Import lagu atau file musik ke iTunes sehingga kamu dapat memasukkan dan menyelaraskannya dengan perangkat iOS kamu atau mendengarkan musik kamu di komputer sangatlah mudah. Hanya perlu beberapa klik untuk menemukan dan import file.

Cara Memasukkan Lagu ke iTunes

  1. Sebelum memulai, pastikan kamu mengetahui lokasi file audio yang kamu unduh. Biasanya ada di folder Download atau di suatu tempat di Desktop kamu.

  2. Buka iTunes.

  3. Untuk import banyak file sekaligus, klik menu File

  • Sebuah jendela muncul yang memungkinkan kamu menavigasi hard drive komputer kamu. Arahkan ke lokasi tempat file berasal dari langkah 1.

  • Sebuah progress bar muncul saat iTunes memproses file tersebut.

  • Ketika kamu menambahkan lagu, iTunes akan secara otomatis mengkategorikannya berdasarkan nama, artis, album, dll. Jika lagu yang diimpor tanpa artis dan informasi lainnya, kamu dapat mengubah tag ID3 secara manual.

    Cara Copy Lagu Setelah Import Ke iTunes

    Biasanya, saat kamu menambahkan lagu ke iTunes, apa yang kamu lihat dalam program hanya referensi ke lokasi sebenarnya dari file. Misalnya, jika kamu meng-copy file dari desktop ke iTunes, kamu tidak memindahkan file. Sebaliknya, kamu menambahkan shortcut ke file di desktop.

    Jika kamu memindahkan file asli, iTunes tidak dapat menemukannya dan tidak dapat memutarnya sampai kamu menemukannya lagi secara manual. Salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah membuat folder khusus untuk file copy iTunes supaya jika file asli dipindahkan atau dihapus, iTunes masih menyimpan salinannya.

    Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

    1. Di iTunes, klik Edit (di PC) atau iTunes (di Mac)

  • Klik Advanced

  • Setelah diaktifkan, lagu yang baru di-import ditambahkan ke folder \iTunes Media\ di dalam akun pengguna. File-file tersebut disusun berdasarkan nama artis dan album.

    Misalnya, saat kamu menyeret lagu yang disebut "favoritesong.mp3" ke iTunes dan pengaturan ini diaktifkan, maka akan masuk ke folder seperti ini: C:\Users\[username]\Music\iTunes\iTunes Media\[artist]\[Album]\favoriteong.mp3.

    Convert Format Lain ke MP3

    Tidak semua lagu yang kamu unduh dari internet akan berada dalam format MP3 (kemungkinan kamu akan menemukan AAC atau FLAC). Jika kamu ingin memiliki file kamu dalam format yang berbeda, cara termudah untuk mengubahnya adalah dengan menggunakan converter built-in pada iTunes. Ada juga situs converter audio gratis atau program yang bisa melakukan pekerjaan ini.

    Cara Lain untuk Menambahkan Lagu ke iTunes

    Tentu saja, mengunduh MP3 bukan satu-satunya cara untuk menambahkan lagu ke perpustakaan kamu. Pilihan lainnya meliputi:

    • Dari CD
    • Apple Music

    Post a Comment

    Previous Post Next Post