Jadi, apa itu SIM?

SIM adalah singkatan dari Subscriber Identity Module. SIM card merupakan kartu pintar kecil yang dapat dilepas dan digunakan untuk menyimpan data seperti nomor ponsel, nomor telepon operator gunakan, dan informasi tagihan kamu.

SIM adalah bagian yang sangat diperlukan dari hampir setiap cell, mobile, dan smartphone.

SIM Card bisa dipindahkan berdasarkan satu ponsel dan disisipkan ke ponsel yg lain, sebagai akibatnya mereka (baca: SIM card) memungkinkan engkau buat dengan gampang memindahkan nomor telepon yg disimpan di buku alamat telepon engkau & data lainnya ke ponsel baru. Cukup tukar kartu ke ponsel baru.

SIM Card yang bisa ditukar jua membuatnya berguna pada perjalanan internasional. Apabila ponsel kamu kompatibel dengan jaringan seluler di negara yang engkau kunjungi, kamu bisa membeli SIM baru di negara lain, kemudian memasukkannya ke ponsel engkau .

Tidak semua ponsel memiliki SIM card. Ponsel lain memang memilikinya namun tidak memungkinkan engkau merubahnya.

Apa Jenis SIM Card yg Digunakan Setiap iPhone

Setiap iPhone menggunakan SIM card. Ada tiga jenis SIM yg dipakai pada model iPhone:

  • SIM: Ini adalah tipe SIM asli. SIM lengkap adalah ukuran kartu kredit, tetapi bagian yang berisi data penting dapat dikeluarkan dari kartu yang lebih besar dan digunakan di telepon.
  • Micro SIM: Ketika iPhone 4 debut pada tahun 2010, itu adalah smartphone pertama dari perusahaan mana pun yang menggunakan format Micro SIM. Micro SIM secara substansial lebih kecil dari SIM asli.
  • Nano SIM: Nano SIM memulai debutnya di iPhone 5 pada tahun 2012. Nano SIM sekitar 12% lebih kecil dari Micro SIM.

Jenis SIM yang dipakai di setiap iPhone merupakan:

iPhone ModelsSIM Type
Original iPhoneSIM
iPhone 3G dan 3GSSIM
iPhone 4 dan 4SMicro SIM
iPhone 5, 5C, dan 5SNano SIM
iPhone 6 dan 6 PlusNano SIM
iPhone SENano SIM
iPhone 6S dan 6S PlusNano SIM
iPhone 7 dan 7 PlusNano SIM
iPhone 8 dan 8 PlusNano SIM
iPhone XNano SIM

Tidak seluruh produk Apple menggunakan salah satu berdasarkan 3 SIM ini. Beberapa model iPad yg sanggup terhubung ke jaringan data seluler 3G dan 4G memakai kartu buatan Apple yang disebut Apple SIM. Kamu dapat memeriksa lebih lanjut mengenai Apple SIM di sini.

IPod touch nir mempunyai SIM. Hanya perangkat yg terhubung ke jaringan telepon seluler yg membutuhkan SIM, & lantaran iPhod touch itu nir memiliki fitur itu, dia tidak memilikinya.

Bagaimana Kartu SIM Digunakan di iPhone

Tidak seperti beberapa ponsel lain, SIM iPhone hanya digunakan untuk menyimpan data pelanggan seperti nomor telepon dan informasi penagihan.

SIM dalam iPhone nir dapat dipakai buat menyimpan hubungan. Kamu pula nir dapat mencadangkan data atau membaca data dari SIM iPhone. Sebagai gantinya, semua data yg akan disimpan pada SIM pada ponsel lain disimpan di penyimpanan primer iPhone (atau di iCloud) beserta dengan musik, pelaksanaan, dan data lainnya.

Jadi, menukar SIM baru ke iPhone kamu nir akan memengaruhi akses engkau ke kontak & data lain yg tersimpan pada iPhone engkau .

Tempat SIM Card iPhone pada Setiap Modelnya

Kamu dapat menemukan SIM pada setiap model iPhone di tempat berikut:

iPhone ModelLokasi SIM
Original iPhoneAtas, antara tombol on/off

& headphone jack iPhone 3G & 3GSAtas, antara tombol on/off

dan headphone jack iPhone 4 & 4SSisi kanan iPhone lima, 5C, dan 5SSisi kanan iPhone 6 dan 6 PlusSisi kanan, antara tombol on/off iPhone SESisi kanan iPhone 6S & 6S PlusSisi kanan, antara tombol on/off iPhone 7 & 7 PlusSisi kanan, antara tombol on/off iPhone 8 dan 8 PlusSisi kanan, antara tombol on/off iPhone XSisi kanan, antara tombol on/off

Cara Mengeluarkan SIM Card iPhone

Mengeluarkan atau mengganti SIM iPhone kamu sebenarnya sangat mudah. Yang kamu butuhkan hanyalah "SIM Ejector" (alat yang berguna untuk mengeluarkan SIM yang disertakan Apple dengan beberapa model iPhone).

  • Mulailah dengan mencari tempat SIM card di iPhone kamu.
  • Masukkan SIM Ejector ke dalam lubang kecil di sebelah SIM.
  • Tekan (tetapi jangan terlalu keras!) Sampai SIM Card keluar.

Langkah-langkah ini krusial buat diketahui supaya kamu nir panik ketika iPhone pertanda pesan peringatan kesalahan SIM tidak terbaca. Soalnya, untuk memperbaiki kasus itu membutuhkan teknik yg sangat seperti.

SIM Lock

Ada beberapa ponsel yang memakai SIM Lock. Ini adalah fitur yang menghubungkan SIM ke operator seluler tertentu (khusus untuk iPhone CDMA). Hal ini dilakukan sebagian karena operator seluler terkadang mengharuskan pelanggan untuk menandatangani kontrak multi-tahun dan menggunakan SIM Lock untuk menegakkan kontrak.

Ponsel tanpa SIM Lock disebut sebagai ponsel unlocked. Kamu biasanya dapat membeli ponsel yang tidak dikunci dengan harga eceran perangkat sebagai mana mestinya. Setelah kontrak kamu berakhir, kamu bisa unlocked ponsel secara gratis melalui operator seluler kamu (sayangnya di Indonesia pelayanannya gak begini). Kamu juga bisa unlocked ponsel sendiri menggunakan alat yang resmi di sediakan oleh operator seluler dan peretasan software.

Apakah Di Indonesia Tersedia iPhone Versi CDMA atau iPhone Versi SIM Lock?

Ya, ada. Di Indonesia iPhone versi CDMA atau versi SIM Lock di jual oleh operator telekomunikasi Smartfren. SIM Lock adalah fitur yang menghubungkan ponsel ke operator yang menjualnya untuk memastikan bahwa ia berfungsi secara eksklusif di jaringan operator itu.

Kamu juga dapat membeli iPhone tanpa SIM Lock (iPhone GSM), yang artinya dapat digunakan pada jaringan telepon seluler yang kompatibel.

Tergantung pada negara dan operator, kamu juga bisa unlocked  iPhone setelah jangka waktu tertentu berdasarkan kontrak.

Post a Comment

Previous Post Next Post