Mematikan ponsel kamu sangat membantu jika baterai lemah. Alasan lain untuk mematikan ponsel adalah jika kinerjanya aneh atau hang; me-reboot seringkali merupakan perbaikan, mirip dengan memecahkan masalah pada komputer. Mematikan iPhone juga merupakan cara yang sangat mudah untuk menonaktifkan semua peringatan dan panggilan telepon (Do Not Disturb juga bagus untuk itu).

Jika engkau telah tahu cara mematikan ponsel namun tidak ada petunjuk pada artikel ini yg berfungsi, lihat panduan kami tentang apa yang wajib dilakukan apabila iPhone engkau tidak mau mati.

Cara Mematikan iPhone Kamu

Apapun alasan kamu melakukannya, berikut adalah langkah-langkah untuk mematikan sebuah iPhone. Teknik ini berlaku untuk setiap model iPhone, dari versi aslinya sampai versi terbaru.

  1. Tahan tombol sleep/wake selama beberapa detik, sampai kamu melihat pesan muncul di layar. Tombol ini terletak di pojok kanan atas ponsel (ada di bagian atas atau samping tergantung pada versi iPhone kamu).

  2. Tombol power akan muncul, dan membaca slide to power off. Gerakkan slider sampai ke kanan untuk mematikan telepon.

  3. Roda kemajuan akan muncul di tengah layar. IPhone akan mati beberapa detik kemudian.

Jika kamu menunggu terlalu lama untuk menggeser tombol, ponsel akan membatalkan shutdown secara otomatis. Jika kamu ingin membatalkannya sendiri, ketuk Cancel.

Cara Mematikan iPhone X

Mematikan iPhone X sedikit rumit. Itu karena tombol Side (sebelumnya dikenal sebagai tombol sleep/wake) telah ditugaskan kembali untuk mengaktifkan Siri, Apple Pay, dan fitur Emergency SOS. Jadi, untuk mematikan iPhone X:

  1. Tekan terus tombol Side dan tombol volume turun hingga muncul penggeser (volume naik juga berfungsi, tetapi melakukan itu secara tidak sengaja mengambil screenshot).

  2. Geser penggeser dari kiri ke kanan dan ponsel akan mati.

Cara Hard Reset iPhone

Ada beberapa contoh di mana langkah-langkah di atas tidak berfungsi, terutama ketika iPhone kamu terkunci. Dalam hal ini, kamu harus mencoba teknik yang disebut hard reset. Ini seharusnya hanya digunakan ketika upaya lain gagal, tetapi kadang-kadang hanya itu yang kamu butuhkan:

  1. Pada saat yang sama, tahan tombol sleep/wake dan tombol home selama 10 detik atau lebih, sampai layar menjadi hitam dan logo Apple muncul. Pada iPhone 7 series dan 8 series, tahan tombol volume bawah bukan home.

  2. Saat melihat logo, berhenti memegang kedua tombol dan biarkan ponsel dinyalakan normal.

Fitur hard reset tidak sama dengan mereset ponsel ke pengaturan default pabrik. Kata "reset" kadang-kadang disebut "restore" tapi tidak ada hubungannya dengan restart ponsel kamu.

Cara Hard Resetting iPhone X

Tanpa tombol Home, proses hard-reset pada iPhone X berbeda:

  1. Tekan volume naik.

  2. Tekan volume turun.

  3. Tahan tombol Side (alias sleep/wake) sampai layar menjadi gelap dan kemudian lepaskan tombol dan biarkan ponsel memulai.

Menghidupkan Ponsel Lagi

Saat kamu siap menggunakannya lagi, berikut ini cara mem-boot iPhone:

  1. Tahan tombol sleep/wake (atau tombol side pada iPhone yang lebih baru) sampai ikon Apple muncul di layar, maka kamu bisa melepaskannya.

  2. Tidak ada tombol lain yang perlu ditekan. Tunggu saja ponsel untuk memulai.

Post a Comment

Previous Post Next Post