strategi penjualan anda buat memasukkan penjualan sosial di LinkedIn .

Menggunakan LinkedIn (Sebagai Perorangan)

Sekarang anda tahu apa yang ditawarkan LinkedIn dan orang seperti apa yang biasanya menggunakannya, namun itu mungkin tidak memberi anda ide spesifik bagaimana mulai menggunakannya sendiri. Bahkan, banyak pengguna membuat akun dan kemudian meninggalkannya karena mereka tidak tahu bagaimana mereka harus menggunakan LinkedIn.

Berikut ini beberapa saran buat pemula.

Dapatkan kembali berhubungan dengan kolega lama. Anda bisa menggunakan bagian My Networks untuk menemukan kolega lama, guru, orang-orang satu sekolahan dan siapa saja yang mungkin anda anggap berharga untuk dimiliki di jaringan profesional anda. Cukup masukkan atau hubungkan email anda untuk menyinkronkan kontak anda dengan LinkedIn.

Gunakan profil anda sebagai resume anda. Profil LinkedIn anda pada dasarnya merepresentasikan resume yang lebih lengkap (dan interaktif). Anda bisa memasukkannya sebagai tautan, mungkin dalam surel atau surat lamaran anda saat melamar pekerjaan. Beberapa situs web yang memungkinkan anda melamar pekerjaan bahkan akan memungkinkan anda terhubung ke profil LinkedIn anda untuk mengimpor semua informasi anda. Kalau anda perlu membuat resume di luar LinkedIn, ada aplikasi untuk itu.

Temukan dan lamar pekerjaan. Ingatlah bahwa LinkedIn adalah salah satu tempat terbaik untuk mencari lowongan pekerjaan secara online. Anda akan selalu mendapatkan rekomendasi dari LinkedIn tentang pekerjaan yang mungkin menarik bagi anda, namun anda selalu bisa menggunakan bilah pencarian untuk mencari posisi tertentu juga.

Temukan dan terhubung dengan profesional baru. Sangat bagus untuk kembali berhubungan dengan kolega lama dan terhubung dengan semua orang di tempat kerja anda saat ini yang mungkin juga ada di LinkedIn, tetapi yang lebih baik adalah anda memiliki kesempatan untuk menemukan profesional baru baik secara lokal maupun internasional yang mungkin dapat membantu dengan upaya profesional anda.

Berpartisipasilah dalam grup yang relevan. Cara terbaik untuk bertemu dengan profesional baru untuk terhubung adalah dengan bergabung dengan grup berdasarkan minat atau profesi anda saat ini dan mulai berpartisipasi. Anggota grup lain mungkin menyukai apa yang mereka lihat dan ingin terhubung dengan anda.

Blog tentang apa yang anda ketahui. Platform penerbitan LinkedIn sendiri memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan posting blog dan mendapatkan kesempatan untuk membuat konten mereka dibaca oleh ribuan orang. Posting yang dipublikasikan juga akan muncul di profil anda, yang akan meningkatkan kredibilitas anda di bidang terkait yang relevan dengan pengalaman profesional anda.

Upgrade ke Akun LinkedIn Premium

Banyak orang bisa melakukannya dengan baik dengan akun LinkedIn gratis, namu kalau anda serius menggunakan LinkedIn dan ingin mengakses semua fitur-fiturnya yang paling canggih, anda mungkin ingin upgrade ke salah satu dari empat akun premium yang tersedia.

LinkedIn saat ini memiliki paket premium untuk pengguna yg ingin menerima pekerjaan virtual mereka, menumbuhkan dan memelihara jaringan mereka, membuka peluang penjualan & menemukan atau merekrut bakat. Anda sanggup mencoba paket premium secara perdeo selama sebulan, selesainya itu anda akan dikenakan biaya bulanan tergantung dalam paket yg anda pilih (ditambah pajak).

  • LinkedIn Premium Career: $ 29,99 dollar AS per bulan. Untuk para profesional yang ingin mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan karir mereka.
  • LinkedIn Premium Business: $ 59,99 dollar AS per bulan. Untuk bisnis yang ingin tumbuh dan membangun jaringan.
  • LinkedIn Premium Sales: $ 79,99 dollar AS per bulan. Untuk profesional dan bisnis yang mencari prospek yang ditargetkan.
  • LinkedIn Premium Hiring: $ 119,99 dollar AS per bulan. Untuk profesional dan bisnis yang ingin merekrut dan mempekerjakan karyawan.

Sebagai catatan terakhir, ingat buat memanfaatkan pelaksanaan seluler LinkedIn! LinkedIn memiliki aplikasi utamanya yang tersedia secara perdeo pada platform iOS & Android menggunakan berbagai pelaksanaan spesifik lainnya buat pencarian pekerjaan, SlideShare, Linked Learning, dan akun premium. Temukan tautan ke semua aplikasi ini di page seluler LinkedIn.

Post a Comment

Previous Post Next Post