Penggambaran komposisi penduduk umumnya diwujudkan pada piramida penduduk. Jadi piramida penduduk ialah citra berdasarkan komposisi penduduk berdasarkan umur & jenis kelamin & dituangkan pada bentuk grafik. Komposisi penduduk berdasar umur & jenis kelamin yang digambarkan pada piramida penduduk ini, dapat mengungkapkan karakteristik penduduk pada suatu wilayah. Jenis-jenis piramida penduduk dibedakan menjadi tiga, yaitu piramida penduduk muda (ekspansive), piramida penduduk stasioner, dan piramida penduduk tua (konstruktif).

A. Piramida Penduduk Muda (Expansive)

Suatu daerah yang mempunyai nomor kelahiran yang tinggi & nomor kematian yg rendah sebagai akibatnya daerah ini mengalami pertumbuhan penduduk yg cepat. Piramida ini dicirikan sebagian akbar penduduk masuk pada grup umur belia. Contohnya adalah negara-negara yang sedang berkembang, misalnya Indonesia, Malaysia, Filipina, & India.

B. Piramida Penduduk Stasioner

Suatu daerah memiliki nomor kelahiran & angka kematian yang sama-sama rendah (seimbang). Contohnya adalah negara-negara Eropa Barat.

C. Piramida Penduduk Tua (Constructive)

Suatu wilayah memiliki angka kelahiran yang menurun menggunakan cepat dan tingkat kematian yang rendah. Piramida ini jua dicirikan menggunakan jumlah kelompok umur muda lebih sedikit dibanding kelompok umur tua. Contohnya adalah negara-negara yg sudah maju, misalnya Amerika Serikat.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Previous Post Next Post