Jadi, apa itu APK?

Sebuah file dengan ekstensi file APK merupakan file Android Package yang digunakan untuk mendistribusikan aplikasi pada sistem operasi Google Android.

File APK disimpan dalam format ZIP & umumnya diunduh eksklusif ke perangkat Android, umumnya melalui Google Play Store, tetapi juga bisa ditemukan pada situs web lain.

Beberapa konten khas yang bisa anda lihat dan temukan dalam file APK termasuk file AndroidManifest.xml, classes.dex, dan resources.arsc; serta folder META-INF dan res.

Cara Membuka File APK

File APK dapat dibuka pada sejumlah sistem operasi tetapi mereka digunakan terutama pada perangkat Android.

Buka File APK pada Android

Untuk membuka arsip APK dalam perangkat Android, anda hanya perlu mengunduhnya misalnya halnya file apa pun, lalu membukanya waktu diminta. Tetapi, file APK yang dipasang pada luar Google Play store mungkin tidak pribadi dipasang lantaran blokir keamanan diberlakukan.

Untuk melewati pembatasan unduhan ini dan menginstal file APK dari sumber yang tidak dikenal, navigasikan ke Settings > Security (atau Settings > Application pada perangkat yang lebih tua) dan kemudian beri tanda centang pada kotak di sebelah Unknown sources. Anda mungkin harus mengkonfirmasi tindakan ini dengan OK.

Jika file APK tidak terbuka pada Android anda, coba telusuri menggunakan file manager seperti Astro File Manager atau ES File Explorer File Manager.

Buka File APK pada Windows

Anda dapat membuka file APK di PC menggunakan Android Studio atau BlueStacks. Misalnya, kalau menggunakan BlueStacks, masuk ke tab My Apps dan kemudian pilih Install apk dari sudut kanan bawah jendela.

Buka File APK dalam Mac

ARC Welder adalah ekstensi Google Chrome yang dimaksudkan buat menguji aplikasi Android buat OS Chrome, tetapi bekerja dalam OS apa pun. Ini berarti anda dapat membuka APK di personal komputer Mac atau Windows anda selama anda memasang pelaksanaan ini pada browser Chrome.

Buka File APK di iOS

Anda tidak bisa membuka atau menginstal arsip APK dalam perangkat iOS (iPhone, iPad, dll) lantaran arsip dibentuk menggunakan cara yang sama sekali tidak sinkron dari aplikasi yang dipakai dalam perangkat tersebut, dan ke 2 platform nir kompatibel satu sama lain.

Anda pula bisa membuka file APK di Windows, macOS, atau sistem operasi desktop lainnya, menggunakan indera ekstraktor file. Karena file APK hanyalah file menurut beberapa folder dan file, anda bisa mengekstraknya menggunakan acara seperti 7-Zip atau PeaZip buat melihat aneka macam komponen yg membentuk aplikasi.

Namun, melakukan hal tersebut tidak membuat anda benar-benar menggunakan file APK di komputer. Untuk melakukannya diperlukan emulator Android (seperti BlueStacks), yang pada dasarnya menjalankan OS Android di komputer.

Cara Convert File APK

Meskipun program atau layanan konversi file biasanya diperlukan untuk convert satu jenis file ke yang lain, mereka tidak terlalu berguna ketika berhadapan dengan file APK. Ini karena file APK adalah aplikasi yang dimaksudkan untuk berjalan pada perangkat tertentu saja, tidak seperti jenis file lain seperti MP4 atau PDF yang berfungsi pada berbagai platform.

Sebaliknya, kalau anda ingin convert file APK anda ke ZIP, anda akan menggunakan instruksi yang dijelaskan di atas. Buka file APK di alat ekstraksi file dan kemas ulang sebagai ZIP, atau cukup ganti nama file .APK menjadi .ZIP.

Mengganti nama arsip seperti ini bukanlah cara convert arsip. Ini hanya berfungsi dalam kasus file APK lantaran format arsip telah menggunakan ZIP tetapi hanya menambahkan perluasan file yang tidak selaras (.APK) diakhiran.

Seperti yang telah disebutkan di atas, anda tidak bisa convert file APK ke IPA untuk digunakan di iOS, anda juga tidak bisa convert APK ke EXE untuk menggunakan aplikasi Android di Windows.

Tetapi, anda umumnya dapat menemukan alternatif iOS yang berfungsi menjadi pengganti pelaksanaan Android yang ingin anda instal di iPhone atau iPad anda. Sebagian akbar pengembang memiliki pelaksanaan yg sama tersedia pada kedua platform (baik APK buat Android & IPA buat iOS).

Sedangkan buat konverter APK ke EXE, cukup instal pembuka Windows APK dari atas dan lalu gunakan buat membuka aplikasi Android pada komputer Anda; itu tidak perlu ada pada format arsip EXE agar mampu berfungsi.

Anda dapat meng-convert file APK ke BAR untuk digunakan dengan perangkat BlackBerry hanya dengan mengunggah file APK ke Good e-Reader online APK to BAR converter. Tunggu konversi selesai dan kemudian unduh file BAR kembali ke komputer anda.

Post a Comment

Previous Post Next Post