Cara Mengunci Aplikasi Pihak Pertama pada iOS

iOS tidak memiliki fitur system-level yang memungkinkan penguncian aplikasi secara individual sehingga, saat ini, jumlah aplikasi yang anda dapat menguncinya secara individual tetap terbatas. Namun, ada sejumlah solusi dan perbaikan yang dapat anda gunakan, dan sementara beberapa di antaranya tidak secara langsung mengunci aplikasi individu, mereka menghasilkan banyak efek yang sama.

Instruksi buat iOS 12 & Versi Di Atasnya

  1. Ketuk Settings.

  2. Ketuk Screen Time

  3. Pilih Content & Privacy Restrictions

  4. Ketuk Allowed Apps.

  5. Alihkan semua penggeser hijau ke OFF untuk aplikasi yang tidak ingin kamu gunakan.

  • Ketuk tombol Back atau geser ke atas untuk membuka Home screen.

  • Instruksi untuk iOS 11 dan Versi Di Bawahnya

    Salah satu metode penguncian aplikasi sederhana yang berfungsi untuk semua iPhone — tetapi hanya berfungsi dengan aplikasi Apple pihak pertama — melibatkan penggunaan Pembatasan. Aplikasi pihak pertama adalah aplikasi yang dibuat Apple (tidak seperti pembuat software lain):

    Buka Settings > General. Lalu gulir ke bawah dan ketuk Restrictions > Enable Restrictions.

    Setelah diminta, masukkan Passcode baru dan kemudian masukkan lagi untuk mengonfirmasi. Catat dan simpan kalau perlu.

    Setelah mengaktifkan batasan dan memasukkan Passcode baru, anda kemudian akan disajikan dengan berbagai opsi. Pertama, di bawah subjudul ALLOW, anda akan memiliki opsi untuk menolak serangkaian aplikasi pihak pertama, seperti Safari, Siri, dan FaceTime. Ini tidak termasuk aplikasi yang sudah kamu unduh (lihat di bawah), tetapi dengan menggeser ikon penggeser hijau ke posisi mati, anda dapat menghentikan aplikasi yang dilarang muncul di Home screen. Dengan kata lain, ini bukan metode penguncian aplikasi seperti metode penghapusan aplikasi sementara, karena aplikasi yang anda 'kunci' dengan cara ini tidak akan dapat diakses bahkan oleh anda sampai anda mengizinkannya kembali.

    Dengan menggulir ke subpos ALLOWED CONTENT, anda juga dapat mengatur kontrol orangtua pada jenis konten/media yang dapat dilihat seseorang di ponsel anda. Selain itu, anda dapat menggunakan subpos PRIVACY untuk mencegah perubahan yang dilakukan pada berbagai pengaturan privasi anda, dan menggunakan subpos ALLOW CHANGES untuk membekukan berbagai opsi lain-lain, seperti Batas Volume anda.

    Tetapkan Batas Waktu untuk Aplikasi

    Anda juga dapat mengatur batas waktu untuk aplikasi anda, yang mirip seperti mengunci aplikasi dari penggunaan anda sendiri.

    Adapun cara melakukannya, buka Settings > Screen Time > App Limits > Add Limit.

    Setelah anda melihat daftar aplikasi, anda bisa membuat keputusan untuk membatasi akses.

    Ketuk tombol kotak centang di sebelah kiri kategori aplikasi (seperti Sosial Networking) yang ingin anda batasi.

    Pilih time limit untuk penggunaan kategori aplikasi itu (mis., 1 jam). Anda juga dapat menyesuaikan hari di mana anda ingin pembatasan ini diterapkan. Ketuk tombol Add untuk menyimpan pengaturan.

    Password App Lock: Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Menggunakan Guided Access

    Guided Access adalah sesuatu dari opsi kunci aplikasi 'sepenuhnya', karena itu secara efektif mencegah anda meninggalkan aplikasi yang sedang anda gunakan. Tetap saja, ini bisa berguna kalau anak anda ingin menggunakan aplikasi tertentu di ponsel anda, tetapi anda khawatir dia akan pergi ke tempat lain.

    1. Buka Settings di Home screen iPhone

    2. Ketuk General

    3. Ketuk Accessibility

    4. Gulir ke bawah dan ketuk Guided Access

    5. Geser tombol penggeser Guided Acces ke posisi On hijau

    6. Ketuk Passcode Settings dan kemudian ketuk Set Guided Access Passcode.

  • Masukkan Passcode baru dan kemudian masukan lagi untuk konfirmasi. Anda juga dapat mengaktifkan Face ID di layar ini.

  • Setelah anda mengaktifkan Guided Access dan mengatur Passcode anda, anda  kemudian dapat menggunakan fitur ini dengan membuka aplikasi apa saja dan menekan tombol Home tiga kali setelah aplikasi dimulai.

