Demikian pula orang yang meninggal lantaran menderita radang selaput dada yaitu bengkak yang meradang nampak pada selaput yang ada di bagian dalam tulang tulang rusuk. Bagaimana hukum merawat jenazah korban wabah layaknya orang yang mati syahid.

Gambar Kata Kata Hikmah Kata Kata Mutiara Motivasi Hidup

Rasulullah saw pernah menyebutkan macam macam orang yang mati syahid termasuk orang yang mati terbakar.

Perbedaan cara merawat orang yang mati syahid dengan yang bukan. 6 meninggal kerana terbakar dan radang selaput dada. Tidak ada kemuliaan yang paling didambakan oleh orang mukmin kecuali mati syahid karena allah subhanahu wa ta ala menjanjikan bagi orang yang mati syahid dengan ampunan dan surganya. Orang yang mati syahid dunia akhirat adalah orang yang gugur di medan peperangan untuk jihad yakni untuk menegakkan agama allah.

69 para fuqaha juga menggunakan lafazh syahadah untuk kematian di jalan allah. Orang yang mati syahid ada lima yaitu. Mereka adalah orang yang disebut syahid namun mati di selain medan perang.

Dan mereka itulah teman yang sebaik baiknya qs. Inilah beberapa jenis. Sedangkan yang mati syahid di akhirat saja ada 7 tujuh golongan seperti disebut dalam sebuah hadis.

Orang yang mati terkena penyakit tha un sakit perut orang tenggelam orang yang terkena reruntuhan dan orang yang shahid di jalan allah 5 tanda mati husnul khatimah khusus bagi wanita ialah meninggal saat nifas ataupun meninggal saat sedang hamil. Mereka itu akan bersama sama dengan orang orang yang dianugerahi nikmat oleh allah yaitu. Mereka semuanya yang mati syahid bukan karena berperang tetap dimandikan dan dishalatkan.

Syahid dunia dan bukan akhirat. Orang mati syahid syuhad ada dua macam yaitu syahid dunia akhirat dan syahid akhirat saja. Syahid akhirat namun hukum di dunia tidak syahid.

Al hariq orang yang mati terbakar orang yang sakit dzatul janbi semacam penyakit paru paru wanita yang meninggal ketika nifas. Orang orang yang mati syahid tidak selalu mereka yang gugur di medan jihad. Dialah orang yang mati di medan jihad sementara dia ghulul mencuri ghanimah atau terbunuh ketika lari dari medan perang atau sebab lainnya.

Dan yang lainnya semisal mereka mendapatkan syahid di akhirat. Orang orang yang mati syahid yang selain terbunuh di jalan allah azza wa jalla itu ada tujuh orang. Al gharib orang yang meninggal jauh di luar daerah tempatnya tinggal sehingga ia asing di sana.

Juga karena hamil atau melahirkan adalah dengan mati syahid akhirat di mana mereka tetap dimandikan dan dishalatkan. Adapun secara perlakuan terhadap jenazah ulama membagi dua jenis syahid yaitu orang yang gugur di medan perang dan orang yang meninggal bukan di medan perang. Orang yang gugur di medan perang adalah jenis syahid yang tidak dimandikan dan dishalatkan sebagaimana sahabat yang gugur di zaman rasulullah.

Siapakah orang orang yang mati syahid dan yang bukan mati syahid. Dengan berdasar penjelasan di atas tidak mungkin memasukkan orang yang meninggal karena penyakit atau wabah menular sebagai yang menyerupai mati syahid sehingga perawatannya pun tidak bisa disamakan dengannya. Umdatul qari syarh shahih bukhari 14 128.

Nabi nabi para shiddiiqiin orang orang yang mati syahid dan orang orang saleh. Namun bukan syahid di dunia.


Post a Comment

Previous Post Next Post