Pengaturan Wi-Fi yang abu-abu dan tidak dapat disentuh paling sering dilaporkan oleh pengguna iPhone 4S, tetapi juga dapat memengaruhi iPhone yang lebih baru. Bahkan, iPhone atau iPad apa pun yang mengupdate ke versi iOS yang lebih baru dapat mengalami bug apa pun--kebanyakan biasanya hanya keluar sebelum dirilis ke publik.

Penting buat mengetahui bahwasanya update iOS itu penting karena memberikan pembaruan keamanan & menambahkan fitur baru ke perangkat kamu. Jadi, jangan risi tentang update software yg mengakibatkan masalah; mereka bukanlah hal yang generik & engkau wajib mengupdate ponsel engkau waktu aplikasi baru dirilis.

Opsi 1: Pastikan Airplane Mode Mati

Ya, kedengarannya konyol, tetapi sebelum kamu melakukan sesuatu yang lebih drastis, pastikan Airplane Mode tidak dihidupkan. Airplane Mode merupakan fitur yang menonaktifkan Wi-Fi (dan jaringan seluler) karena dirancang untuk memungkinkan kamu menggunakan ponsel kamu di pesawat--di mana, dalam beberapa kasus, komunikasi wireless keluar tidak diizinkan.

Cara termudah buat melihat apakah Airplane Mode aktif merupakan membuka Control Center dengan menggesek ke atas berdasarkan bagian bawah layar (atau turun berdasarkan kanan atas dalam iPhone X). Jika ikon pesawat aktif, ketuk buat mematikan Airplane Mode dan kasus kamu harusnya bisa dipecahkan. Apabila tidak aktif, sesuatu yg lain sedang terjadi & engkau wajib melanjutkan ke langkah berikutnya.

Opsi 2: Update iOS

Masalah Wi-Fi biasanya disebabkan karena adanya sebuah bug, dan Apple biasanya tidak membiarkan bug yang mempengaruhi banyak pengguna bertahan terlalu lama. Karena itu, ada kemungkinan bahwa versi iOS yang lebih baru telah memperbaiki masalah dan dengan mengupgradenya akan mengembalikan Wi-Fi kamu.

Kamu dapat mengupgrade iPhone kamu pribadi pada ponsel itu sendiri atau menggunakan iTunes buat mengunduh & menginstal versi modern iOS. Ketika update terselesaikan & iPhone kamu telah dimulai ulang, periksa buat melihat apakah Wi-Fi berfungsi. Jika masih berwarna abu-abu, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Opsi 3: Reset Network Settings

Jika mengupgrade sistem operasi tidak membantu, masalahnya mungkin tidak ada pada OS kamu--mungkin ada dalam pengaturan kamu. Setiap iPhone menyimpan serangkaian pengaturan yang terkait dengan mengakses Wi-Fi dan jaringan seluler yang membantunya menjadi online. Pengaturan ini terkadang dapat menyebabkan masalah yang mengganggu konektivitas.

Sangat krusial buat mengetahui bahwa mereset network settings engkau berarti kamu akan kehilangan apa pun yg disimpan dalam pengaturan engkau saat ini. Ini bisa termasuk kata sandi Wi-Fi, koneksi Bluetooth, pengaturan VPN, dan banyak lagi. Meski hal tadi nir ideal, tetapi jika itu yg perlu engkau lakukan buat mendapatkan Wi-Fi berfungsi lagi, biarlah. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Settings.

  2. Ketuk General.

  3. Pergi ke bagian bawah layar dan pilih Reset.

  4. Pilih Reset Network Settings. Jika kamu memiliki passcode di ponsel kamu, kamu harus memasukkannya sebelum kamu bisa mereset.

  5. Jika ada sebuah peringatan muncul yang meminta kamu untuk mengkonfirmasi tindakan ini, ketuk saja opsi "Reset Network Setting" untuk melanjutkan.

Ketika ini terselesaikan, ponsel kamu akan otomatis direstart. Jadi, kamu nir perlu restart ponsel engkau secara manual.

