IPhone kamu menyertakan chip GPS seperti yg ada pada perangkat GPS dalam umumnya. IPhone memakai chip GPS bersamaan dengan tower telepon seluler & jaringan Wi-Fi ? Pada proses yang dianggap "assisted GPS" ? Buat menghitung posisi ponsel dengan cepat. Kamu nir perlu mengatur chip GPS, akan namun engkau bisa mematikannya atau mengaktifkan kegunaannya di iPhone.

Sistem GPS

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System, yang merupakan sistem satelit yang dipasang ke orbit dan dipelihara oleh Departemen Pertahanan AS. GPS menemukan posisi melalui trilaterasi yang menggunakan setidaknya 3 dari kemungkinan 31 sinyal satelit. Negara-negara lain mengembangkan sistem mereka sendiri, tetapi sistem GPS AS adalah satu-satunya yang digunakan secara luas di seluruh dunia. Satu-satunya sistem lain yang dekat dalam kemampuan adalah sistem satelit GLONASS Rusia. IPhone mampu mengakses sistem GPS dan GLONASS.

Salah satu kelemahan GPS adalah bahwa sinyalnya sulit menembus bangunan, hutan yg pada, dan ngarai ? Termasuk ngarai pencakar langit perkotaan ? Yang merupakan tempat tower seluler dan sinyal Wi-Fi memberi iPhone keunggulan dibandingkan unit GPS yg berdiri sendiri.

Mengontrol GPS di iPhone

Meskipun koneksi GPS aktif sangat penting untuk aplikasi yang menawarkan fitur navigasi dan mapping, ada masalah privasi yang terkait dengan penggunaannya. Untuk alasan ini, iPhone berisi beberapa area dimana kamu dapat mengontrol kemampuan GPS untuk digunakan di ponsel.

Kamu dapat mematikan semua teknologi lokasi pada iPhone, yang tidak direkomendasikan oleh Apple, dengan membuka Settings > Privacy dan mengalihkan Location Services.

Kamu dapat mengambil pendekatan yang lebih spesifik dengan membatasi akses ke informasi GPS untuk aplikasi tertentu. Lihatlah daftar panjang aplikasi pada layar Location Services di bawah Share My Location. Kamu dapat mengatur kapan aplikasi diizinkan untuk mengakses informasi GPS ke Never, While Using, atau Always.

Kamu dapat mengetahui bagaimana setiap aplikasi berinteraksi dengan GPS (jika ada) dan fungsi penting lainnya di ponsel kamu dengan mengetuk ikon Settings dan menggulir ke bawah ke daftar aplikasi. Kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai pengaturan, tergantung pada aplikasi, termasuk Lokasi, Notifikasi, Gunakan Data Seluler, dan akses ke Kalender atau Kontak kamu.

Teknologi pelengkap GPS

IPhone memiliki beberapa teknologi pelengkap onboard yang bekerja bersama dengan chip GPS untuk menguasai lokasi ponsel.

  • Accelerometer and Giroskop: iPhone memiliki giroskop 6-axis yang sangat kecil dan kombinasi chip accelerometer di papan tulis. Giroskop ini menceritakan bagaimana telepon kamu berorientasi setiap saat. Akselerometer mendeteksi dan mencatat gerakan besar dan kecil sebagai masukan yang bisa digunakan telepon.
  • Wi-Fi Tracking: Bila GPS tidak bekerja dengan baik, seperti di dalam bangunan atau di antara bangunan tinggi, Wi-Fi Tracking dapat menggantikan atau melengkapinya. Wi-Fi Tracking menggunakan basis data jaringan Wi-Fi di seluruh dunia untuk melakukan triangulasi posisi telepon berdasarkan beberapa sinyal Wi-Fi.
  • Compass: iPhone kamu memiliki Compass digital sebagai bagian dari chip pelacakan gerakannya. Compass digunakan untuk melengkapi teknologi gerak lainnya dan mengorientasikan peta yang kamu gunakan. Compass mulai dimainkan, misalnya saat kamu mengetuk panah Peta untuk mengarahkan peta. Compass juga bisa digunakan sendiri.
  • Barometer: Kamu mungkin memikirkan sebuah barometer, yang mengukur tekanan udara, terutama sebagai perangkat prediksi cuaca, namun tidak digunakan untuk tujuan itu pada iPhone. Barometer ini melengkapi chip GPS untuk mengukur perubahan elevasi untuk membuat elevasi yang lebih akurat dan pembacaan perubahan ketinggian.
  • M10 Motion Coprocessor: Di iPhone, Apple menggunakan chip kopling prosesor M10 sendiri untuk terus mengukur data dari accelerometer, Compass, giroskop, dan barometer. Ini offloads bekerja dari chip Fusion A10 untuk meningkatkan efisiensi daya.

Post a Comment

Previous Post Next Post