√ Pro dan Kontra Root HP Android Anda - Biaya Pendidikan

Pro dan Kontra Root HP Android Anda

Jika Anda suka mengutak-atik gadget Anda, root HP Android Anda dapat membuka dunia yang sama sekali baru. Sementara OS Android selalu bisa dikustomisasi, Anda masih akan mengalami keterbatasan yang ditetapkan oleh produsen ponsel Anda. Root (atau rooting), juga dikenal sebagai jailbreak, memungkinkan Anda mengakses semua pengaturan pada HP Anda, yang sebagian besar tidak dapat dijangkau pada HP yang tidak di-root. Bisa dibilang ini adalah proses yang rumit, dan jika dilakukan secara tidak benar, HP Anda tidak dapat digunakan. Namun, ketika dilakukan dengan cara yang benar, Anda bisa unlock semua fungsi dan membuat Android Anda berfungsi seperti yang Anda inginkan.

Informasi di bawah ini harus berlaku tidak peduli siapa yg membuat HP Android Anda: Samsung, Google, Huawei, Xiaomi, dll.

Manfaat berdasarkan laba root

Singkatnya, root memberi Anda kontrol lebih besar atas HP Anda. Ketika Anda melakukan root pada HP Anda, Anda dapat mengganti OS Android bawaan dan menggantinya dengan yang lain; berbagai versi Android ini disebut ROM. Custom ROM datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, apakah Anda sedang mencari stock Android (hanya dasar-dasarnya), versi Android yang lebih baru yang belum diluncurkan ke HP Anda, atau experience yang sama sekali berbeda.

Anda juga bisa memasang aplikasi "nir kompatibeldanquot;, menghapus aplikasi bawaan pabrik yg tidak Anda inginkan, & mengaktifkan fitur misalnya tethering yg mungkin diblokir oleh operator Anda.

Pernahkah Anda mencoba menghapus aplikasi bawaan (pre-installed) dari HP Anda? Aplikasi ini, disebut sebagai bloatware, tidak mungkin dihapus dari HP yang tidak di-root. Misalnya, smartphone Samsung Galaxy saya datang dengan beberapa aplikasi yang berhubungan dengan berita yang tidak saya minati, tetapi tidak dapat dihapus kecuali saya melakukan root.

Di sisi lain, ada pula poly aplikasi yg dibentuk hanya buat HP yang pada-root yg memungkinkan Anda memperlakukan HP seperti komputernya, mengakses pengaturan yang pada sebagai akibatnya Anda bisa mengubah grafik ponsel, CPU, dan pengaturan yang mempengaruhi kinerja lainnya. Anda pula bisa mengunduh aplikasi backup, pemblokiran iklan, & keamanan yang mendalam. Ada pelaksanaan yg mencegah aplikasi yg tidak Anda gunakan berjalan pada latar belakang, yg akan membantu menciptakan HP Anda lebih cepat. Aplikasi lain membantu Anda memperpanjang usia baterai. Kemungkinannya tidak terbatas.

Kelemahan dari keuntungan root

Disamping berbagai keuntungan yg poly dari root, ternyata terdapat beberapa hal yang dapat membahayakan HP Anda berdasarkan proses root merooting. Dalam kebanyakan kasus, root akan menghilangkan garansi Anda, jadi ini adalah pilihan yang lebih baik diambil bila masa garansi Anda telah lewat.

Dalam kasus yang jarang terjadi, HP Anda bisa "brick" atau "mati total",  menjadikannya tidak berguna. Ini tidak mungkin terjadi jika Anda mengikuti instruksi root dengan cermat, tetapi masih ada sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Bagaimanapun, penting untuk membuat backup data HP Anda sebelum mencoba melakukan root.

Terakhir, HP Anda mungkin rentan terhadap kasus keamanan, meskipun Anda dapat mengunduh aplikasi keamanan yg bertenaga yang didesain buat HP yang di-root. Di sisi lain, Anda tidak akan dapat mengunduh pelaksanaan yang pengembangnya memblokir akses pada ponsel yg di-root, umumnya buat masalah keamanan atau DRM (digital rights management).

Apa pun yang Anda putuskan, krusial buat melakukan riset, mencari opsi, & mempunyai rencana cadangan bila terjadi kesalahan. Anda bahkan mungkin ingin berlatih di HP lawas buat memastikan Anda tahu apa yang Anda lakukan. Jika Anda nir membutuhkan fungsionalitas taraf lanjut yg dijelaskan pada sini, mungkin tidak ada gunanya merogoh risiko. Seperti yang saya katakan, root itu rumit.

Get notifications from this blog