Pengguna iPhone yang mencoba menemukan cara untuk mematikan suara kamera, sering tidak berhasil — mereka mencari solusi di aplikasi "Pengaturan". Namun di aplikasi "Pengaturan" iPhone gak ada sakelar khusus yang memungkinkan anda mematikan bunyi klik rana. Anda harus menggunakan metode lain.

Bagaimana cara mematikan bunyi kamera di iPhone tanpa jailbreak?

Cara termudah buat menghilangkan suara klik rana ? Masukkan iPhone pada mode mute/silent. Anda dapat menggunakan tombol khusus yang terletak di sisi kiri perangkat.

Anda juga dapat menghilangkan suara melalui "Pengaturan". Kamu harus pergi ke bagian "Suara & Haptic" dan seret penggeser "Dering dan Tanda" ke sisi kiri untuk membisukan suara.

Kalau iPhone dalam mode mute/silent, anda bukan hanya tidak bisa mendengar bunyi efek klik rana, namun juga panggilan dan notifikasi pesan masuk. Ini adalah kelemahan yang signifikan dari metode ini.

Ada beberapa cara lain untuk menghilangkan suara kamera:

  • Ambil foto saat merekam video. Bunyi klik tidak akan terdengar, tetapi gambarnya akan berkualitas rendah — karena mereka akan menerima resolusi yang sama dengan video.
  • Jepret foto saat menghubungkan headphone. Dalam hal ini, suara rana akan masuk ke headphone, dan sekitarnya, kemungkinan besar, tidak akan dapat mendengarnya. Namun, menggunakan headphone untuk mengambil foto tanpa menarik perhatian banyak orang sungguh tak masuk akal.

Sayangnya, semua metode ini berasal dari Lifehack alias istilah sekumpulan tips untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Untuk menghapus suara rana di tingkat program, cukup lakukan jailbreak.

Bagaimana cara mematikan suara rana kamera pada iPhone yang sudah di-jailbreak?

Pada iPhone "jailbroken" kamu dapat mematikan bunyi klik rana, tanpa memengaruhi suara sistem lainnya. Namun untuk ini, anda harus menggunakan komputer dan bantuan software — salah satu dari file manajer berikut: iFile, iFunBox, iMazing. Kami merekomendasikan iFunBox, karena program ini memiliki antarmuka paling intuitif dan mudah digunakan.

Lantas, bagaimana suara rana kamera dimatikan melalui file manager iFunBox?

Langkah 1. Jalankan program utilitas iFunBox dan pergi ke tab File Browser.

Langkah 2. Di antara folder root, cari yang memiliki nama "Raw File System", dan pilih dengan kursor.

Langkah 3. Ikuti jalur /System/Library/Audio/UISounds. Di subfolder terakhir anda akan menemukan file photoShutter.caf.

Langkah 4. Ubah nama file ini dengan cara apa pun. Anda dapat, misalnya, menambahkan nomor 1 sehingga menjadi "photoShutter1", atau menambah dengan huruf. Menghapus file photoShutter.caf tidak dianjurkan. Kalau dihapus, ketika nanti anda ingin mengembalikan suara rana, anda harus mencari file ini di internet.

Langkah 5. Simpan perubahan dan tutup program utilitas iFunBox.

Mematikan suara kamera iPhone menggunakan file manajer yang berbeda hampir sama. Perbedaan kecil hanya pada tahap awal.

Kalau pengguna iPhone “jailbroken” tidak ingin melakukan perubahan pada file sistem, ia harus menggunakan cara berbeda untuk mematikan bunyi klik rana — unduh dan instal tweak yang dirancang untuk ini dari Cydia. Tweak disebut Silent Photo Chill — ini tersedia di repositori ModMyi.

Adakah iPhone yang gak bisa dimatikan suara kameranya?

Apakah kamera iPhone masih berbunyi klik padahal perangkat dalam mode mute/silent? Kalau masih, bisa jadi, anda memiliki iPhone, yang dirancang untuk penjualan di Jepang. Meski begitu, dimungkinkan untuk mematikan suara rana pada "ponsel" hanya setelah melakukan jailbreak.

Hal tersebut lantaran adanya hukum di negara matahari terbit tersebut yang mengharuskan setiap peralatan fotografi menghasilkan bunyi klik khas selama memotret — ini berlaku untuk kamera profesional dan ponsel.

Saat melakukan pembelian, anda harus memastikan bahwa iPhone tidak ditujukan untuk pasar Jepang. Untuk mengeceknya sederhana: cukup perhatikan nama model perangkat. Informasi tentang model dapat diperoleh dengan membuka "Pengaturan" > "Dasar" > "Tentang Perangkat".

Huruf latin di akhir nama model membawa informasi tentang negara tersebut. Dalam kasus kami, namanya berisi huruf-huruf ZP — itu berarti bahwa iPhone ditujukan untuk Indonesia. Kalau nama model huruf J — ponsel ditujukan untuk "Jepang".

Pantas untuk dihindari juga model dengan huruf KH dalam nama. Perangkat ini dirancang untuk penjualan di Cina dan Korea Selatan. Di Korea Selatan, ada juga hukum yang mirip dengan yang di Jepang.

Kesimpulan

Tidak ada cara resmi untuk mematikan suara klik rana pada kamera iPhone. Solusi paling sederhana bagi anda adalah membisukan suara pada perangkat sepenuhnya menggunakan tombol khusus.

Ada metode yang memungkinkan untuk mematikan sepenuhnya bunyi klik rana, tanpa mempengaruhi suara sistem lain. Namun, itu hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone yang sudah melakukan prosedur jailbreak. "Jailbreak" perangkat untuk menghilangkan suara kamera, sungguh konyol.

Post a Comment

Previous Post Next Post