Ekstensi file (file extension), kadang-kadang disebut akhiran file (file suffix) atau ekstensi nama file (filename extension), adalah karakter atau grup karakter setelah periode yang membentuk seluruh nama file.

Ekstensi file membantu sistem operasi, seperti Windows atau macOS, memilih acara mana di komputer engkau yang terkait dengan arsip tersebut.

Misalnya, file rumahimpiansaya.docx memiliki akhiran docx, ekstensi file yang dikaitkan dengan Microsoft Word di komputer kamu. Ketika kamu mencoba untuk membuka file ini, Windows melihat bahwa file berakhir dengan ekstensi DOCX, yang sudah diketahui harus dibuka oleh program Microsoft Word.

Ekstensi file juga sering menunjukkan jenis file, atau format file, dari file tersebut, tetapi tidak selalu. Ekstensi file apa pun dapat diubah namanya tetapi itu tidak akan mengonversi file ke format lain atau mengubah apa pun tentang file selain dari bagian namanya.

Beberapa ekstensi file generik termasuk PNG, MP4, PDF, MP3, DOC, SVG, INI, DAT, EXE, dan LOG.

Mengenai Ekstensi File dan Format File

Ekstensi file dan format file sering dibicarakan secara bergantian. Pada kenyataannya, bagaimanapun, ekstensi file hanya karakter yang muncul setelah periode, sedangkan format file berbicara dengan cara di mana data dalam file tersebut diatur.

Misalnya, dalam nama file dataku.csv, ekstensi file adalah csv, yang menunjukkan bahwa ini adalah file CSV. Seorang pengguna komputer dapat mengganti nama file itu ke dataku.mp3, namun itu tidak berarti kamu dapat memutar file itu di smartphone. File itu sendiri masih baris teks (file CSV), bukan rekaman musik terkompresi (file MP3).

Mengubah Program Yang Membuka File

Ekstensi file membantu Windows, atau sistem operasi lain yang kamu gunakan, menentukan program mana yang digunakan untuk membuka jenis file tersebut. Sebagian besar ekstensi file, terutama yang digunakan oleh format gambar, audio, dan video umum, biasanya kompatibel dengan lebih dari satu program yang telah kamu instal.

Jika ada beberapa program yang bisa membuka file, kamu bisa membukanya menggunakan program pilihan kamu di Windows. Pada sistem operasi Mac, cukup klik kanan file dan pilih Open With... untuk melihat pilihan program yang dapat kamu gunakan untuk membuka file (termasuk opsi program default).

Cara lain buat membuat arsip terbuka dengan program lain merupakan mengganti nama perluasan file. Misalnya, jika kamu memiliki arsip RTF yang dibuka di WordPad namun kamu ingin selalu membuka pada Notepad, kamu bisa mengganti nama arsip sebagai file.Txt karena Notepad mengenali file TXT dan bukan arsip RTF.

Ada beberapa cara untuk melakukannya di Windows, namun metode termudah adalah menggunakan menonaktifkan opsi "hide extensions for known arsip typesdanquot; sebagai akibatnya kamu bisa melihat perluasan file selesainya nama arsip, & mengubahnya ke apa pun yang engkau inginkan.

Begini caranya:

  1. Buka kotak dialog Run via WIN+R.

  2. Masuk ke control folders.

  3. Buka tab View.

  4. Hapus centang di sebelah Hide extensions for known file types.

  • Klik OK.

  • Konversi File Dari Satu Format ke Format Lainnya

    Mengganti nama file untuk mengubah ekstensi tidak akan mengubah jenis file apa itu, meskipun mungkin muncul seolah-olah itu terjadi ketika Windows menunjukkan ikon yang terkait dengan ekstensi file baru.

    Untuk benar-benar mengubah jenis file, itu harus dikonversi memakai acara yang mendukung kedua jenis file atau indera khusus yang dibuat buat mengkonversi file menurut format itu ke format yg kamu inginkan.

    Sebagai contoh, katakanlah kamu memiliki file gambar SRF dari kamera digital Sony kamu tetapi situs web yang ingin kamu unggah gambar hanya memungkinkan file JPEG. Kamu bisa mengganti nama file dari namafile.srf ke namafile.jpg.

    Untuk mengonversi file menurut SRF ke JPEG, kamu perlu menemukan acara yg sepenuhnya mendukung keduanya sehingga kamu dapat membuka file SRF & kemudian mengekspor atau menyimpan gambar sebagai JPG/JPEG. Dalam model ini, Adobe Photoshop merupakan contoh paripurna menurut acara manipulasi gambar yg dapat melakukan pekerjaan ini.

    Jika kamu tidak mempunyai akses ke acara yang mendukung ke 2 format yg engkau perlukan, banyak acara konversi file spesifik tersedia.

    Ekstensi File yang Dapat Dieksekusi

    Beberapa ekstensi file diklasifikasikan sebagai executable, artinya ketika diklik, mereka tidak hanya terbuka untuk dilihat atau diputar. Sebaliknya, mereka benar-benar melakukan sesuatu sendiri, seperti menginstal program, memulai proses, menjalankan skrip, dll.

    Lantaran arsip menggunakan ekstensi ini hanya satu langkah lagi dari melakukan poly hal ke komputer engkau , kamu harus sangat berhati-hati ketika engkau mendapat perluasan file yang bisa dieksekusi seperti ini menurut asal yang nir kamu percayai.

    Post a Comment

    Previous Post Next Post