Warna dan Kecerahan Ketika engkau pulang ke pantai, perhatikanlah warna lautnya. Sebagian besar warna laut terlihat berwarna biru. Sekarang Coba kamu ambil sekantong plastik dan isilah menggunakan air laut. Ternyata rona air laut tidak biru, namun bening. Lalu, mengapa air bahari terlihat biru? Hal ini karena pantulan gelombang warna itu.

Cahaya mentari sebenarnya berwarna putih. Cahaya putih itu sendiri adalah adonan menurut banyak sekali tenaga gelombang. Kenapa tampak biru? Tidak lain karena partikel di atmosfer lebih menghamburkan gelombang biru yg pendek daripada gelombang lain. Nggak percaya? Kamu sanggup membuktikan dengan cara seperti ini. Arahkan 3 butir lampu berwarna merah, biru, dan hijau dalam satu layar. Gabungan menurut 3 warna cahaya ini akan membuat rona putih. Lalu coba matikan lampu biru, maka adonan ke 2 lampu lainnya (merah & hijau) akan membentuk warna kuning.

Masih tidak percaya? Lakukan percobaan sendiri. Lalu, bagaimana dengan laut yang berwarna merah, hijau, kuning, hitam, maupun putih? Hal itu karena adanya kandungan unsur lain dalam air laut yang tentu saja akan memengaruhi pantulan gelombang yang mengenai air laut. Kandungan unsur lain yang menyebabkan air laut bisa berwarna selain biru dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Previous Post Next Post