A. Troposfer

Gejala cuaca (awan, petir, topan, badai & hujan) terjadi di lapisan troposfer. Pada lapisan ini masih ada penurunan suhu yang terjadi karena sangat sedikitnya troposfermenyerap radiasi gelombang pendek berdasarkan surya. Sebaliknya bagian atas tanah memberikan panas pada lapisan troposfer yang terletak diaatasnya, melalui konduksi, konveksi, kondensasi dan sublimasi yang dilepaskan sang uap air atmosfer. Konduksi adalah proses pemanasan secara merambat. Konveksi merupakan proses pemanasan secara mengalir. Kondensasi adalah proses pendinginan yang membarui wujud uap air menjadi air. Sublimasi adalah proses perubahan wujud es menjadi uap air

Pertukaran panas banyak terjadi pada troposfer bawah, lantaran suhu turun menggunakan bertambahnya ketinggian pada situasi meteorologi. Tiap naik 100 meter, suhunya akan turun 0,5?-0,6?C

Udara troposfer atas sangat dingin dengan demikian lebih berat dibandingkan dengan udara diatas tropopaus sehingga udara troposfer tidak dapat menembus tropopause. Ketinggian tropopause lebih besar dari ekuator daripada di daerah kutub. Tropopause terletak pada ketinggian 18 km dengan suhu   -80˚C,  sedangkan di kutub tropopause hanya mencapai ketinggian 6 km dengan suhu  40 ˚C. tropopause adalah lapisan udara yang terdapat di antara troposfer dengan stratosfer.

B. Stratosfer

Lapisan atmosfer diatas tropopause adalah lapisan inversi, ialah suhu udara bertambah tinggi (panas) seiring dengan naiknya ketinggian. Disebut pula lapisan isothermis. Kenaikan ini ditimbulkan sang lapisab ozonosfer yg menyerap radiasi ultra violet berdasarkan mentari . Bagaian atas stratosfer dibatasi oleh bagian atas diskontinuitas suhu yg disebut stratopoause. Stratopause terletak dalam ketinggian 60 km menggunakan suhu 0? C.

C. Mesosfer

Lapisan mesosfer ditandai dengan penurunan orde suhu 0.4˚ C setiap 100 meter, karena lapisan ini mempunyai keseimbangan radiasi yang negatif. Bagian atas mesosfer dibatasi oleh mesopause yaitu lapisan di dalam atmosfer yang mempunyai suhu paling rendah, kira-kira   ˚C. ketinggian sekitar 85 km.

D. Termosfer

Lapisan ini terletak pada ketinggian 85 & 300 km yang ditandai dengan kenaikan suhu berdasarkan -100? C hingga ratusan bahkan ribuan derajat.

E. Eksosfer

Lapisan ini merupakn lapisan paling luar menurut atmosfer. Pada lapisan ini imbas gaya gravitasi mini . Meteor yang melintasi bumi, mulai berinteraksi menggunakan susunan atmosfer bumi dalam lapisan ini.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Previous Post Next Post