√ Apa Perbedaan Antara Mac dan PC? - Biaya Pendidikan

Apa Perbedaan Antara Mac dan PC?

Jadi, bagaimana bisa istilah PC yang sebenarnya cukup umum pada akhirnya menyebabkan begitu banyak kebingungan? Dan apa beda Mac dari PC berbasis Windows?

Mac dan PC

Pertikaian Mac vs PC dimulai ketika IBM — bukan Apple atau Microsoft — menyandang sebagai raja komputer. IBM kala itu memperkenalkan lini IBM PC untuk pasar personal computer yang pada masa itu sedang mengalami perkembangan dengan kemunculanAltair 8800 dan pada waktu itu juga pangsa pasar personal computer sedang dipimpin oleh perusahaan seperti Apple dan Commodore.

Tapi IBM malah mengalami situasi yang sulit ketika personal computer IBM-compatibel, yang biasa disebut sebagai klon PC, mulai bermunculan. Setelah Commodore keluar dari pasar personal computer, sebagian besar menjadi perlombaan dua perusahaan antara lini komputer Apple Macintosh (Mac) dan jajaran komputer IBM-compatibel, yang sering disebut (bahkan oleh Apple!) hanya sebagai PC. Apple membingkainya sebagai, Anda bisa membeli PC atau Anda bisa membeli Mac.

Akan tetapi, meskipun Apple berusaha menjauhkan diri dari "PC", Mac adalah, dan akan selalu, personal computer.

Jadi bagaimana: apakah Mac dan PC berbasis Windows mirip?

Sekarang kita tahu bahwa Mac adalah PC, mungkin tidak akan mengejutkan Anda untuk mengetahui bahwa Mac memiliki banyak kesamaan dengan PC berbasis Windows daripada yang mungkin Anda kira. Berapa banyak kesamaannya? Well, sementara ini semuanya mirip, pasalnya Anda bisa menginstal sistem operasi Windows pada Mac.

Kita tahu. Kepala Anda sekarang rasanya akan meledak.

Ingat, Mac hanyalah PC dengan Mac OS diinstal di dalamnya. Sebanyak apa pun Apple ingin Mac dianggap sebagai sesuatu yang berbeda dari PC, pada kenyataan memang mirip. Anda bahkan dapat menginstal Windows dan Mac OS pada MacBook atau iMac Anda, beralih di antara mereka, atau bahkan menjalankannya berdampingan (atau, lebih tepatnya, menjalankan Windows di atas Mac OS) menggunakan software seperti Parallels atau Fusion.

Mari kita lihat beberapa kesamaan itu:

  • Keduanya menggunakan komponen hadware dasar yang sama.
  • Keduanya kompatibel dengan keyboard dan mouse pihak ketiga, termasuk wireless keyboard dan wireless mouse.
  • Keduanya memiliki antarmuka serupa yang memungkinkan Anda menyimpan aplikasi ke desktop, mengeklik aplikasi untuk menjalankannya, menelusuri file di folder, dll.
  • Keduanya memiliki asisten virtual. Mac memiliki Siri dan PC berbasis Windows memiliki Cortana.
  • Keduanya memungkinkan Anda menggunakan layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, Mega, dan Box.net.
  • Browser populer seperti Chrome, Safari dan Firefox tersedia untuk keduanya dengan browser Microsoft Edge salah satu browser populer yang hanya tersisa untuk Windows saja.
  • Dokumen yang Anda buat di Microsoft Office dan suite office populer lainnya bisa dilihat di Mac dan Windows PC.

Tapi Mac masih sangat berbeda, mouse hanya memiliki satu tombol!

Siap-siap kepala Anda diledakkan untuk kedua kalinya: Mac OS mendukung klik kiri dan klik kanan mouse. Lebih dari itu, Anda dapat menghubungkan mouse yang Anda gunakan pada Windows PC Anda dan menggunakannya pada Mac. Meskipun Apple Magic Mouse mungkin tampak seperti dibekali satu tombol, jika Anda mengklik dua jari dari sisi kanan maka akan menghasilkan klik kanan.

Faktanya, yang jadi sandungan orang yang awalnya datang dari dunia Windows ke Mac adalah keyboard shortcuts. Pertama kali Anda mencoba menggunakan control-c untuk menyalin ke clipboard, Anda akan menemukan control-c tidak bisa menyalin ke clipboard. Anda tidak bisa melakukan itu di Mac, kebiasaan itu harus diubah dengan Command-c. Semudah itu, memang perlu waktu untuk membiasakan diri sebelum terasa alami.

Jadi apa bedanya?

  • Microsoft Windows memiliki lebih banyak software ketimbang Mac, termasuk software yang hanya dimiliki oleh segelintir orang yang dibutuhkan untuk bekerja.
  • Microsoft Windows support layar sentuh dan pengaturan keyboard dan mouse yang sudah dikenal, sehingga tersedia di desktop, laptop, dan tablet. macOS tidak mendukung layar sentuh, sehingga hanya tersedia sebagai laptop atau desktop.
  • Mac memiliki hubungan yang erat dengan iPhone dan iPad. Mac tidak hanya dapat berbagi file dengan iPhone atau iPad secara wireless menggunakan AirDrop, Mac juga dapat membuka dokumen yang terbuka di iPhone atau iPad dan bahkan menerima panggilan telepon yang dialihkan melalui iPhone.
  • Karena Windows lebih populer daripada macOS, ada banyak virus dan malware yang menargetkan PC berbasis Windows. Namun, ada malware yang dibuat khusus untuk Mac.
  • PC berbasis Windows dibuat oleh banyak vendor berbeda seperti HP, Dell, dan Lenovo. Ini tentunya membantu menurunkan harga PC, yang umumnya lebih murah daripada Mac.
  • Mac dibuat dan dijual oleh Apple. Kontrol hardware yang lebih ketat ini menyebabkan lebih sedikit masalah, yang dapat berarti stabilitas yang lebih baik, tetapi juga berarti lebih sedikit pilihan.
  • Microsoft Windows memiliki dukungan yang lebih baik untuk gaming, terutama gaming "hardcore". Ini termasuk dukungan untuk hardware Virtual Reality (VR) seperti Oculus Rift atau HTC Vive.
  • Lebih mudah untuk upgrade bagian-demi-bagian PC berbasis Windows. Sementara kebanyakan orang merasa lebih mudah untuk hanya membeli PC baru, seorang teknisi bisa meningkatkan umur panjang PC mereka dengan upgrade memori RAM yang digunakan oleh aplikasi, grafik yang digunakan oleh game atau penyimpanan yang digunakan oleh musik, film dan media lainnya.

Lalu, apakah Hackintosh itu?

Jika Anda pernah mendengar orang menyebut istilah hackintosh, Anda mungkin sedikit bingung. Tapi jangan khawatir, itu tidak berarti Mac yang dihack. Setidaknya, tidak dalam arti buruk. Ingat bagaimana Macbook atau iMac dapat menjalankan Windows karena hardware-nya hampir sama? Kebalikannya juga benar. PC yang dimaksudkan untuk Windows juga dapat menjalankan macOS.

Semua hardware dalam PC yang dimaksudkan untuk macOS harus dikenali oleh macOS jadi, umumnya, hackintosh adalah PC yang dirakit seseorang secara khusus untuk menjalankan macOS di atasnya. Dibutuhkan banyak penelitian untuk mendapatkan komponen yang tepat.

Get notifications from this blog