Singkatnya, orang lain yang nir memiliki biar tidak akan bisa masuk ke home screen iPhone atau iPad bila belum memasukan kode Passcode yg kamu buat.

Jadi, tanpa passcode lock, siapa pun dapat membuka Locksecreen perangkat kita menggunakan mudah buat mengakses seluruh keterangan yg tersimpan pada perangkat mobile kita. Dengan adanya passcode lock dalam perangkat kita maka akan membuatnya jadi lebih sulit.

Selain itu, kita pula wajib mengaktifkan fitur passcode lock agar dapat menggunakan Face ID atau Touch ID.

Cara Membuat Passcode Lock pada iPhone

Untuk membuat passcode lock pada perangkat kamu, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Ketuk aplikasi Settings.

  2. Ketuk Touch ID & Passcode (atau Face ID & Passcode di iPhone X).

  3. KetukTurn Passcode On.

  4. Masukkan passcode 6-digit. Pilihlah sesuatu yang mudah diingat. Berikut adalah cara mengatasi lupa passcode kamu)

  5. Masukan kembali passcode yang sama untuk konfirmasikan passcode.

  6. Jika kamu diminta untuk masuk ke Apple ID kamu, masukkan password Apple ID kamu dan tekan Continue.

Itu saja yang dibutuhkan! IPhone kamu sekarang dijamin dengan passcode, dan kamu akan diminta memasukkannya saat kamu membuka kunci (unlock) atau menghidupkan iPhone atau iPod touch kamu. Passcode membuatnya sangat sulit bagi pengguna yang tidak berwenang untuk mengakses ponsel kamu.

Cara Membuat Passcode Lock yang Lebih Aman

Passcode enam digit yang dibuat secara default memang sudah sangat aman, namun kode passcode yang lebih panjang, tentu saja akan membuatnya semakin aman.

Jadi, jika kamu benar-benar memiliki informasi sensitif yang perlu kamu lindungi, buat passcode lock yang lebih kuat dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat passcode dengan menggunakan langkah-langkah dari bagian terakhir.

  2. Ketuk Touch ID & Passcode (atau Face ID & Passcode), ketuk Change Passcode.

  3. Masukkan passcode kamu saat ini.

  4. Pada layar berikutnya, ketuk Passcode Options.

  5. Pada menu pop-up, tekan Custom Alphanumeric Code (ini adalah pilihan yang paling aman, karena ini memungkinkan kamu membuat passcode yang menggunakan huruf dan angka. Jika kamu menginginkan passcode lock yang lebih panjang yang hanya berupa angka, ketuk Custom Numeric Code. Mudah untuk diingat, tapi kurang aman, kode bisa dibuat jika kamu menekan 4-Digit Numeric Code).

  6. Masukkan passcode/password baru di kolom yang tersedia.

  7. Ketuk Next. Jika kode terlalu simpel atau mudah ditebak, akan ada peringatan yang meminta kamu membuat kode baru.

  8. Masukkan kembali passcode baru untuk konfirmasi dan ketuk Done.

Touch ID dan Passcode iPhone

Semua iPhone dari 5S sampai seri iPhone 8 (dan sejumlah perangkat mobile Apple lainnya) dilengkapi dengan pemindai sidik jari Touch ID. Touch ID menggantikan passcode kamu saat membeli item dari iTunes Store dan App Store, memberi otorisasi pada transaksi Apple Pay, dan membuka kunci perangkat kamu. Ada beberapa kasus di mana kamu akan diminta memasukkan passcode lock untuk keamanan tambahan, seperti setelah me-restart perangkat.

Face ID dan Passcode iPhone

Pada iPhone X, sistem pengenal wajah Face ID diperkenalkan sebagai pengganti Touch ID. Ini melakukan fungsi yang sama seperti Touch ID—memasukkan passcode kamu, memberi otorisasi pembelian, dll.—dengan menggunakan wajah kamu dan bukan jari kamu.

Opsi Passcode

Setelah kamu membuat passcode lock pada ponsel kamu, ada sejumlah pilihan untuk apa yang dapat atau tidak dapat kamu lakukan tanpa memasukkan passcode lock (baik dengan mengetiknya, atau dengan menggunakan Touch ID atau Face ID). Pilihan passcode meliputi:

  • Require Passcode: Pengaturan ini mengontrol berapa lama iPhone kamu tetap tidak terkunci saat kamu tidak menggunakannya. Semakin cepat kunci layar, semakin mengamankan ponsel kamu dari orang-orang yang ingin mengintip.

Terlalu banyak upaya untuk membuka kunci iPhone kamu dengan passcode yang salah dapat menyebabkannya dinonaktifkan. Pelajari cara memperbaiki masalah ini di Cara Memperbaiki Error "iPhone Is Disabled".

  • Voice Dial: Pindahkan slider ini ke on/hijau untuk memungkinkan kamu memberitahu iPhone untuk melakukan panggilan tanpa membuka kunci ponsel kamu.
  • Today View: Tampilan Notification Center ini berisi informasi tentang kalender dan hari. Biarkan slider disetel ke off/putih agar meminta passcode kamu untuk melihatnya.
  • Recent Notification: Ini serupa dengan setelan Today View, namun memberikan akses ke kumpulan pemberitahuan terkini yang lebih besar dari aplikasi, bukan hanya Today View.
  • Control Center: Ingin mengakses pilihan dan shortcut di Control Center tanpa unlocking iPhone kamu? Gerakkan slider ke on/hijau.
  • Siri: Pada iPhone 4S dan model terbaru, kamu dapat mengakses Siri dari Lockscreen dengan menekan tombol Home. Hal ini memungkinkan seseorang untuk mengakses beberapa fitur dari ponsel kamu, bahkan jika itu dilindungi oleh passcode. Kamu dapat memblokir Siri beroperasi tanpa passcode dengan memindahkan slider Siri ke off untuk mematikan yang di tandai warna putih.
  • Reply with Message: Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan teks dari Lockscreen untuk seseorang yang sering menelepon kamu, misalnya seperti "Panggil saya lagi dalam 10 menit.". Pindahkan slider ke off/putih untuk menonaktifkan Reply with Message.
  • Home Controls: Aplikasi Homekit di perkenalkan di iOS 10. Pengaturan ini mencegah siapa pun dengan telepon kamu mengirimkan instruksi untuk keamanan dan pencahayaan perangkat HomeKit kamu.
  • Return Missed Calls: Dengan ini diaktifkan, kamu dapat mengembalikan panggilan tidak terjawab dari layar kunci, tanpa memasukkan kode akses.
  • Erase Data: Ini adalah sarana utama menjaga data kamu dari tangan orang yang tidak berhak. Pindahkan slider ini untuk on/hijau dan ketika seseorang memasuki passcode 10 kali di perangkat kamu, maka semua data yang ada pada perangkat akan secara otomatis dihapus. Bukan pilihan yang bagus jika kamu sering lupa passcode, tapi bisa jadi alat keamanan yang hebat.
  • Post a Comment

    Previous Post Next Post