Opsi 4: Atur Ulang Semua Pengaturan

Jika reset network settings tidak membantu, saatnya untuk mengambil langkah yang lebih drastis: mengatur ulang seluruh pengaturan ponsel kamu. Kamu mungkin tidak ingin mengambil langkah ini karena akan menghapus setiap pengaturan, preferensi, kata sandi, dan koneksi yang kamu tambahkan ke ponsel kamu sejak kamu mulai menggunakannya.

Mengatur ulang pengaturan iPhone engkau tidak akan menghapus pelaksanaan, musik, foto, dll. Tetapi, selalu disarankan buat membackup ponsel engkau buat berjaga-jaga bila ada yang keliru.

Tentu tidak menyenangkan harus membuat ulang seluruh pengaturan itu, tetapi mungkin diperlukan. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Settings.

  2. Ketuk General.

  3. Ketuk Reset di bagian paling bawah layar.

  4. Pilih Reset All Settings. Jika iPhone kamu dilindungi dengan passcode, kamu akan diminta untuk memasukkannya sekarang.

  5. Dalam peringatan yang muncul, konfirmasi bahwa kamu ingin melanjutkan.

Opsi 5: Restore ke Pengaturan Pabrik

Jika mengatur ulang seluruh pengaturan tidak berfungsi untuk memperbaiki masalah Wi-Fi iPhone kamu, inilah waktunya untuk opsi yang sangat drastis: merestore ke pengaturan pabrik. Tidak seperti restart sederhana, reset ke pengaturan default pabrik adalah proses dimana kamu akan menghapus seluruh konten atau informasi lainnya yang ada di iPhone kamu dan mengembalikannya persis seperti baru lagi.

Ini kentara adalah pilihan terakhir, tetapi terkadang memulai menurut nol adalah hal yang perlu kamu lakukan buat merampungkan masalah serius. Ikuti langkah ini:

  1. Sebelum mulai, sinkronkan ponsel kamu ke iTunes atau iCloud untuk memastikan kamu memiliki backup seluruh konten ponsel kamu.

  2. Buka aplikasi Settings.

  3. Ketuk General.

  4. Geser ke bawah dan ketuk Reset.

  5. Ketuk Erase All Content and Settings.

  6. Jika kamu membackup iPhone kamu ke iCloud, kamu akan mendapatkan pesan untuk Backup, lalu Erase, atau Erase Now. Pilih yang kamu sukai, tapi ingat Backup sangat penting.

  7. Dalam pesan peringatan yang muncul, ketuk Erase Now atau Erase Phone (tombol berubah tergantung pada versi iOS iphone kamu). Ponsel kamu akan memerlukan satu atau dua menit untuk menghapus seluruh datanya.

Setelah itu selesai, kamu harus mengaktivasi ponsel kamu lagi dan kemudian memeriksa untuk melihat apakah Wi-Fi berfungsi. Jika ya, masalah kamu terpecahkan dan kamu dapat menyinkronkan seluruh konten ke ponsel kamu sekali lagi. Jika masih tidak berfungsi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Opsi 6: Bawa ke Services Center Resmi

Jika seluruh upaya ini belum menyelesaikan masalah Wi-Fi di iPhone kamu, mungkin ini bukan disebabkan oleh software. Sebaliknya, mungkin ada yang salah dengan hardware Wi-Fi di ponsel kamu.

Cara terbaik untuk mengetahui apa masalah yang terjadi sebenarnya, & buat memperbaikinya, adalah dengan membawa ponsel kamu ke Apple Store atau services center resmi & minta mereka menilik ponsel engkau .

Opsi 7: Melakukan Sesuatu yang Gila (Tidak Direkomendasikan)

Kamu mungkin pernah membaca beberapa artikel lain tentang memecahkan masalah Wi-Fi ini, salah satu rekomendasi perbaikannya: meletakkan iPhone kamu di lemari pendingin. Meskipun beberapa orang melaporkan bahwa ini memecahkan masalah mereka tetapi kami tidak merekomendasikannya.

Suhu yang sangat dingin dapat merusak iPhone kamu dan memasukkannya ke pada lemari pendingin dapat membatalkan garansi. Coba opsi ini apabila engkau merupakan seseorang yg selalu merogoh risiko, tetapi kami sangat menyarankan buat tidak melakukannya kecuali kamu bersedia menghambat iPhone kamu pada proses mencoba memperbaikinya.

Post a Comment

Previous Post Next Post