IPad merupakan perangkat yang gampang dipakai, tentunya setelah engkau menilik dasar-dasarnya. Apabila ini adalah pertama kalinya engkau menggunakan perangkat sentuh, kamu mungkin bingung mengenai cara mengontrol iPad baru engkau . Nah, tutorial singkat ini akan mengajarkan kamu beberapa pelajaran berharga tentang cara menavigasi iPad dan mengatur iPad sinkron harapan kamu.

Pelajaran Satu: Pindah Dari Satu Halaman Aplikasi ke Halaman Berikutnya

IPad hadir dengan sejumlah aplikasi hebat, tetapi begitu kamu mulai mengunduh aplikasi baru dari app store, kamu akan segera menemukan diri kamu dengan beberapa halaman yang penuh dengan ikon. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya, cukup swipe jari kamu di layar iPad dari kanan ke kiri untuk maju satu halaman dan dari kiri ke kanan untuk kembali ke halaman.

Kamu akan melihat bahwa ikon pada layar berkiprah dengan jari engkau , perlahan-lahan menyampaikan layar pelaksanaan berikutnya. Engkau bisa menganggap ini seperti membalik halaman kitab .

Pelajaran Dua: Cara Memindahkan Aplikasi

Kamu juga dapat memindahkan aplikasi di sekitar layar atau memindahkannya dari layar ke layar lainnya. Kamu dapat melakukan ini di Home Screen dengan menekan ikon aplikasi tanpa mengangkat jari kamu. Setelah beberapa detik, semua aplikasi di layar akan mulai bergoyang. Kami akan menyebutnya "Move State". Aplikasi bergoyang memberi tahu kamu kalau iPad telah siap untuk kamu memindahkan aplikasi individual.

Selanjutnya, ketuk aplikasi yang ingin kamu pindahkan, & tanpa mengangkat ujung jari engkau dari layar, gerakkan jari engkau pada sekitar layar. Ikon aplikasi akan berkiprah mengikuti jari kamu. Jika engkau menjeda antara dua pelaksanaan, mereka akan berpisah, memungkinkan kamu untuk "menjatuhkandanquot; ikon di loka itu dengan mengangkat jari kamu berdasarkan layar.

Tapi bagaimana dengan memindahkan pelaksanaan dari satu layar ke layar yg lain?

Daripada berhenti pada antara dua aplikasi, pindahkan pelaksanaan ke tepi paling kanan layar. Saat pelaksanaan melayang pada tepi, jarak sebentar & iPad akan beralih ke layar berikutnya. Kamu dapat mengarahkan aplikasi ke tepi kiri layar buat kembali ke layar awal. Setelah engkau berada di layar baru, cukup pindahkan pelaksanaan ke posisi yang kamu inginkan & jatuhkan menggunakan mengangkat jari kamu.

Ketika kamu selesai memindahkan aplikasi, klik tombol Home untuk keluar dari "move state" dan iPad akan kembali normal.

Pelajaran Tiga : Membuat Folder

Kamu tidak perlu bergantung pada halaman ikon aplikasi untuk mengatur tampilan iPad kamu. Kamu juga dapat membuat folder, yang dapat memuat beberapa ikon tanpa mengambil banyak ruang di layar dan tentunya membuat aplikasi tersusun dengan rapi.

Kamu dapat menciptakan folder di iPad dengan cara yang sama seperti kamu memindahkan ikon aplikasi. Cukup ketuk & tahan sampai seluruh ikon bergetar. Selanjutnya, alih-alih menyeret ikon di antara 2 pelaksanaan, engkau wajib menempatkannya sempurna pada atas ikon pelaksanaan lain.

Ketika engkau memegang aplikasi eksklusif pada atas aplikasi lain, tombol melingkar abu-abu di sudut kiri atas aplikasi menghilang & pelaksanaan menjadi disorot. Kamu bisa menjatuhkan aplikasi pada titik ini buat menciptakan folder, atau kamu dapat terus melayang pada atas pelaksanaan dan kamu akan ada pada folder baru.

Coba ini dengan aplikasi Camera. Ambil dengan memegang jari di atasnya, dan ketika ikon mulai gemetar, gerakkan jari kamu (dengan tetap 'menahan' aplikasi Camera ke sana) sampai kamu melayang di atas ikon Photo Booth. Perhatikan bahwa ikon Photo Booth sekarang disorot, yang berarti kamu siap untuk 'menjatuhkan' aplikasi Camera dengan mengangkat jari kamu dari layar.

Ini menciptakan folder. IPad akan mencoba buat memberi nama folder secara cerdas, & umumnya, itu melakukan pekerjaan yang cukup baik. Namun apabila engkau nir suka namanya, engkau bisa menaruh nama spesifik pada folder tadi dengan menyentuh nama yg diberikan iPad dan mengetik apa pun yang engkau inginkan.

Pelajaran Empat: Docking Aplikasi

Selanjutnya, mari letakkan ikon di dock di bagian bawah layar. Di iPad baru, dock ini menampung empat ikon, tetapi kamu benar-benar dapat memasang hingga enam ikon di atasnya. Kamu bahkan dapat meletakkan folder di dock.

Mari pindahkan ikon Settings ke dock dengan mengetuk ikon Settings dan membiarkan jari kita di atasnya sampai semua ikon bergetar. Sama seperti sebelumnya, "seret" ikon di layar, tetapi alih-alih menjatuhkannya di aplikasi lain, kami akan meletakkannya di dockk. Perhatikan bagaimana semua aplikasi lain di dock pindah untuk memberi ruang untuk itu? Ini menandakan bahwa kamu siap untuk menjatuhkan aplikasi.

Belum paham? Luangkan waktu untuk menonton video dari Apple Support mengenai cara menavigasi iPad dengan gesture berikut ini:

Post a Comment

Previous Post Next Post