Beberapa tahun yang lalu, YouTube mulai menawarkan layanan baru bernama YouTube Red. Ini adalah layanan langganan berbayar  yang pada dasarnya memungkinkan orang untuk menonton video YouTube bebas iklan, di antara hal-hal lainnya. Namun, pada Mei 2018, Google mengganti nama merek dan meluncurkan kembali layanan sebagai YouTube Premium. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang YouTube Premium, termasuk cara daftar dan menggunakannya.

Apa itu YouTube Premium?

YouTube Premium adalah Paid membership, tersedia di negara-negara tertentu, yang memberi kamu tampilan bebas iklan, kaya fitur (penayangan offline), dan pengalaman yang disempurnakan di banyak layanan video dan musik Google, seperti YouTube, YouTube Music, YouTube Gaming, dan YouTube Kids.

Berapa Harga YouTube Premium?

Awalnya, layanan langganan YouTube Red memiliki tag harga $ 9,99 dollar Amerika per bulan.

Namun, lantaran setelah belangganan YouTube Premium kamu menerima layanan insentif baru, seperti YouTube Music Premium, YouTube Premium berharga $ 12 dollar Amerika per bulan. Jika kamu sudah berlangganan YouTube Red, engkau akan ditransfer tanpa kenaikan harga. Kamu juga bisa membayar $ 17,99 dollar Amerika per bulan bila engkau ingin mengajak hingga enam anggota keluarga buat mendapatkan akses yg sama ke YouTube Premium.

Cara Daftar YouTube Premium

Untuk mendaftar ke YouTube Premium, kamu harus memiliki akun YouTube. Jika kamu belum memiliki akun, kamu dapat membuatnya ketika kamu mendaftar ke YouTube Premium.

Berikut cara mendaftar buat YouTube Premium:

  1. Navigasikan ke YouTube.com/premium.
  2. Pilih TRY IT FREE.
    • Kiat: Jika kamu ingin mengajak anggota keluarga lain berlangganann YouTube Premium, pilih TRY IT FREE yang ada di dalam kotak paket keluarga.
  3. Masukkan email yang terkait dengan akun YouTube kamu dan pilih NEXT.
    • Catatan: Pilih create account jika kamu belum memiliki akun YouTube.
  4. Masukkan kata sandi YouTube kamu, lalu pilih NEXT.
  5. Pilih TRY IT FREE lagi.
  6. Masukkan informasi kartu kredit kamu dan pilih BUY.
    • Penting: Kartu kamu tidak akan dikenakan biaya saat ini. Namun, kamu akan dikenakan biaya jika kamu tidak membatalkan sebelum uji coba gratis berakhir.
  7. Arahkan ke YouTube.com untuk melihat video bebas iklan, musik, dan konten orisinil.

Apa yang Kamu Dapatkan Dari Daftar YouTube Premium?

Berikut adalah manfaat primer berdasarkan YouTube Premium:

  • Video bebas iklan: Semua video di YouTube tersedia tanpa iklan. Jangan khawatir tentang nasib kreator favorit kamu, meskipun; saat kamu menonton video di saluran yang biasanya dapat menjalankan iklan, mereka mendapatkan bagian dari biaya langganan YouTube Premium kamu.
  • Offline videos: Dengan satu ketukan tombol, kamu dapat menyimpan video untuk ditonton nanti, bahkan saat kamu tidak terhubung ke internet.
  • Pemutaran di latar belakang: Fitur ini memungkinkan kamu untuk memutar video YouTube di latar belakang pada perangkat seluler kamu, yang berguna untuk mendengarkan musik sambil menggunakan aplikasi lain.
  • YouTube Music Premium: Dapat diakses via browser web di music.YouTube.com, dan melalui aplikasi seluler YouTube Music, layanan ini menyediakan cara mudah untuk mendengarkan musik favorit kamu, menonton video dari grup favorit kamu, dan menjelajahi musik yang mungkin belum pernah kamu dengar, semua tanpa iklan tentunya.
  • YouTube Originals:Konten ini berasal dari YouTube Red, yang didalamnya banyak film dan seri asli dari bintang YouTuber populer dan bintang mainstream.
  • YouTube Kids: Nonton bebas iklan dari aplikasi YouTube Kids, dan kamu juga mendapatkan akses ke pemutaran offline.
  • YouTube Gaming: Nonton tanpa iklan di aplikasi YouTube Gaming.
  • Google Play Music: Ini adalah penantang Spotify dari Google, dan ini juga disertakan dengan langganan Premium, bebas iklan, tanpa biaya tambahan tentunya.

