Pada iPhone, aplikasi crash paling sering melanda web browser Safari dan aplikasi Mail. Karena banyak pengguna iPhone yang mengunduh aplikasi pihak ketiga dari App Store, crash bisa berasal dari aplikasi apa pun.

Kalau engkau acapkali mengalami pelaksanaan crash, berikut adalah beberapa saran buat menerima stabilitas yg lebih baik buat ponsel kamu.

Keluar dan Luncurkan Ulang Aplikasi

Langkah pertama dan paling mudah adalah mencoba menghentikan aplikasi yang menyebabkan crash dan menyalakannya kembali. Melakukan hal itu akan menghentikan semua proses aplikasi yang berjalan dan memulai dari awal. Kalau aplikasi crash disebabkan oleh beberapa fitur yang sedikit salah, ini harusnya bisa menyelesaikannya. Pelajari caramenutup aplikasi di iPhone.

Restart iPhone

Aplikasi mungkin crash karena ada masalah dengan iPhone kamu, bukan dengan aplikasi itu sendiri. Dalam hal ini, cobalah melakukan restart. Kamu akan terkejut betapa banyak masalah pada iPhone, tidak hanya aplikasi crash, bisa diperbaiki dengan restart. Restart akan menghapus banyak masalah dasar yang muncul dari penggunaan iPhone sehari-hari. Bacaartikel ini untuk tahu lebih rincian mengenai dua jenis restart dan bagaimana cara melakukannya masing-masing.

Update Aplikasi Kamu

Jika restart atau menutup aplikasi belum berhasil menyembuhkan crash yang melanda iPhone kamu, mungkin masalah tersebut disebabkan oleh adanya bug pada versi aplikasi yang kamu jalankan. Pengembang aplikasi secara teratur meng-update aplikasi mereka untuk menyelesaikan bug dan menyediakan fungsionalitas baru, sehingga bisa jadi ada update untuk memecahkan bug yang menyebabkan masalah kamu. Cukup instal dan kamu akan segera terbebas dari masalah. Bacaartikel ini untuk mempelajari tiga cara untuk selalu update aplikasi iPhone kamu.

Uninstall & Install Ulang Aplikasi

Lantas apa yang harus kamu lakukan jika tidak ada update aplikasi? Kalau kamu yakin aplikasi mana yang menyebabkan masalah kamu, namun belum ada update untuk itu sekarang, coba uninstall aplikasi dan kemudian instal ulang. Instalasi aplikasi yang baru bisa membantu. Jika tidak, pilihan terbaik kamu mungkin meng-uninstall aplikasi sampai ada perbaikan (tapi setidaknya coba langkah berikutnya terlebih dahulu). Pelajaricara uninstall aplikasi dari iPhone kamu.

Update iOS

Dengan cara yang sama seperti pengembang aplikasi merilis update untuk memperbaiki bug, Apple secara teratur merilis update ke iOS, sistem operasi yang menjalankan iPhone, iPad dan iPod touch. Update ini menambahkan fitur baru yang keren--dan yang paling penting untuk artikel ini--mereka juga memperbaiki bug. Jika crash belum berhasil diatasi dengan restart ponsel kamu atau meng-update aplikasi kamu, ada kemungkinan bug itu ada di dalam iOS itu sendiri. Dalam hal ini, kamu perlu update ke OS versi terbaru. Pelajaricara update iOS langsung di ponsel kamu tanpa terhubung ke iTunes dalam artikel ini.

Hubungi Pengembang Aplikasi

Jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah kamu, kamu memerlukan bantuan ahli (well, kamu bisa mencoba mengatasi masalah ini untuk sementara, dengan asumsi bahwa pada akhirnya, kamu akan mendapatkan update aplikasi atau OS yang memecahkan masalah, namun kamu mengambil tindakkan, kan?). Opsi terbaik kamu yakni adalah menghubungi pengembang aplikasi secara langsung. Biasanya ada informasi kontak yang tercantum dalam aplikasi (mungkin di layar Contact atau About). Jika tidak ada, halaman aplikasi di App Store biasanya menyertakan informasi kontak pengembang. Cobalah mengirim email kepada pengembang atau pelaporan dan bug dan kamu akan mendapatfeedback yang berguna.

Post a Comment

Previous Post Next Post