Jadi, apa itu Instagram?

Instagram merupakan aplikasi jejaring sosial yang dibuat untuk berbagi foto dan video dari smartphone. Ya, mirip dengan Facebook atau Twitter, setiap orang yang membuat akun Instagram memiliki profil dan news feed.

Ketika Anda memposting foto atau video di Instagram, itu akan ditampilkan di profil Anda. Pengguna lain yang mengikuti Anda akan melihat posting Anda di feed mereka sendiri. Demikian juga, Anda akan melihat posting dari pengguna lain yang Anda pilih untuk diikuti.

Cukup lurus ke depan, bukan? Ini seperti versi Facebook yang disederhanakan, dengan penekanan pada penggunaan seluler dan berbagi visual. Sama seperti jejaring sosial lainnya, Anda dapat berinteraksi dengan pengguna lain di Instagram dengan mengikuti mereka, diikuti oleh mereka, berkomentar, menyukai, menandai dan mengirim pesan pribadi. Anda bahkan dapat menyimpan foto yang Anda lihat di Instagram.

Perangkat yang Berfungsi dengan Instagram

Instagram tersedia secara gratis di perangkat iOS, seperti iPhone dan iPad, serta perangkat Android, seperti ponsel dan tablet dari Google, Samsung, dll.

Instagram juga dapat diakses di web dari komputer, tetapi pengguna hanya dapat mengunggah dan berbagi foto atau video dari perangkat mereka.

Membuat Akun di Instagram

Sebelum Anda dapat mulai menggunakan aplikasi, Instagram akan meminta Anda untuk membuat akun gratis. Anda dapat mendaftar melalui akun Facebook yang ada atau melalui email. Yang Anda butuhkan hanyalah nama pengguna dan kata sandi.

Anda mungkin ditanya apakah Anda ingin mengikuti beberapa teman yang ada di Instagram di jaringan Facebook Anda. Anda dapat melakukan ini segera atau melewati proses dan kembali lagi nanti.

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menyesuaikan profil Anda dengan menambahkan nama Anda, foto, bio pendek dan tautan situs web jika Anda memilikinya ketika pertama kali masuk di Instagram. Ketika Anda mulai mengikuti orang dan mencari orang untuk mengikuti Anda kembali, mereka akan ingin tahu siapa Anda dan tentang apa Anda sebenarnya.

Menggunakan Instagram sebagai Jejaring Sosial

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Instagram adalah tentang berbagi visual, jadi tujuan utama semua orang adalah untuk berbagi dan hanya menemukan foto dan video terbaik. Setiap profil pengguna memiliki jumlah "Followers" dan "Following", yang mewakili berapa banyak orang yang mereka ikuti dan berapa banyak pengguna lain yang mengikuti mereka.

Setiap profil pengguna memiliki tombol yang dapat Anda ketuk untuk mengikuti mereka. Jika pengguna mengatur profilnya ke pribadi, mereka harus menyetujui permintaan Anda terlebih dahulu.

Ingatlah bahwa ketika profil Anda dibuat dan ditetapkan untuk umum, siapa pun dapat menemukan dan melihat profil Anda, bersama dengan semua foto dan video Anda. Pelajari cara mengatur milik Anda menjadi pribadi jika Anda hanya ingin pengikut yang Anda setujui dapat melihat posting Anda.

Berinteraksi pada posting itu menyenangkan dan mudah. Anda dapat ketuk dua kali posting untuk "like" atau menambahkan komentar di bagian bawah. Anda bahkan dapat mengklik tombol panah untuk membaginya dengan seseorang via direct message (DM).

Jika Anda ingin menemukan atau menambah lebih banyak teman atau akun menarik untuk diikuti, gunakan tab pencarian (ditandai oleh ikon kaca pembesar) untuk menelusuri posting khusus yang direkomendasikan untuk Anda. Anda juga dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas untuk mencari pengguna atau tagar tertentu.

