SIG merupakan pengelolaan data geografis yang didasarkan pada kerja komputer(mesin).Secara umum proses SIG terdiri atas tiga bagian (subsistem), yaitu masukan data (input data), manipulasi dan analisis data, menyajikan data (output data).

Sumber Data SIG

Data dasar yg dimasukkan pada SIG diperoleh dari empat sumber, yaitu data lapangan (teristris), data peta, pengindraan jauh, & data statistik.

1)  Data pengindraan jauh (remote sensing) adalah data dalam bentuk citra dan foto udara atau nonfoto.

2)   Data lapangan (teristris), yaitu data yang diperoleh secara langsung melalui hasil pengamatan di lapangan karena data ini tidak terekam dengan alat penginderaan jauh. Misalnya, batas administrasi, kepadatan penduduk, curah hujan, pH tanah, kemiringan lereng, suhu udara, kecepatan angin, dan gejala gunungapi.

3)     Data peta (map), yaitu data yang telah terekam pada kertas atau film. Misalnya, peta geologi atau peta jenis tanah yang akan digunakan sebagai masukan dalam SIG, kemudian dikonversikan (diubah) ke dalam bentuk digital.

4)     Data  statistik  (statistic), yaitu data hasil catatan statistik dalam bentuk tabel, laporan, survei lapangan, dan sensus penduduk. Data statistik diperoleh dari lembaga swasta atau instansi resmi peme  rintah, seperti Biro Pusat Statistik (BPS). Data statistik merupakan data sekunder, yaitu data yang telah mengalami pengolahan lebih lanjut.

Tahapan Kerja SIG

1. Masukan data (input data)

Ada dua macam data dasar geografi, yaitu  data  spasial dan data atribut.

a. Data spasial (keruangan), yaitu data yang menunjukkan ruang, lokasi atau tempat tempat di permukaan bumi. Data spasial berasal dari peta dan penginderaan jauh (baik dalam bentuk foto udara/Citra satelit)

b. Data atribut (deskriptis), yaitu data yang terdapat pada ruang atau tempat. Atribut menjelaskan suatu informasi. Data atribut diperoleh dari data primer (seperti catatan lapangan/hasil survai lapangan) dan data sekunder (seperti data statistik, sensus, lainnya). Data atribut dapat dilihat dari segi kualitas, misalnya kekuatan pohon. Dan dapat dilihat dari segi kuantitas, misalnya jumlah pohon.

Data spasial dan data atribut tersimpan pada bentuk titik (dot), garis (vektor), polygon (area) dan pixel (grid). Data dalam bentuk titik (dot), mencakup ketinggian tempat, curah hujan, lokasi & topografi.

Data pada bentuk garis (vektor), mencakup jaringan jalan, pipa air minum, pola genre sungai dan garis kontur.

Data pada bentuk poligon (area), mencakup daerah administrasi, geologi, geomorfologi, jenis tanah dan penggunaan tanah. Data dalam bentuk pixel (grid), mencakup gambaran satelit & foto udara.

Secara detailnya bisa dicermati pada diagram berikut:

Istilah istilah Berkaitan dengan SIG

1. Buffering

Fungsi buffering merupakan menciptakan poligon baru menurut jeda yg sudah ditentukan dalam data garis atau titik maupun poligon. Sebagai contoh, kita akan melakukan buffer terhadap jarak sungai 50 meter

2. Overlay

Tumpang susun atau  overlay suatu data grafis adalah menggabungkan dua atau lebih data grafis untuk memperoleh data grafis baru yang memiliki satuan pemetaan (unit pemetaan). Jadi, dalam proses tumpang susun akan diperoleh satuan pemetaan baru (unit baru).

3. Skoring

Selain pengukuran jarak, skoring atau pemberian nilai terhadap sifat menurut parameter yang dipakai pada analisis juga dilakukan dalam subsistem ini.

2. Manipulasi dan analisis data

Subsistem ini berfungsi menyimpan, menimbun, menarik pulang data dasar & menganalisa data yang sudah tersimpan pada computer atau kata mengedit data (memperbaiki data)

3. penyajian data (output data)

Tahapan keluaran data, yaitu  tahapan dalam SIG yang berfungsi menyajikan atau menampilkan hasil akhir dari proses SIG dalam bentuk peta, grafk, tabel, laporan, dan bentuk informasi digital lainnya yang

diperlu  kan untuk perencanaan, analisis, dan penentuan kebijakan terhadap suatu objek geografis. Misalnya, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan (land use), sumber daya alam, transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya. Kemampuan inilah yang membedakan SIG dengan sistem informasi lainnya yang membuatnya menjadi berguna untuk berbagai kalangan dalam menjelaskan kejadian, merencanakan strategi, dan memprediksi apa yang akan terjadi.

Selain diperoleh liputan secara cepat, tepat & seksama, laba SIG menggunakan menggunakan komputer adalah:

a.     Mudah dalam mengolah.

b.    Pengumpulan data dan penyimpanannya hemat tempat dan ringkas (berupa disket).

c.     Mudah diulang kalau sewaktu-waktu diperlukan.

d.    Mudah diubah kalau sewaktu-waktu ada perubahan.

e.     Mudah dibawa, dikirim dan ditransformasikan (dipindahkan).

f.     Aman, karena dapat dikunci dengan kode atau manual.

g.    Relatif lebih murah dibandingkan dengan survey lapangan.

h.     Data yang sulit ditampilkan secara manual, dapat diperbesar bahkan dapat ditampilkan dengan gambar tiga dimensi.

i.      Berdasarkan data SIG dapat dilakukan pengambilan keputusan dengan tepat dan cepat.

Manfaat Sistem Informasi Geografi (SIG)

  1. Dalam bidang sosial SIG bisa dimanfaatkan pada hal-hal berikut:

1)     Mengetahui potensi dan persebaran penduduk.

2)     Mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian serta kemungkinan pola drainasenya.

3)     Untuk pendataan dan pengembangan jaringan transportasi.

4)     Untuk pendataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan.

5)     Untuk pendataan dan pengembangan permukiman penduduk, kawasan industri, sekolah, rumah sakit, sarana hiburan dan rekreasi serta perkantoran. Dan lain lain.

  1. Manfaat SIG pada data kekayaan sumber daya alam:

1)     untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam.

2)     untuk mengetahui persebaran kawasan laut.

3)     untuk pengawasan daerah bencana alam.

  1. Manfaat SIG pada merencanakan pola pembangunan:

menjadi acuan perencanaan pembangunan, supaya pembangunan bisa terpola lebih awal dan nir tumbuh semrawut, dan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

Contoh hasil SIG

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Previous Post Next Post