Alih-alih mengaktifkan getar, kamu sebenarnya bisa menggunakan mode mute/silent. Namun hal ini berpotensi membuat kamu ketinggalan notifikasi yang amat penting, misalnya telepon dari pacar.

Ada cara yg lebih efektif buat menghindari gangguan notifikasi pada iPhone, yakni menggunakan mode Do Not Disturb.

Do Not Disturb, fitur yg diperkenalkan Apple pada iOS 6, berguna untuk menghentikan notifikasi, peringatan, dan panggilan agar nir menimbulkan suara, getaran, atau membuat layar ponsel menyala ketika layar terkunci. Kamu perlu mengaturnya sebelum menggunakan mode ini.

Cara Mengaktifkan Do Not Disturb di iPhone

Mengaktifkan Do Not Disturb di iPhone hanya memerlukan beberapa ketukan saja! Begini caranya:

  1. Ketuk aplikasi Settings.
  2. Ketuk Do Not Disturb.
  3. Pindahkan penggeser Do Not Disturb ke on/hijau.

Jalan pintas: Kamu juga bisa mengaktifkan Do Not Disturb menggunakan Control Center. Caranya cukup gesek ke atas dari bagian bawah layar ponsel kamu (atau turun dari kanan atas pada iPhone X) untuk membuka Control Center dan ketuk ikon bulan sabit untuk mengaktifkan mode Do Not Disturb.

Cara Bikin Schedule Do Not Disturb di iPhone

Kalau kamu tidak ingin diganggu pada waktu tertentu (semisal saat kamu sedang nonton di bioskop bareng pacar), kamu bisa mengatur schedule. Untuk melakukannya:

  1. Ketuk aplikasi Settings.
  2. Ketuk Do Not Disturb.
  3. Pindahkan penggeser Scheduled ke on/hijau.

  • Ketuk kotak From/To. Gerakkan roda untuk mengatur waktu di mana kamu ingin fitur dihidupkan dan kapan kamu ingin mematikannya. Setelah memilih waktu yang kamu inginkan, ketuk menu Do Not Disturb. di sudut kiri atas untuk kembali ke layar utama. Kamu sekarang dapat mengubah pengaturan fitur.
  • Cara Mengubah Pengaturan Do Not Disturb

    Kamu juga bisa mengubah beberapa opsi pengaturan waktu untuk menerima notifikasi dan panggilan:

    • Bedtime: Saat Bedtime diaktifkan, Lock Screen akan meredup, panggilan akan diheningkan, dan notifikasi akan muncul di Notification Center hingga schedule Do Not Distrub berakhir.
    • Silence: Pilih untuk menonaktifkan suara panggilan dan notifikasi saat Do Not Distrub membuat silence: baik Selalu atau hanya Saat iPhone Terkunci.
    • Allow Calls From: Untuk membiarkan beberapa panggilan masuk saat Do Not Disturb diaktifkan, ketuk menu ini lalu ketuk grup kontak untuk menerima panggilan. Opsi paling sederhana adalah memilih Favorites, tetapi kamu juga dapat memilih grup kontak lain di buku alamat kontak kamu. Grup kontak tidak dapat dibuat di iPhone, jadi kalau kamu ingin membuat grup kontak khusus untuk Do Not Disturb, buat di program buku kontak desktop kamu (seperti Address Book di Mac atau Outlook pada Windows) dan kemudian sinkronkan ke iPhone kamu.
    • Repeated Calls: Kalau kamu menghidupkan ini, seseorang yang menelepon kamu dua kali dalam tiga menit, suara panggilan kedua tidak akan dinonaktifkan.

    Menggunakan Do Not Disturb di Apple Watch

    Karena Apple Watch merupakan ekstensi yang tidak bisa dipisahkan dari iPhone, Apple Watch dapat menerima dan melakukan panggilan telepon, serta menerima dan mengirim pesan teks. Untungnya, Apple Watch mendukung Do Not Disturb juga, jadi kamu tidak perlu khawatir si Watch ini mengganggu kamu ketika ponsel kamu diam. Ada dua cara untuk mengontrol Do Not Disturb di Watch:

    • Pengaturan Default: Secara default, Apple Watch mematuhi pengaturan Do Not Disturb yang sama dengan iPhone kamu, termasuk schedule. Kamu tidak dapat mengubah ini di Watch. Jika kamu menginginkan pengaturan yang berbeda, ubahlah di ponsel kamu
    • Secara Manual: Jika kamu ingin secara manual mengaktifkan Do Not Disturb untuk Watch kamu, ikuti langkah-langkah ini:
      • Geser ke atas dari bagian bawah layar Watch untuk membuka Glance alias Pandangan
      • Di watchOS 1 dan 2, geser ke kiri ke kanan hingga kamu mendapatkan Glance pertama, yang mencakup ikon untuk AirPlay dan Airplane Mode. Jika kamu menjalankan watchOS 3, lewati ke langkah 3.
      • Ketuk ikon bulan sabit untuk Do Not Disturb.

    Nah, itu saja, gampang bukan?

    Artikel Terkait Do Not Disturb Lainnya yg Mungkin Ingin Kamu Pelajari:

    • Tidak ingin diganggu saat kamu sedang mengemudi? Gunakan Do Not Disturb While Driving untuk menonaktifkan suara notifikasi secara otomatis saat sedang menyetir mobil.
    • Cara melihat dan mengelola notifikasi untuk mengurangi gangguan sepanjang hari.

    Post a Comment

    Previous Post Next Post