Ketika kamu mendengar pembicaraan tentang virus, Trojan, spyware, dan sejenisnya, apa yang sebenarnya kamu dengar adalah pembicaraan tentang berbagai jenis malware.

Kita semua tahu citra populer seorang peretas, menguji keterampilannya & bertempur terhadap sistem apa pun yang dia putuskan buat menciptakan tantangannya. Namun hari ini, pengembang perangkat lunak "black hatdanquot; acapkali menjual keterampilan mereka pada penawar tertinggi.

Ini mampu berupa organisasi kriminal yg mencari indera buat beroperasi di global digital, atau badan intelijen pemerintah yang ingin mengakses data yg terkunci pada personal komputer , jaringan, & perangkat seluler target mereka.

Apa yg dilakukan malware?

Cara malware melakukan kerusakan dapat membantu mengategorikan jenis malware yang kamu hadapi. Berikut ini adalah daftar jenis malware yang umum, tetapi hampir tidak lengkap:

  • Virus: Seperti senama biologisnya, virus menempelkan diri pada file bersih dan menginfeksi file bersih lainnya. Mereka dapat menyebar tanpa terkendali, merusak fungsionalitas inti sistem dan menghapus atau merusak file. Biasanya muncul sebagai file yang dapat dieksekusi..
  • Spyware: Tidak mengherankan di sini: spyware adalah malware yang dirancang untuk memata-matai kamu. Ia bersembunyi di latar belakang dan membuat catatan tentang apa yang kamu lakukan ketika online, termasuk kata sandi, nomor kartu kredit, kebiasaan berselancar, dan lainnya.
  • Trojan horses: Jenis malware ini menyamar sebagai perangkat lunak yang sah, atau termasuk dalam perangkat lunak yang sah yang telah dirusak. Ia cenderung bertindak secara diam-diam dan membuat backdoors di keamanan kamu untuk membiarkan malware lain masuk.
  • Worm: Worm menginfeksi seluruh jaringan perangkat, baik lokal atau di internet, dengan menggunakan antarmuka jaringan. Ia menggunakan setiap mesin yang terinfeksi berturut-turut untuk menginfeksi lebih banyak.
  • Ransomware: Juga disebut scareware, malware semacam ini dapat mengunci komputer kamu dan mengancam akan menghapus segalanya — kecuali tebusan dibayarkan kepada pemiliknya.
  • Adware: Meskipun tidak selalu berbahaya, terutama perangkat lunak periklanan yang agresif dapat merusak keamanan kamu hanya untuk melayani kamu iklan — yang dapat memberikan banyak malware lain jalan masuk. Plus, mari kita hadapi itu: pop-up sangat mengganggu.
  • Botnets: Botnets adalah jaringan komputer yang terinfeksi yang dibuat untuk bekerja bersama di bawah kendali penyerang.

Bagaimana kamu menghapus malware?

Setiap bentuk malware memiliki cara sendiri untuk menginfeksi dan merusak komputer dan data, sehingga masing-masing memerlukan metode penghapusan malware yang berbeda. Menghindari email, tautan, atau situs web yang mencurigakan adalah kebiasaan online yang bagus, tetapi hanya akan membuat kamu sejauh ini: penyerang kadang-kadang dapat membahayakan situs web yang sah sekalipun.

Satu-satunya cara buat sahih-sahih tetap terlindungi atau menghapus infeksi merupakan dengan menggunakan software anti-malware, yg lebih generik dianggap antivirus. Ada beberapa pemindai virus dan malware offline, perdeo, sesuai permintaan, & luring yg bisa menggunakan cepat, & acapkali tanpa rasa sakit, menghapus sebagian besar jenis malware.

Melindungi diri kamu berdasarkan malware

Jelas, cara paling cerdas untuk menghindari malware adalah mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah malware menginfeksi komputer atau perangkat kamu. Cara paling penting untuk mencegah malware mencapai komputer kamu adalah dengan memastikan kamu memiliki program antivirus/antimalware yang diinstal, dan kamu telah mengonfigurasinya untuk terus memindai tanda-tanda aktivitas berbahaya dalam unduhan dan file aktif.

Di luar software yg secara otomatis mengawasi malware, hal terpenting yg dapat kamu lakukan untuk melindungi komputer adalah membarui perilaku kamu. Salah satu caranya merupakan menggunakan menghindari membuka email dan lampiran yg dikirim melalui platform pesan apa pun menurut orang atau organisasi yang tidak engkau kenal atau nir percaya. Bahkan jika engkau mengenal pengirimnya, pastikan bahwa apa pun yang dilampirkan merupakan sesuatu yang kamu harapkan atau dapat ditindaklanjuti pada pesan lain. Salah satu cara cerdik buat membuatkan malware merupakan dengan mengirim salinannya sendiri kepada sahabat dan famili berdasarkan daftar hubungan email.

Juga, pastikan engkau selalu update sistem operasi & software aplikasi engkau setiap kali pembaruan tersedia, terutama pembaruan keamanan.

Post a Comment

Previous Post Next Post