Untungnya, terdapat fitur pencarian yg masuk ke iOS bernama 'Spotlight'. Fitur ini memungkinkan engkau buat dengan mudah menemukan & menggunakan konten di iPhone yang sinkron menggunakan pencarian kamu yang diurutkan berdasarkan pelaksanaan milik mereka. Begini cara menggunakannya.

Mengakses 'Spotlight'

DiiOS 7 dan versi di atasnya, kamu dapat mengakses 'Spotlight' dengan membuka home screen kamu (Spotlight tidak berfungsi jika kamu sudah berada di dalam aplikasi) dan menggesek layar tengah (berhati-hatilah untuk tidak menggesek dari bagian paling atas dari layar, yang akan menampilkan Notification Center). Bilah Spotlight search akan turun dari bagian atas layar. Ketik konten yang kamu cari dan hasilnya akan muncul di layar.

Pada iPhone yang menjalankan versi IOS sebelumnya, untuk sampai ke 'Spotlight' sangat jauh berbeda. Pada perangkat tersebut, ada kaca pembesar kecil di atas dock dan di samping titik-titik yang menunjukkan jumlah halaman di telepon. Kamu bisa membuka jendela 'Spotlight' Search dengan mengetuk kaca pembesar itu, tapi kecil sekali, sehingga untuk mengetuknya dengan akurat bisa sangat sulit. Lebih mudah menggesek layar dari kiri ke kanan (sama seperti yang kamu lakukan untuk berpindah antar halaman aplikasi). Melakukan hal itu menampilkan sebuah kotak di bagian atas layar berlabel "Search iPhone" dan keyboard di bawahnya.

Hasil Pencarian 'Spotlight'

Hasil pencarian di Spotlight diurutkan berdasarkan aplikasi yang menyimpan data yang ditampilkan. Artinya, jika satu hasil pencarian adalah sebuah email, maka itu akan tercantum di bawah judul Mail, sementara hasil pencarian di aplikasi Musik akan muncul di bawahnya.

Jika kamu menemukan hasil yg kamu cari, ketuk untuk dibawa masuk ke sana.

Pengaturan 'Spotlight'

Kamu juga bisa mengontrol jenis data yang dicari Spotlight di ponsel kamu dengan mengurutkan urutan hasil yang akan ditampilkan. Untuk melakukan itu di iOS 7 dan ke atas:

  • Ketuk Settings.
  • Ketuk General.
  • Ketuk Spotlight Search.
  • Di layar Spotlight Search, kamu akan melihat daftar semua aplikasi yang dikunjungi Spotlight.
Jika kamu tidak ingin mencari jenis data tertentu, cukup ketuk untuk menghapusnya.

Layar ini pula menampakan urutan hasil pencarian yang akan ditampilkan. Apabila engkau ingin membarui ini (bila kamu lebih tak jarang mencari musik daripada hubungan, contohnya), ketuk dan tahan ikon 3 garis di sebelah item yang ingin engkau pindahkan. Ini akan menyoroti & menjadi berkiprah. Seret ke posisi barunya dan abaikan saja.

Tempat Lain untuk Menemukan Tools Pencarian di iOS

Ada tools pencarian lainnya yang dibuat di beberapa aplikasi yang juga disertakan dengan iOS.

  • Aplikasi Mail - ada di bagian atas layar di setiap mailbox. Cukup seret jendela mailbox ke bawah untuk menampilkannya. Ini hanya mencari email di kotak masuk tersebut.
  • Aplikasi Music - juga disembunyikan di bagian atas daftar lagu, artis, dll. Tarik layar ke bawah untuk membukanya dan cari perpustakaan musik kamu.
  • Aplikasi Messages - pada layar yang berisi daftar semua percakapan Pesan kamu, bilah pencarian di bagian atas memungkinkan kamu mencari teks percakapan untuk menemukan di mana istilah yang telah dibahas.
  • Aplikasi Contacts & Phone - tersembunyi di bagian atas daftar kontak di iOS 3-6, selalu hadir di iOS 7 dan ke atas.
  • Aplikasi Notes - Kamu tidak akan pernah menduga di mana tempat pencarian berada (petunjuk: di bagian atas).

Nah, setelah membaca artikel ini kamu jadi lebih tau dong tentang fitur spotlight search di iPhone dan cara menggunakannya. Ada yang sudah pernah mencobanya?

Post a Comment

Previous Post Next Post