    Pengguna iPhone X harus menekan tombol Side tiga kali.

    Melakukan hal ini akan memunculkan layar untuk mulai Guided Access, yang memungkinkan anda menggambar lingkaran di sekitar area layar yang ingin anda nonaktifkan (anda dapat mengaturnya untuk menutupi seluruh layar atau tidak sama sekali). Atau, anda dapat mengklik tombol Options di sudut kanan bawah layar, yang dapat digunakan untuk menonaktifkan semuanya dari Tombol Volume hingga touchscreen, dan untuk menetapkan batas waktu pada sesi Guided Access (hingga 24 jam).

    Dan terakhir, kalau anda memiliki iPhone yang mendukung Touch ID, anda dapat menggunakan Touch ID untuk mengakhiri sesi Guided Access, alih-alih passcode. Untuk mengaktifkan ini, anda hanya perlu mengikuti langkah 1-5 di atas, tetapi kemudian pada langkah 6, setelah mengetuk Passcode Settings, anda mengaktifkan Touch ID ke posisi ON.

    App Lock Fingerprint : Cara Menggunakan Touch ID untuk Mengunci Aplikasi yang Kompatibel (di iPhone 5S ke iPhone 8)

    Dan berbicara tentang Touch ID, dimungkinkan untuk mengunci sejumlah aplikasi yang kompatibel menggunakan fitur keamanan berbasis fingerprint (yang tersedia di iPhone 5S hingga iPhone 8 dan 8 Plus). Inilah yang harus anda lakukan untuk mengunci Apple Pay, iTunes dan App Store menggunakan fitur ini:

    1. Buka Settings di Home screen iPhone

    2. Ketuk Touch ID & Passcode

    3. Masukkan Passcode anda

    Anda kemudian dapat menggeser penggeser ke posisi On hijau untuk aplikasi yang ingin anda kunci menggunakan Touch ID. Perlu dicatat bahwa jika anda belum mengatur Touch ID, anda akan diminta untuk melakukannya ketika mengaktifkan salah satu opsi yang tersedia.

    Namun di atas hanya mencakup Apple Pay, iTunes dan App Store. Menggunakan Touch ID untuk mengunci aplikasi yang anda unduh dari App Store membutuhkan proses yang berbeda, dan pada kenyataannya banyak aplikasi populer (mis. Facebook, Instagram, Line, Whatsapp) tidak mengaktifkan proses ini, artinya anda tidak dapat menguncinya secara individual.

    Namun, ada semakin banyak aplikasi yang menawarkan pengguna opsi untuk menguncinya menggunakan Touch ID, sementara jumlah yang lebih kecil juga menawarkan opsi untuk menguncinya menggunakan passcode kuno. Secara umum, melakukan ini memerlukan yang berikut:

    1. Buka aplikasi yang kompatibel dengan Touch ID.

    2. Buka Pengaturan aplikasinya.

    3. Ketuk Preferensi, atau opsi serupa.

    4. Ketuk satu opsi terakhir, yang dalam hal aplikasi yang saya gunakan — Momento — disebut Lock (tetapi dalam kasus lain dapat disebut Passcode & Touch ID).

    Anda juga dapat mengikuti langkah 1-3 untuk mengetahui apakah aplikasi yang diinginkan memungkinkan penggunanya untuk menguncinya.

    Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

    Ada satu opsi terakhir kalau anda ingin mengunci aplikasi anda secara langsung, dan itu melibatkan penggunaan aplikasi pihak ketiga.

    Dalam satu hal, ini adalah opsi terbaik untuk mengunci aplikasi, karena ada sejumlah aplikasi yang, dengan satu atau lain cara, memungkinkan Anda memblokir akses ke setiap aplikasi di iPhone menggunakan passcode (atau biometric ID). Namun, dari sudut lain, ini juga merupakan opsi kunci aplikasi terburuk untuk iPhone, karena untuk menggunakan aplikasi ini, iPhone anda harus di-jailbreak, sesuatu yang memungkinkan anda melewati batasan yang diberlakukan Apple pada smartphonenya (tetapi juga dapat menciptakan kerentanan keamanan dan masalah kinerja).Kami tidak menyarankan jailbreak perangkat iOS anda.

    Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga populer yang memungkinkan anda mengunci aplikasi lain termasuk BioProtect, Locktopus, dan AppLocker. Semua ini dapat diunduh dan diinstal menggunakan platform Cydia, yang merupakan rumah bagi aplikasi yang dirancang khusus untuk iPhone yang sudah di-jailbreak.

    Dalam kasus BioProtect, untuk mengambil satu contoh, setelah aplikasi diunduh, anda dapat mengunci aplikasi tertentu dengan masuk ke Settings > Applications di bawah subjudul Protected Items, dan kemudian beralih aplikasi yang ingin kamu kunci ke posisi On hijau.

    Post a Comment

    Previous Post Next Post