Attach atau melampirkan dan mengirim file adalah salah satu hal paling umum yang dilakukan orang-orang dengan program email berbasis web dan desktop mereka. Tidak ada tombol untuk attach file di aplikasi Mail bawaan iPhone, tetapi itu bukan berarti tidak mungkin untuk attach file. Kamu hanya perlu menggunakan beberapa teknik berbeda.

Attach Foto atau Video di Mail

Meskipun tidak ada tombol yang jelas untuk itu, kamu bisa attach foto dan video ke email dari dalam aplikasi Mail. Ini hanya berfungsi untuk foto dan video; untuk attach jenis file lainnya, periksa set instruksi selanjutnya. Tetapi jika attach foto atau video adalah semua yang perlu kamu lakukan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mulailah dengan membuka email yang ingin kamu attach foto atau videonya. Ini bisa berupa email yang kamu balas atau teruskan, atau menulis email baru

  2. Di badan email, ketuk dan tahan pada layar di tempat kamu ingin attach file

  3. Mulailah dengan membuka email yang ingin kamu attach foto atau videonya. Ini bisa berupa email yang ingin kamu balas atau teruskan, atau menulis email baru

  4. Ketika menu copy/paste muncul, angkat jari kamu dari layar

  5. Ketuk panah di sisi kanan menu copy/paste

  6. Ketuk Insert Photo or Video

  7. Aplikasi Photos muncul. Navigasikan melalui album foto kamu untuk menemukan foto atau video yang ingin kamu attach

  8. Ketika kamu menemukan foto atau video yang tepat, ketuk untuk mem-preview-nya

  9. Ketuk Choose

  10. Dengan itu, foto atau video di-attach ke email kamu, dan kamu dapat menyelesaikan dan mengirim email.

Attach Jenis File Lain atau Dari Aplikasi Lain

Mail adalah satu-satunya aplikasi di mana kamu bisa attach file dengan memunculkan menu copy/paste seperti yang dijelaskan di atas. Jika kamu ingin attach file yang dibuat atau disimpan di aplikasi lain, prosesnya sedikit berbeda. Tidak semua aplikasi mendukung pendekatan ini, tetapi hampir semua aplikasi yang membuat foto, video, dokumen teks, audio, dan file sejenis harus memungkinkan untuk attach file dengan cara ini.

  1. Buka aplikasi yang berisi file yang ingin kamu attach

  2. Cari dan buka file yang ingin kamu attach

  3. Ketuk tombol Share (kotak dengan panah atas yang keluar darinya; kamu akan sering menemukannya di bagian tengah bawah aplikasi, tetapi tidak setiap aplikasi meletakkannya di sana, jadi kamu harus mencarinya kalau kamu tidak melihat itu)

  4. Di menu berbagi yang muncul, ketuk Mail

  5. Aplikasi Mail terbuka dengan email baru. Attached pada email itu adalah file yang kamu pilih. Dalam beberapa kasus, terutama dengan aplikasi berbasis teks seperti Notes atau Evernote, email baru memiliki teks dari dokumen asli yang disalin ke dalamnya, bukan di-attach sebagai dokumen terpisah

  6. Lengkapi dan kirim email.

Catatan: Jika kamu tidak dapat menemukan tombol Sahre di aplikasinya, mungkin aplikasi tidak mendukung untuk berbagi. Dalam hal ini, kamu mungkin tidak bisa mendapatkan file dari aplikasi.

Post a Comment

Previous Post Next Post