FaceTime telah menjadi fitur setiap iPhone sejak iPhone 4. Tapi bagaimana dengan iPhone yang keluar sebelum 4? Bisakah engkau menggunakan FaceTime pada iPhone 3GS atau 3G?

2 Alasan Kamu Tidak Dapat Menggunakan FaceTime pada iPhone 3G dan 3GS

Pemilik iPhone 3GS dan 3G tidak akan senang mendengarnya, tetapi FaceTime tidak dapat berjalan di ponsel mereka dan tidak akan pernah lagi. Alasannya adalah ponsel-ponsel itu memiliki keterbatasan yang tidak dapat diatasi:

  1. Tidak Ada Kamera Depan: Alasan paling penting bahwa FaceTime tidak akan datang ke 3GS atau 3G adalah bahwa FaceTime membutuhkan kamera yang menghadap pengguna di bagian depan telepon. Model-model itu hanya memiliki satu kamera dan kamera itu ada di bagian belakang ponsel. Kamera yang menghadap pengguna, ditempatkan di atas layar pada iPhone yang lebih baru, adalah satu-satunya cara untuk mengambil video sambil juga membiarkan kamu melihat layar dan orang yang kamu ajak bicara. Kamera belakang iPhone 3GS atau 3G dapat merekam video, tetapi kamu tidak akan dapat melihat orang yang kamu ajak bicara. Itu benar-benar melenceng dari obrolan video, bukan?
  2. Tidak Ada Aplikasi FaceTime: Perangkat Keras bukan satu-satunya batasan. Ada juga masalah perangkat lunak yang tidak dapat diatasi oleh pemilik 3GS dan 3G. FaceTime hadir di dalam iOS. Karena model-model ini tidak mendukung FaceTime, Apple bahkan tidak memasukkan aplikasi dalam versi iOS yang berjalan pada 3GS dan 3G. Bahkan ketika model-model itu menjalankan iOS 4 atau lebih tinggi, yang biasanya termasuk FaceTime, aplikasi tidak ada. Bahkan jika kamu ingin menjalankan FaceTime pada 3GS atau 3G, sama sekali tidak ada cara untuk mendapatkan aplikasi.

Dapatkan Versi FaceTime pada 3GS/3G via Jailbreak

Walaupun semua itu benar, secara teknis ada jalan keluar setidaknya satu dari keterbatasan itu. Masalah perangkat lunak dapat diatasi dengan melakukan jailbreak pada ponsel kamu. Setelah kamu selesai melakukannya, kamu dapat menginstal aplikasi pihak ketiga melalui Toko Aplikasi Cydia. Salah satu program tersebut adalah FaceIt-3GS.

Ada 2 hal penting yang perlu diingat sebelum engkau menempuh jalan ini. Pertama, FaceIt-3GS dikembangkan bertahun-tahun yang kemudian dan mungkin belum diperbarui buat dijalankan dengan versi terbaru iOS. Kedua, melakukan jailbreak pada ponsel engkau dapat membatalkan garansi atau mengakibatkan kasus lain misalnya mengekspos ponsel engkau terhadap virus. Jailbreak seharusnya hanya dilakukan oleh orang yg mengerti teknologi dan merasa nyaman merogoh risiko (bila ponsel engkau rusak ketika mencoba melakukan jailbreak, jangan katakan kami tidak memperingatkan kamu).

Alternatif buat FaceTime pada iPhone 3GS dan 3G?

Kami ingin mengakhiri artikel semacam ini dengan saran agar pembaca dapat melakukan sesuatu yang mirip dengan apa yang mereka inginkan, walaupun itu bukan hal yang pasti. Kami tidak bisa melakukan itu dalam kasus ini. Karena 3GS dan 3G tidak memiliki kamera yang menghadap pengguna, tidak ada cara untuk mendapatkan obrolan video yang sebenarnya. Ada banyak alat obrolan hebat yang tersedia, dari Messages ke Skype ke WhatsApp, tetapi tidak ada yang menyediakan obrolan video di telepon itu. Kalau kamu punya iPhone 3GS atau 3G dan ingin video chat, kamu harus mengganti dengan ponsel baru.

Post a Comment

Previous Post Next Post