Menerapkan Filter dan Mengedit Posting Instagram Anda

Instagram telah berkembang sejak awal dalam hal opsi posting. Saat pertama kali diluncurkan pada 2010, pengguna hanya dapat memposting foto melalui aplikasi dan menambahkan filter tanpa fitur pengeditan tambahan.

Hari ini, Anda dapat memposting keduanya secara langsung melalui aplikasi atau dari foto / video yang ada di perangkat Anda. Anda juga dapat memposting foto dan video berdurasi satu menit penuh, dan Anda memiliki banyak opsi filter tambahan plus kemampuan untuk mengubah dan mengedit.

Saat Anda mengetuk tab posting Instagram tengah, Anda dapat memilih ikon kamera atau video untuk memberi tahu aplikasi apakah Anda ingin memposting foto atau video. Abadikan melalui aplikasi, atau ketuk kotak pratinjau foto/video untuk menarik yang sebelumnya diambil.

Instagram memiliki hingga 23 filter yang dapat Anda pilih untuk diterapkan pada foto dan video. Dengan mengetuk opsi Edit di bagian bawah editor foto, Anda juga dapat menerapkan efek pengeditan yang memungkinkan Anda mengedit penyesuaian, kecerahan, kontras, dan struktur. Untuk video, Anda dapat memotongnya dan memilih bingkai penutup.

Jika Anda ingin mengedit foto atau video Anda di dalam aplikasi Instagram, cukup ketuk ikon kunci pas dan pilih fitur dari menu bawah. Anda dapat menyesuaikan kontras, kehangatan, saturasi, sorotan, bayangan, sketsa, pergeseran kemiringan dan ketajaman.

Berbagi Posting Instagram Anda

Setelah menerapkan filter opsional dan mungkin melakukan beberapa pengeditan, Anda akan dibawa ke tab tempat Anda dapat mengisi teks, memberi tag pada pengguna lain, menandainya ke lokasi geografis dan secara bersamaan mempostingnya ke beberapa dari Anda jejaring sosial lainnya.

Setelah dipublikasikan, pengikut Anda akan dapat melihatnya dan berinteraksi dengan umpan mereka. Anda selalu dapat menghapus posting atau mengedit detailnya setelah Anda menerbitkannya dengan mengetuk tiga titik di bagian atas.

Anda dapat mengonfigurasi akun Instagram Anda agar foto diposting di Facebook, Twitter, Tumblr, atau Flickr. Jika semua konfigurasi berbagi ini disorot, tidak seperti abu-abu dan tidak aktif, maka semua foto Instagram Anda akan secara otomatis diposting ke jejaring sosial Anda setelah Anda menekan Bagikan. Jika Anda tidak ingin foto Anda dibagikan di jejaring sosial tertentu, cukup ketuk salah satunya sehingga berwarna abu-abu dan disetel ke Mati.

Melihat dan Menerbitkan Instagram Stories

Instagram baru-baru ini memperkenalkan fitur Stories baru, yang merupakan feed sekunder yang muncul di bagian paling atas dari feed utama Anda. Anda dapat melihatnya ditandai dengan gelembung foto kecil dari pengguna yang Anda ikuti.

Ketuk salah satu dari gelembung ini untuk melihat story pengguna atau stories yang mereka terbitkan selama 24 jam terakhir. Jika Anda terbiasa dengan Snapchat, maka Anda mungkin akan melihat betapa miripnya fitur Instagram stories.

Untuk menerbitkan story Anda sendiri, yang harus Anda lakukan adalah mengetuk gelembung foto Anda sendiri dari feed utama atau geser ke kanan pada tab mana saja untuk mengakses tab stories kamera. Jika Anda ingin mencari tahu lebih banyak tentang Instagram stories, lihat rinciannya tentang bagaimana hal ini berbeda dari Snapchat.

Post a Comment

Previous Post Next Post