Notification Center pada Lock Screen

Notification Center adalah tempat dimana kamu bisa menemukan push notifications yang dikirim oleh aplikasi. Notifikasi ini bisa berupa pesan teks, peringatan tentang pesan suara baru, pengingat acara mendatang, undangan untuk bermain game, atau, tergantung pada aplikasi yang kamu pasang, berita atau skor olahraga dan penawaran kupon diskon.

Cara Akses Notification Center pada iPhone

Kamu dapat mengakses Notification Center dari mana saja di iPhone: dari home screen, lock screen, atau dari dalam aplikasi apa pun.

Untuk mengaksesnya, cukup geser ke bawah dari bagian atas layar perangkat kamu.  Kalau kamu mengalami kesulitan, coba mulai gesek di area di sebelah speaker/kamera dan geser ke bawah layar.

Untuk menyembunyikan Notification Center, relatif membalik gerakan gesek: gesek menurut bagian bawah layar ke atas. Kamu jua bisa mengklik tombol Home ketika Notification Center terbuka buat menyembunyikannya.

Cara Memilih Yang Muncul pada Notification Center

Lansiran yang muncul di Notification Center dikendalikan oleh pengaturan push notification kamu. Ini adalah pengaturan yang kamu konfigurasikan berdasarkan aplikasi demi aplikasi dan menentukan aplikasi mana yang dapat mengirimi kamu peringatan dan gaya lansiran apa. Kamu juga dapat mengonfigurasikan aplikasi mana yang memiliki peringatan yang dapat muncul di lockscreen dan peringatan yang mengharuskan kamu membuka kunci ponsel kamu untuk melihat (yang merupakan fitur privasi pintar, jika itu penting bagi kamu).

Notification pada Layar 3D Touch

Pada perangkat dengan layar 3D Touch — hanya model seri iPhone 6S dan 7, hingga tulisan ini dibuat — Notification Center bahkan jauh lebih berguna. Cukup tekan notifikasi apa pun dan akan memunculkan sebuah jendela baru. Untuk aplikasi yang mendukungnya, jendela itu akan menyertakan opsi untuk berinteraksi dengan notifikasi tanpa membuka aplikasi itu sendiri. Sebagai contoh:

  • Twitter — menekan notifikasi suatu tweet memungkinkan Anda membalas atau menyukai tweet tersebut
  • Mail — buang email atau tandai sebagai sudah dibaca
  • Pesan — membalas teks langsung dari Notification Center.

Menghapus Notifikasi

Jika kamu ingin menghapus peringatan dari Notification Center, kamu memiliki dua opsi:

  • Geser ke kanan ke kiri melintasi satu notifikasi dan ketuk tombol Clear
  • Ketuk ikon X di atas grup notifikasi, lalu ketuk tombol Clear, untuk menghapus semua notifikasi dari hari tertentu.

Tampilan Widget pada Notification Center iPhone

Ada layar kedua, bahkan lebih berguna di Notification Center: layar Widget.

Aplikasi sekarang dapat mendukung apa yang diklaim widget Notification Center ? Dalam dasarnya versi mini dari pelaksanaan yang hidup di Notification Center & memberikan keterangan & fungsionalitas terbatas berdasarkan pelaksanaan. Mereka merupakan cara yg rupawan untuk memberikan lebih banyak keterangan dan opsi kegiatan tanpa wajib membuka pelaksanaan itu sendiri.

Untuk mengakses tampilan ini, tarik Notification Center ke bawah kemudian geser ke kiri ke kanan. Di sini, kamu akan melihat hari & lepas dan mendatang, tergantung pada versi iOS apa yang kamu jalankan, baik beberapa opsi bawaan atau widget kamu.

Di iOS 10, kamu akan melihat widget apa pun yg sudah kamu konfigurasi. Di iOS 7-9, engkau akan melihat widget dan beberapa fitur bawaan, termasuk:

  • Hari/Tanggal/Cuaca—Hari dalam minggu dan bulan dan tanggal, diikuti oleh ramalan cuaca untuk wilayah kamu (ini mengasumsikan kamu mengaktifkan GPS untuk memungkinkan perangkat kamu mengetahui di mana kamu berada).
  • Acara Hari— Setelah bagian itu, kamu akan melihat kalender acara untuk hari itu. Acara hanya akan ditampilkan jika kamu menggunakan aplikasi Calendar iOS bawaan. Aplikasi calendar pihak ketiga tidak diizinkan untuk menampilkan acara di sana saat tulisan ini dibuat. Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang suatu acara, ketuk itu dan kamu akan dibawa ke aplikasi Calendar.
  • Acara Besok — Kamu juga akan mendapatkan pratinjau besok, dengan daftar berapa banyak acara yang kamu miliki dan kapan acara pertama dijadwalkan untuk dimulai.

Menambahkan Widget ke Notification Center

Untuk menjadikan Notification Center lebih bermanfaat, kamu harus menambahkan widget padanya.

Post a Comment

Previous Post Next Post