AirDrop pertama kali pada perkenalkan sang Apple di iOS 7. Dengan fitur ini, pengguna iPhone bisa membuatkan file misalnya foto, lagu, video, dokumen, dan banyak lagi secara wireless menggunakan sesama pengguna Apple Device lain misalnya iPad, iPod Touch, bahkan sampai Mac, yang terdapat di dekatnya.

  • IPhone 5 atau yang lebih baru, iPod touch generasi ke-5 atau yang lebih baru, iPad mini, atau iPad generasi ke-4 atau yang lebih baru
  • iOS 7 atau lebih tinggi
  • Mac dari tahun 2012 atau lebih baru
  • Mac menjalankan OS X Yosemite (10.10) atau lebih tinggi
  • Pengguna iOS atau Mac lain dengan perangkat yang kompatibel dengan AirDrop
  • Bluetooth dan Wi-FI dihidupkan
  • Orang yang ingin kamu ajak berkirim konten harus sudah mengatur AirDrop dan berada di sekitar kamu (AirDrop tidak berfungsi melalui internet)

Untuk menggunakan AirDrop, kamu harus memastikan pengaturan telah diatur menggunakan sahih, yang dapat kamu lakukan di aplikasi Settings.

  1. Buka aplikasi Setting
  2. Ketuk General
  3. Ketuk AirDrop

Kamu jua bisa mengaktifkan & menetapkan pilihan AirDrop di Control Center. Berikut caranya:

  1. Di iPhone X atau model lebih baru, swipe ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk membuka Control Center. Di iPhone 8 atau model lebih lama, swipe ke atas dari bagian bawah layar.
  2. Ketuk tombol AirDrop.
  3. Setelah kamu mengaktifkan AirDrop di iPhone kamu, kamu bisa pilih siapa saja yang dapat melihat perangkat kamu dan mengirimi kamu konten lewat AirDrop. Pilih salah satu pilihan berikut:
  • Tombol ini umumnya berada pada tengah, di samping tombol AirPlay Mirroring.
  • Receive Off:Menonaktifkan ponsel kamu dari menerima permintaan AirDrop, sehingga perangkat di sekitar tidak akan melihat ponsel kamu ketika mereka mencoba untuk berkirim file. Namun, kamu tetap dapat mengirim file ke orang lain.
  • Contacts Only: Memungkinkan kamu menggunakan AirDrop hanya dengan orang-orang yang ada di kontak kamu. Ini memberi kamu privasi tertinggi tetapi juga membatasi jumlah orang yang dapat berbagi file dengan kamu.
  • Everyone: Memungkinkan semua orang di sekitar kamu mencoba berbagi file dengan kamu melalui AirDrop.

Dengan AirDrop diaktifkan, kamu dapat menggunakannya untuk menyebarkan konten menurut pelaksanaan apa pun yang mendukungnya termasuk Photos, Notes, Safari, Contacts, Music, Maps, & lainnya. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi yang memiliki konten yang ingin kamu bagikan.
  2. Pilih file yang ingin kamu kirim lewat AirDrop.
  3. Ketuk tombol Share (ikon persegi panjang dengan panah yang keluar darinya).
  • Misalnya, buka aplikasi Photos built-in untuk berbagi foto atau video yang kamu simpan ke ponsel kamu.
  • Apabila aplikasi mendukungnya, AirDrop memungkinkan kamu mengirim banyak arsip sekaligus. Di pelaksanaan Photos, contohnya, pilih beberapa gambar atau video.

  • Ketuk pengguna Airdrop yang ingin engkau kirimi konten.
  • Cara Menerima atau Menolak Transfer AirDrop

    Penyelesaian Masalah AirDrop

    • Aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth: AirDrop mengharuskan kamu dan orang lain yang ingin kamu ajak berbagi konten mengaktifkan Wifi dan Bluetooth.
    • Nonaktifkan Personal Hotspot Kamu: Jika kamu menggunakan Personal Hotspot saat mencoba juga menggunakan AirDrop, nonaktifkan. AirDrop tidak bisa digunakan secara bersamaan dengan hotspot.
    • Merapatlah: Pastikan orang yang kamu kirimkan konten lewat AirDrop berada di sekitar serta dalam jangkauan Bluetooth dan Wi-Fi.

    Tetapi, apabila engkau telah menilik pengaturan tersebut, & begitu juga dengan pengguna lain, tetapi AirDrop masih tidak berfungsi, terdapat beberapa kiat pemecahan masalah yg dapat kamu coba.

    Jika AirDrop nir berfungsi, ada kemungkinan besar engkau tidak mengaktifkannya dari pengaturan (lihat item No. 1 pada atas), atau yg kamu miliki tetapi kamu hanya mengatur mengembangkan ke kontak, & seorang yg mencoba mengirimkan sesuatu kepada kamu tidak terdapat pada kitab hubungan kamu.

    Catatan: apabila engkau menyebarkan arsip dengan perangkat yg masuk menggunakan Apple ID yg sama dengan yg kamu gunakan buat masuk, kamu tidak akan mendapat pesan peringatan berisi konten dan pilihan Accept atau Decline. Lantaran ke 2 perangkat diasumsikan milik kamu sendiri, transfer diterima secara otomatis.

    Jika engkau mengetuk Decline, transfer dibatalkan & pengguna lain akan diberi tahu bahwa kamu menolak permintaan tersebut.

    Apabila engkau mengetuk Accept, konten akan disimpan ke perangkat kamu &/atau dibuka di pelaksanaan yg sesuai. Misalnya, engkau mendapat transfer gambar memakai AirDrop dari teman engkau , maka gambar tersebut akan disimpan ke pelaksanaan Photos ponsel kamu dan kemudian kamu sanggup membukanya pada pelaksanaan Photos, sedangkan jika konten yg dikirim ke kamu berupa URL page web akan dibuka pada browser Safari, dll.

    Ketika seseorang mengirim kamu konten lewat AirDrop, engkau akan melihat pesan peringatan berisi pratinjau konten. Kamu memiliki 2 opsi: Accept atau Decline.

    Jika seseorang yang engkau ajak mengembangkan menolak permintaan AirDrop engkau , kamu akan melihat pesan "Declineddanquot; berwarna merah.

    Setelah kamu mengirim konten lewat AirDrop, tidak terdapat lagi yg harus engkau lakukan selain menunggu pengguna lain buat mendapat transfer. Sementara itu, selama transfer berlangsung kamu akan melihat pesan "Waiting...", dan kemudian "Sendingdanquot;, diikuti sang "Sentdanquot; sesudah seorang yg engkau ajak berbagi mendapat arsip kamu.

    Post a Comment

    Previous Post Next Post