Langkah 1: Restart iPhonemu

Ini adalah langkah awal terbaik di hampir setiap situasi pemecahan masalah. Sebuah restart sering membersihkan masalah sederhana dan membuat kamu kembali ke awal. Saya rasa restart tidak akan bekerja untuk kebanyakan orang dalam situasi ini, tetapi ini sederhana dan cepat, jadi patut dicoba.

Untuk me-restart iPhone, tahan tombol home dan sleep/wake pada saat bersamaan sampai logo Apple muncul di layar dan kemudian lepaskan.

Apabila engkau memiliki iPhone 7, 8, dan X, proses restart sedikit tidak sinkron. Simak artikel ini untuk lebih jelasnya lebih lanjut mengenai aneka macam jenis restart iPhone.

Langkah dua: Coba Cari pada Pengaturan Seluler

Terkadang saat menu Personal Hotspot menghilang dari layar utama di aplikasi Settings, masih ada di tempat lain untuk menemukannya. Gunakan pilihan ini untuk mendapatkannya kembali.

  1. Buka Settings.

  2. Ketuk Celluler.

  3. Ketuk Personal Hotspot.

  4. Pindahkan slider Personal Hotspot ke On/hijau.

  5. Kembali ke layar utama Settings dan kamu mungkin melihat Personal Hotspot terdaftar tepat di bawah Notification Seluler dan di atas. Jika demikian, masalahnya sudah terpecahkan. Jika tidak, coba langkah selanjutnya.

Kamu pula dapat mencoba mengubah & mematikan koneksi selular kamu. Untuk melakukan itu, buka Control Center & tambahkan ponsel kamu ke Airplane Mode, lalu matikan Airplane Mode.

Langkah 3: Reset Network Settings

Dalam beberapa situasi, Personal Hotspot mungkin telah hilang karena ada masalah dengan pengaturan yang mengendalikan akses ponsel kamu ke jaringan seluler dan Wi-Fi (mungkin saja telah terjadi perubahan yang tidak disengaja selama upgrade OS atau jailbreak). Mereset pengaturan tersebut membantu kamu mengembalikannya ke pengaturan awal:

  1. Ketuk Settings.

  2. Ketuk General.

  3. Gulir ke bawah dan ketuk Reset.

  4. Ketuk Reset Network Settings.

    Kamu mungkin perlu memasukkan passcode kamu di sini.

  5. Dalam peringatan pop-up, tekan Reset Network Settings. Hal tersebut hanya mereset pengaturan; itu tidak akan menghapus data apa pun, meskipun kamu mungkin harus memasukkan kembali hal-hal seperti kata sandi jaringan Wi-Fi.

IPhone kamu akan direstart dengan sendirinya. Saat selesai melakukan booting, periksa layar Pengaturan utama untuk opsi Personal Hotspot. Jika tidak ada, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah 4: Periksa Nama Telepon

Setiap iPhone memiliki sebuah nama. Biasanya, itu berupa: "iPhone Andito" atau "iPhone Andito Geronimo". Nama itu hanya digunakan sebagai identitas dari si pemilik ponsel, tapi percaya atau tidak, terkadang hal itu bisa mempengaruhi apakah Personal Hotspot terlihat atau tidak. Jika kamu telah mengubah nama telepon kamu atau telah membuka kunci ponsel kamu:

  1. Ketuk Settings.

  2. Ketuk General.

  3. Ketuk About.

  4. Lihatlah menu Name. Jika namanya berbeda dari yang kamu harapkan, ketuk Name.

  5. Pada layar Name, tekan x untuk menghapus nama dan jenis yang ada di folder lama.

Apabila Personal Hotspot nir timbul pada layar utama Settings, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah lima: Update Pengaturan Carrier, Jika Tersedia

Meskipun tidak terjadi sesering Apple merilis versi baru iOS, dari waktu ke waktu operator kami (a.k.a operator telepon yang kamu gunakan) merilis versi baru dari pengaturan yang membantu iPhone kamu bekerja dengan jaringannya. Perlu update ke pengaturan terbaru bisa jadi penyebab Personal Hotspot yang hilang. Untuk memeriksa pengaturan operator baru:

  1. Ketuk Settings.

  2. Ketuk General.

  3. Ketuk About.

  4. Jika pengaturan yang diperbarui tersedia, sebuah prompt akan muncul di layar. Ikuti petunjuk.

Pelajari lebih lanjut mengenai pengaturan carrier dan cara updatenya.

Langkah 7: Pulihkan Dari Backup

Jika tidak ada yang berhasil, saatnya untuk langkah yang lebih radikal: memulihkan dari backup. Ini menyeka semua data dan pengaturan yang ada di iPhone kamu dan menggantinya dengan versi yang lebih lama (pastikan untuk memilih yang kamu tahu akan berhasil). Ingat: apapun yang tidak didukung akan hilang selama proses ini, jadi pastikan kamu memiliki semua yang kamu butuhkan untuk disimpan sebelum memulai.

Untuk rincian lengkap mengenai proses ini, lihat Cara Mengembalikan iPhone Dari Backup.

Langkah 8: Hubungi Apple

Jika kamu sudah sampai sejauh ini dan masih belum memiliki Personal Hotspot, kamu dipastikan memiliki masalah yang lebih rumit daripada yang bisa kamu atasi sendiri. Yang terbaik pada saat ini adalah mendapatkan bantuan langsung dari Apple. Cobalah mengunjungi Apple Store terdekat, atau Services Center Apple terdekat di kota kamu untuk mendapatkan bantuan ahli.

Post a Comment

Previous Post Next Post