Ponsel terasa sedikit panas itu wajar. Tetapi jika ponsel overhate atau panas berlebih, itu merupakan indikasi bahwa prosesornya overwhelmed atau kewalahan (dan perlu istirahat) atau indikasi itu menandakan adanya masalah dengan baterai.

Ponsel cerdas juga bisa panas berlebih ketika dibiarkan di dalam mobil atau di luar saat cuaca panas terik, misalnya. Berikut cara mengidentifikasi masalah dan mendinginkan ponsel Anda.

Apa yang Menyebabkan Ponsel Android Panas Berlebih?

Cara Mendinginkan Ponsel Android Anda

Mencegah Ponsel Anda Dari Panas Berlebih

  • Jauhkan ponsel Anda dari sinar matahari.
  • Jangan tinggalkan ponsel Anda di mobil.
  • Pastikan case/casing yang Anda gunakan dirancang untuk model ponsel Anda dan tidak memblokir ventilasi apa pun (jika ada).
  • Saat charging, letakkan ponsel di permukaan yang rata, bukan di sofa atau tempat tidur Anda. Seringkali case/casing bertindak sebagai radiator, memancarkan panas dari perangkat. Selimut dan tempat tidur dapat bertindak seperti isolator. Bagus untukmu, buruk untuk ponselmu.
  • Tetap perbarui OS Anda.

Masalah ini dapat terjadi pada ponsel Android apa pun, bahkan model baru, apa pun sistem operasinya atau pabrikannya. Seperti halnya laptop, ponsel cerdas membutuhkan ventilasi, terutama jika Anda terus menggunakannya. Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, sedikit maintenance akan membutuhkan waktu lama.

Mereset ponsel. Jika panas berlebih berlanjut, coba dengan mereset ponsel cerdas Anda ke pengaturan pabrik. Pastikan untuk membuat back up data Anda terlebih dahulu, termasuk kontak, foto, dan informasi penting lainnya.

Bersihkan malware. Sangat penting bahwa Anda menjaga perangkat Anda terlindungi dari malware atau aplikasi berbahaya, dengan secara teratur menginstal pembaruan keamanan, dan hanya mengunduh aplikasi dan file dari sumber tepercaya.

Perbarui perangkat lunak. Jika Anda tidak menumukan adanya masalah pada hardware, jelas itu disebabkan oleh aplikasi atau perangkat lunak. Copot aplikasi yang tidak digunakan. Periksa apakah ponsel Anda memiliki pembaruan perangkat lunak yang tertunda.

Matikan ponsel. Jika sedang di charge, cabut dan matikan, tunggu sampai dingin. Bisa juga dengan restart ponsel, tapi jangan meluncurkan aplikasi apa pun. Jika ponsel tetap panas, mungkin ada kerusakan fisik, atau ventilasi tersumbat. Maka dari itu, segera kunjungi pusat perbaikan terdekat untuk mendapatkan bantuan.

Copot case. Jika Anda memasang case/casing, copot sementara untuk memberikan ruang untuk udara masuk. Tempatkan ponsel di permukaan yang tidak panas, dan arahkan kipas angin ke sana. Jika Anda berada di luar, pindah ke tempat teduh, jika mungkin, atau lebih baik lagi, masuk ke dalam di mana ada AC.

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab ponsel cerdas Anda menjadi panas berlebih, termasuk streaming video atau bermain game mobile selama berjam-jam. Menggunakan navigasi GPS turn-by-turn bisa memanaskan segalanya juga. Ponsel Anda juga bisa panas berlebih jika Anda membiarkannya terlalu lama di bawah sinar matahari. Kadang-kadang, bisa memanas saat charging, karena ventilasi yang buruk atau charger atau kabel yang rusak. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh malware, aplikasi yang berbahaya, atau masalah pembaruan perangkat lunak.

Post a Comment

Previous Post Next Post