√ Menggunakan Low Power Mode iPhone untuk Hemat Baterai - Biaya Pendidikan

Menggunakan Low Power Mode iPhone untuk Hemat Baterai

Menjaga agar baterai iPhone tidak cepat habis ketika digunakan sangatlah penting. Ada puluhan tips dan trik untuk membantu kamu, tetapi jika baterai kamu dalam kondisi sangat rendah saat ini atau kamu tidak bisa nge-charge karena lupa bawacharger, inilah satu tips sederhana untuk menghemat baterai: aktifkan Low Power Mode.

Low Power Mode merupakan fitur yang tersedia pada iOS 9 dan yang lebih baru yang dapat menonaktifkan beberapa fitur iPhone untuk membuat baterai kamu tahan lebih lama. Menurut klaim Apple, akan menghemat daya iPhone sebanyak tiga jam lebih lama jika menggunakan Low Power Mode.

Cara Mengaktifkan Low Power Mode iPhone

Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Untuk mengaktifkan Low Power Mode:

  1. Ketuk aplikasi Settings untuk membukanya.

  2. Ketuk Battery.

  3. Pindahkan slider Low Power Mode ke On/hijau.

Untuk mematikannya, ulangi langkah-langkah ini dan gerakkan slider ke Off/putih.

Ini bukan satu-satunya cara untuk mengaktifkan Low Power Mode. IPhone memberi kamu opsi lain:

  • Siri: Cukup beri tahu Siri "turn on Low Power Mode" dan dia akan mengurusnya untuk kamu.
  • Jendela Pop-up: Ketika masa pakai baterai iPhone kamu turun menjadi 20%, dan kemudian lagi pada 10%, iOS menampilkan peringatan pop-up. Dalam peringatan itu akan ada sebuah tombol yang dapat mengaktifkan Low Power Mode. Ketuk untuk mulai menghemat baterai.
  • Control Center: Di iOS 11 dan versi lebih tinggi, kamu dapat menambahkan Low Power Mode ke Control Center. Lihat caranya nanti di bagian akhir artikel ini.

Apa yang Dimatikan Low Power Mode?

Membuat baterai kamu tahan lebih lama memang butuh banyak pengorbanan. Ketika Low Power Mode diaktifkan, berikut ini berbagai fitur yang akan dikurangi fungsinya, atau bahkan dimatikan:

  • Kekuatan pemrosesan berkurang: Kecepatan prosesor iPhone memengaruhi seberapa banyak baterai yang digunakan. Low Power Mode mengurangi kinerja prosesor dan chip grafis untuk menghemat baterai. Ini berarti ponsel kamu akan sedikit lebih lambat dan mungkin tidak berfungsi dengan baik di game dan tugas-tugas grafis intensif lainnya.
  • Background App Refresh Dinonaktifkan: iPhone kamu belajar bagaimana Anda menggunakan aplikasi dan secara otomatis memperbarui mereka sekitar waktu Anda biasanya menggunakannya untuk memastikan bahwa data terbaru selalu menunggu untuk Anda. Ini fitur yang keren, tetapi juga membutuhkan daya tahan baterai. Low Power Mode untuk sementara menunda fitur ini.
  • Pengambilan email dimatikan: IPhone dapat diatur untuk secara berkala mengambil email baru dari akun Anda. Mode Daya Rendah mematikan fitur ini dan memaksa Anda untuk memeriksa pesan baru secara manual (buka Mail dan geser ke bawah dari atas setiap kotak masuk untuk menyegarkan).
  • Automatic downloads dinonaktifkan: Anda dapat mengatur iPhone untuk mengunduh pembaruan aplikasi atau pembelian yang dilakukan secara otomatis di perangkat lain. Ini membuat konten Anda tetap sinkron, tetapi juga membutuhkan daya. Mode Daya Rendah mencegah pengunduhan otomatis saat aktif.
  • Efek visual dan animasi ditangguhkan: iOS dikemas penuh dengan segala macam efek visual dan animasi yang keren. Mereka menggunakan iPhone lebih menyenangkan, tetapi mereka juga menggunakan baterai. Dengan mematikannya, Mode Daya Rendah menghemat daya.
  • Kecerahan layar ditolak: Semakin terang layar ponsel Anda, semakin banyak baterai yang Anda gunakan. Mode Daya Rendah mengurangi kecerahan layar Anda untuk menghemat energi.

Mengingat Low Power Mode dapat menghemat daya baterai iPhone kamu hingga 3 jam, dan fitur yang dimatikannya tidak sepenuhnya penting untuk menggunakan ponsel, mungkin yang jadi pertanyaan kamu sekarang adalah, apakah Low Power Mode bisa digunakan setiap saat? Tentu saja kamu dapat menggunakan Low Power Mode setiap saat. Asalkan, kamu tidak mempermasalahkan fitur-fitur yang dimatikan yang tercantum di atas.

Menambahkan Shortcut Low Power Mode ke Control Center iOS 11

Di iOS 11 dan versi lebih tinggi, kamu bisa kustomisasi opsi yang tersedia di Control Center. Salah satu perubahan yang dapat kamu lakukan adalah menambahkan Low Power Mode. Jika kamu melakukan ini, untuk mengaktifkan mode ini cukup dengan membuka Control Center dan mengetuk tombol. Begini caranya:

  1. Ketuk Settings.

  2. Ketuk Control Center.

  3. Ketuk Customize Controls.

  4. Ketuk ikon + hijau di sebelah Low Power Mode. Ini akan pindah ke grup Sertakan di bagian atas.

  5. Buka Control Center dan ikon baterai di bagian bawah layar akan mengaktifkan dan menonaktifkan Low Power Mode.

Nah, itulah cara menggunakan Low Power Mode iPhone untuk hemat baterai kamu. Terakhir, kalau kamu telah mengaktifkan Low Power Mode, fitur ini akan secara otomatis dimatikan ketika muatan dalam baterai kamu melebihi 80%.

Get notifications from this blog