√ Cara Menghubungkan Perangkat Android Kamu ke WiFi - Biaya Pendidikan

Cara Menghubungkan Perangkat Android Kamu ke WiFi

Catatan: Langkah di sini khusus untuk Android 7.0 Nougat. Versi Android lainnya mungkin sedikit agak berbeda.

Menemukan Jaringan SSID dan Password

Sebelum kamu dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi, kamu memerlukan nama jaringan (SSID) yang ingin kamu hubungkan dan password yang mengamankannya, jika ada. Jika kamu mengatur atau menghubungkan ke jaringan asal kamu, kamu biasanya dapat menemukan SSID default dan kata kunci atau kunci jaringan yang tercetak di bagian bawah router nirkabel.

apabila engkau memakai jaringan selain milik kamu sendiri, kamu perlu meminta nama jaringan dan password.

Pindai Jaringan WiFi

1. Akses pengaturan WiFi, dengan menggunakan salah satu dari metode berikut:

  • Gesek ke bawah dari kanan atas layar kamu untuk melihat bilah menu pengaturan dasar, pilih panah bawah untuk membuka pengaturan tambahan, dan ketuk ikon jaringan WiFi (menyerupai irisan seperti sepotong kue), atau
  • Ketuk ikon Pengaturan (menyerupai roda gigi) di beranda kamu, dan pilih WiFi dari bagian Nirkabel & Jaringan.
  • Salah satu dari metode ini meluncurkan dialog Pengaturan WiFi. Perhatikan bahwa dialog ini dapat disebut "WLAN" pada beberapa perangkat, bukan "WiFi".

2. Balikkan WiFi jika tidak aktif, gunakan tombol toggle ke kanan. Setelah diaktifkan, perangkat akan secara otomatis memindai jaringan WiFi yang tersedia dalam jangkauan dan menampilkannya sebagai daftar.

Sambungkan ke Jaringan

Pindai daftar jaringan yang tersedia untuk jaringan yang kamu inginkan.

Peringatan: Jaringan dengan ikon kunci menandakan yang memerlukan password. Jika kamu tahu passwordnya, ini adalah jaringan pilihan yang akan digunakan. Jaringan yang tidak aman (seperti di kedai kopi, beberapa hotel atau ruang publik lainnya) tidak memiliki ikon kunci. Jika kamu menggunakan salah satu jaringan ini, koneksi kamu bisa dilanggar, jadi pastikan untuk menghindari melakukan penjelajahan atau aktivitas pribadi, seperti masuk ke rekening bank atau akun pribadi lainnya.

Perkiraan kekuatan sinyal jaringan juga ditampilkan, sebagai bagian dari ikon pie-wedge WiFi: semakin gelap warna ikon yang ada (yaitu, semakin banyak baji diisi dengan warna), semakin kuat sinyal jaringan.

Ketuk nama jaringan WiFi yang kamu inginkan.

  • Jika kamu tidak pernah terhubung ke jaringan ini, sebuah dialog terbuka saat kamu memasukkan password, lalu klik Sambungkan.
  • Jika sebelumnya kamu telah terhubung ke jaringan ini, dialog pop-up akan ditampilkan di mana kamu memilih Lupakan, Batal, atau Sambung. Jika kamu memilih "Lupakan," Android membuang informasi masuk kamu dari sesi sebelumnya.
Jika kamu memasukkan password dengan benar, dialog ditutup dan SSID yang kamu pilih menampilkan "Mendapatkan Alamat IP" dan kemudian "Terhubung."

Setelah terhubung, ikon WiFi kecil muncul di bilah status di kanan atas layar.

Menghubungkan Dengan WPS (WiFi Protected Setup)

WiFi Protected Setup (WPS) memungkinkan kamu bergabung dengan jaringan WiFi yang aman tanpa memasukkan nama jaringan dan password. Ini adalah metode koneksi yang sangat tidak aman dan terutama ditujukan untuk koneksi perangkat-ke-perangkat, seperti menghubungkan printer jaringan ke perangkat Android kamu.

Untuk mengatur WPS:

1. Konfigurasi router untuk WPS

Router kamu awalnya perlu dikonfigurasi untuk mendukung WPS, biasanya melalui tombol pada router berlabel WPS. Untuk base station Apple AirPort, atur WPS menggunakan AirPort Utility di komputer ku.

2. Konfigurasi perangkat Android kamu untuk menggunakan WPS

Perangkat Android dapat terhubung menggunakan metode PIN WPS Push atau WPS, tergantung pada kebutuhan router kamu. Metode PIN mengharuskan kamu memasukkan PIN delapan digit untuk menghubungkan dua perangkat. Metode Push Button mengharuskan kamu menekan tombol pada router saat mencoba menyambung. Ini adalah pilihan yang lebih aman namun mengharuskan kamu berada di dekat router kamu secara fisik.

Peringatan: Beberapa pakar keamanan merekomendasikan untuk menonaktifkan WPS di router kamu sepenuhnya, atau setidaknya menggunakan metode Push Button.

  • Arahkan ke halaman pengaturan WiFi kamu.
  • Pilih ikon opsi tiga tombol di kanan atas, dan pilih Lanjutan.
  • Pilih WPS Push Button atau WPS Pin Entry, tergantung pada instruksi router kamu.

Cek Koneksi WiFi Kamu

Bila perangkat kamu memiliki koneksi WiFi terbuka, kamu dapat melihat rincian tentang sambungan, termasuk kekuatan sinyal, kecepatan link (yaitu kecepatan transfer data), frekuensi koneksi aktif, dan jenis keamanannya. Untuk melihat rincian ini:

1. Buka pengaturan WiFi.

2. Sentuh pengaturan (ikon cog), dan gunakan toggle pada Pemberitahuan Jaringan untuk mengaktifkan atau mematikan fitur ini.

Selama WiFi diaktifkan (meskipun tidak terhubung), kamu sekarang akan diberi tahu setiap kali perangkat mendeteksi sinyal jaringan terbuka yang ada.

Get notifications from this blog