Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk memulai dengan Instagram. 10 tips berikut bisa membantu kamu menggunakan Instagram supaya kamu bisa memiliki banyak follower dan meningkatkan keterlibatan.

1. Poskan foto & video yg menarik & penuh rona

Filosofi instagram itu sendiri ialah tentang memberi nilai bagi follower  kamu, terutama kalau kamu menginginkan lebih banyak keterlibatan. Maka dari itu, kamu harus mengeposkan foto dan video yang membangkitkan semacam emosi – kebahagiaan, humor, motivasi, nostalgia, cinta atau hal lainnya. Foto berkualitas tinggi dengan banyak warna cenderung mendapat aksi paling banyak di Instagram.

2. Jangan berlebihan menggunakan impak filter

Instagram memiliki beragam filter yang bisa kamu terapkan pada foto kamu yang akan secara otomatis meningkatkan tampilan dan gaya, namun tren tersebut sepertinya telah berakhir. Orang ingin foto dan video yang berwarna-warni namun terlihat natural. Meskipun efek filter mungkin menggoda, cobalah untuk membatasi penggunaannya untuk menjaga warna dan kontras normal di sebagian besar foto kamu.

3. Gunakan hashtag secukupnya

Menggunakan hashtag merupakan salah satu cara termudah untuk meningkatkan jangkauan kamu di Instagram, mendorong lebih banyak keterlibatan dan bahkan menarik follower baru. Sayangnya, beberapa orang terlalu 'lebay'. Caption mereka sering membengkak dengan hashtag--banyak di antaranya bahkan tidak sesuai dengan topik foto mereka. Kalau kamu memutuskan untuk menggunakan hashtag, pastikan untuk menyimpannya seminimal mungkin, dan hanya menggunakan kata kunci yang relevan.

4. Gunakan tab Explore (alias laman populer) untuk menemukan konten baru yang hebat

Tab Explore di Instagram merupakan tempat beberapa foto dan video populer ditampilkan. Foto-foto yang ditampilkan di sini disesuaikan berdasarkan foto dan video yang telah disukai atau dikomentari oleh orang yang kamu ikuti. Kamu bisa menemukan pengguna baru untuk diikuti atau terlibat dengan memeriksa tab ini secara teratur.

5. Sering posting agar follower tetap tertarik

Kalau kamu ingin membuat followermu tetap terlibat, kamu perlu mengeposkan konten baru secara rutin. Bukan berarti kamu harus posting 10 foto sehari. Posting satu kali sehari – atau setidaknya dua hari sekali pun – bisa membuat follower kamu tertarik. Kalau kamu tidak pernah memposting dalam jangka waktu lama, jangan kaget kalau kamu kehilangan beberapa follower.

6. Gunakan Instagram Direct untuk berhubungan dengan pengguna tertentu

Ada kalanya kamu tidak selalu perlu mengeposkan sesuatu kepada semua follower kamu secara publik. Sebagai gantinya. Kamu bisa menargetkan satu atau lebih pengguna tertentu dengan mengirim pesan foto atau video secara langsung. Instagram Direct adalah cara terbaik untuk terhubung dengan group pengguna tertentu tanpa perlu broadcast konten kamu ke semua orang sekaligus.

7. Berinteraksi menggunakan Follower kamu

Jangan pernah mengabaikan follower setia kamu yang sering memberi like dan comment foto kamu! Karena itu akan membuat orang menjauh dengan sendirinya. Sebaliknya, kamu harus membuat follower kamu merasa dihargai. Balas komentar mereka atau bahkan mengecek akun mereka dan like beberapa foto mereka. Kamu bisa menggunakan alat pihak ketiga seperti Iconosquare (sebelumnya disebut Statigram) kalau kamu mau, untuk melacak komentar dan melihat pengguna mana yang paling banyak berinteraksi dengan kamu.

8. Jangan tergoda untuk membeli follower

Ada banyak hype seputar pembelian follower Instagram. Dan memang benar bahwa kamu bisa mendapatkan angka besar dengan harga yang cukup murah. Masalahnya ialah follower yang kamu beli sering kali hanya akun fake dan tidak aktif. Akun kamu mungkin akan terlihat sedikit aneh bagi pengguna yang melihat bahwa kamu memiliki follower 30K, namun hanya sedikit yang memberi like atau comments pada foto dan video kamu. Cari yang real aja. Karena ini bukan tentang angka-angkanya.

9. Bereksperimenlah dengan shoutout

Berinteraksi dengan follower kamu saat ini selalu disarankan, tetapi semakin banyak orang yang kamu hubungi, semakin baik. Melakukan shout out atau s4 dengan akun lain dalam rentang follower yang sama merupakan cara yang sangat cepat dan efektif untuk menjangkau lebih banyak orang. Dua pengguna pada dasarnya setuju untuk memberikan yang lain posting shoutout pada akun mereka sendiri. Ini sebenarnya adalah teknik utama yang digunakan banyak pengguna Instagram untuk menumbuhkan akun mereka oleh ribuan orang.

10. Tetap mengikuti tren Instagram terkini

Hashtag dan shoutout sangat bagus, tetapi tren seperti ini juga memiliki masa kadaluarsanya. Kalau Instagram adalah platform jejaring sosial utama bagi kamu, penting untuk mengikuti tren terbaru agar tidak tertinggal dan tidak kehilangan follower kamu yang berharga. Simak lima tren besar yang saat ini sedang populer di Instagram.

Sumber informasi: Lifewire

Post a Comment

Previous Post Next Post