Apa Itu YouTube Originals?

YouTube Originals adalah serial dan film yang tidak dapat kamu tonton di mana saja selain YouTube.

YouTube Originals memamerkan bintang-bintang YouTube terobosan seperti PewDiePie, tetapi telah diperluas untuk memasukkan berbagai realitas dan pemrograman skrip, termasuk serial sekuel Karate Kid dan Kobra Kai.

Cara Nonton di YouTube Premium

YouTube Premium pada dasarnya hanya YouTube tanpa iklan, jadi jika kamu tahu cara menggunakan YouTube, kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan YouTube Premium. Ini adalah layanan yang sama, menggunakan antarmuka yang sama, di situs web dan aplikasi yang sama.

Satu-satunya disparitas adalah saat engkau nonton video biasa pada YouTube Premium, engkau nir akan melihat iklan, dan engkau mempunyai opsi untuk menonton YouTube Originals.

Apabila kamu tertarik buat melihat beberapa YouTube Originals, berikut cara melakukannya:

  1. Navigasikan ke YouTube.com dan masuk.
  2. Pilih Originals.
  3. Cari serial atau film yang ingin kamu tonton, lalu pilih.
  4. Pilih Play All untuk memutar seluruh seri, atau pilih satu episode untuk menontonnya.

Apa itu Background Play?

Background Play adalah fitur YouTube Premium yang tersedia di aplikasi seluler YouTube. Tanpa YouTube Premium, pemutaran video berhenti begitu kamu meninggalkan aplikasi YouTube untuk menggunakan aplikasi lain. Fitur ini memungkinkan video untuk terus bermain, baik di Picture-in-picture thumbnail atau sepenuhnya di latar belakang.

Berikut ini cara memanfaatkan background play:

  1. Unduh aplikasi YouTube, dan pastikan sudah up to date.
  2. Jika kamu memiliki beberapa akun Google di ponsel kamu, beralihlah ke akun yang memiliki langganan YouTube Premium.
  3. Cari video di aplikasi YouTube dan mainkan.
  4. Kembali ke home screen ponsel kamu dan video akan muncul dalam bentuk thumbnail.
  5. Seret gambar mini ke mana pun kamu inginkan, atau ketuk X untuk menghapusnya.
    • Catatan: Video akan terus diputar.
  6. Buka baki sistem untuk menjeda atau menghentikan video.

Memutar video pada mode background play berguna buat mendengarkan podcast, musik, dan bahkan daftar putar, tanpa membiarkan pelaksanaan YouTube terbuka. Kamu dapat membuka pelaksanaan lain dan bahkan mengunci ponsel engkau , dan video akan terus diputar.

Cara Download Video dan Musik Dengan YouTube Premium

YouTube Premium memungkinkan mendownload video dan menyimpannya untuk diputar ketika kamu tidak memiliki akses ke internet. Fitur ini hanya tersedia di aplikasi YouTube, YouTube Music, dan YouTube Gaming. Tidak memungkinkan kamu mendownload video dari situs web YouTube secara gratis.

Begini cara download video menurut pelaksanaan YouTube:

  1. Buka aplikasi YouTube.
  2. Cari video yang ingin kamu download dan mainkan.
  3. Ketuk ikon ⋮ (tiga titik vertikal) di sebelah video yang ingin kamu download.
  4. Ketuk Download.
  5. Pilih kualitas video, lalu ketuk OK.
  6. Buka tab Pustaka atau Akun kamu untuk melihat video setelah selesai mengunduh.

Untuk sebagian besar , engkau bisa menonton video yang diunduh kapan pun engkau mau, namun ada beberapa pembatasan:

  • Kamu hanya dapat menonton video yang diunduh saat masuk ke aplikasi YouTube dengan akun YouTube Premium kamu.
  • Kamu perlu terhubung ke internet setidaknya sekali setiap 30 hari, atau kamu akan kehilangan akses ke video yang kamu unduh sampai kamu terhubung.

Post a Comment

Previous Post Next Post