Untuk melakukan hal tersebut, kamu perlu Find My iPhone, layanan gratis yang merupakan bagian dari iCloud, yang menggunakan GPS dan koneksi Internet ponsel kamu untuk membantu kamu menemukannya di peta dan melakukan tindakan tertentu. Tidak seorang pun mungkin membutuhkan artikel in, akan tetapi jika kamu mengalami kejadian tersebut, petunjuk ini akan membantu kamu menggunakan Find My iPhone untuk menemukan iPhone yang hilang atau dicuri.

Cara Menggunakan Find My iPhone buat Melacak atau Menghapus iPhone Kamu

Seperti yang telah disebutkan, kamu harus memiliki layanan Find My iPhone yang dipasang di perangkat kamu sebelum dicuri. Jika kamu melakukannya, buka https://www.icloud.com/ di browser web.

Ada jua pelaksanaan Find My iPhone (link yg membuka iTunes) yang dapat kamu install pada perangkat iOS lain buat melacak ponsel yg hilang atau dicuri. Tetapi, pada artikel ini hanya mencakup penggunaan alat berbasis web, meskipun memakai aplikasi ini seperti. Jika iPhone atau iPod touch kamu (atau iPad atau Mac) hilang, ikuti langkah-langkah ini buat mencoba mengembalikannya:

  1. Login ke iCloud menggunakan akun yang kamu gunakan saat menyiapkan Find My iPhone. Biasanya ini akun Apple ID/iTunes kamu.

  2. Klik Find iPhone di bawah alat berbasis web yang ditawarkan oleh iCloud. Find MY iPhone akan segera mulai mencoba menemukan semua perangkat yang kamu aktifkan. Kamu akan melihat pesan di layar saat berfungsi.

  3. Jika kamu memiliki lebih dari satu perangkat yang diatur untuk Find My iPhone, klik All Devices di bagian atas layar dan pilih perangkat yang kamu cari.

  4. Setelah kamu memilih perangkat yang ingin dicari, Find My iPhone akan memperbesar peta dan menunjukkan lokasi perangkat menggunakan titik hijau. Ketika ini terjadi, kamu dapat memperbesar atau memperkecil peta, dan melihatnya dalam mode standar, satelit, dan hibrida, seperti di Google Maps. Ketika perangkat kamu ditemukan, sebuah jendela muncul di sudut kanan browser web kamu. Ini memungkinkan kamu mengetahui berapa banyak baterai yang dimiliki ponsel kamu dan menawarkan beberapa opsi.

  5. Klik Play Sound. Ini adalah opsi pertama karena mengirim suara ke perangkat adalah pilihan yang terbaik saat kamu merasa kehilangan perangkat di sekitar dan ingin membantu menemukannya.

  6. Kamu juga dapat mengklik Lost Mode. Ini memungkinkan kamu untuk mengunci layar perangkat dari jarak jauh dan menetapkan passcode (meskipun sebelumnya kamu belum membuat passcode). Ini akan mencegah pencuri menggunakan perangkat kamu atau mengakses data pribadi kamu.

    Setelah kamu mengklik tombol Lost Mode, masukkan passcode yang ingin kamu gunakan. Jika kamu sudah memiliki passcode di perangkat, kode itu akan digunakan. Kamu juga dapat memasukkan nomor telepon di mana orang yang memiliki perangkat dapat menghubungi kamu (ini opsional; kamu mungkin tidak ingin membagikan informasi ini jika dicuri). Kamu juga memiliki pilihan untuk menulis pesan yang ditampilkan di layar perangkat.

  7. Jika kamu merasa tidak akan mendapatkan ponsel kamu kembali, kamu dapat menghapus semua data dari perangkat. Untuk melakukan ini, klik tombol Erase. Kamu akan melihat peringatan (pada dasarnya, jangan lakukan ini kecuali kamu benar-benar yakin ingin melakukannya). Klik kotak yang mengatakan bahwa kamu mengerti apa yang kamu lakukan dan klik Erase. Ini akan menghapus semua data di ponsel kamu, mencegah pencuri mengaksesnya.

    Jika perangkat kamu kembali nantinya, kamu dapat merestorenya data dari backup.

  8. Jika perangkat kamu sedang bergerak, klik titik hijau yang mewakili ponsel kamu dan kemudian klik tanda panah bulat di jendela pop-up. Ini memperbarui lokasi perangkat menggunakan data GPS terbaru.

Apa yg Harus Dilakukan Jika iPhone Kamu Offline

Bahkan jika Find My iPhone telah diatur, perangkat kamu mungkin tidak muncul di peta. Alasan kenapa hal ini bisa terjadi karena perangkat itu:

  • Dimatikan atau kehabisan baterai
  • Tidak terhubung ke Internet
  • Layanan Lokasi dinonaktifkan.

Jika Find My iPhone tidak berfungsi karena alasan apapun, kamu memiliki beberapa opsi:

  • Centang kotak Notify Me When Found. Find My iPhone akan memberi tahu kamu kapan perangkat kamu terhubung ke Internet sehingga kamu dapat menemukannya.
  • Tiga pilihan - Play Sound, Lost Mode, dan Erase - tersedia. Gunakan mana saja yang kamu inginkan dan pada saat perangkat terhubung ke Internet, opsi yang kamu pilih akan terjadi.
  • Pilih Remove from Account jika kamu telah menjual atau memberikan perangkat dan tidak ingin itu muncul di Find My iPhone lagi.

Post a Comment

Previous Post Next Post