Kamu perlu menggunakan AirPlay.

Apple selalu lebih suka melakukan hal-hal tanpa kabel, dan satu area yang memiliki beberapa fitur wireless hebat adalah media. AirPlay adalah teknologi yang diciptakan oleh dan digunakan oleh Apple untuk memungkinkan pengguna broadcast audio, video, dan foto — dan bahkan isi layar perangkat mereka — ke perangkat yang kompatibel, melalui jaringan Wi-Fi yang sama.

AirPlay menggantikan teknologi Apple sebelumnya yang diklaim AirTunes, yg hanya memungkinkan streaming musik, bukan jenis data lain yang didukung AirPlay.

Persyaratan AirPlay

AirPlay tersedia di setiap perangkat yang dijual oleh Apple hari ini. Ini diperkenalkan di iTunes 10 untuk Mac dan ditambahkan ke iOS dengan versi 4 di iPhone dan 4.2 di iPad.

AirPlay membutuhkan:

  • IOS 4.2 atau yang lebih baru
  • IPhone 3GS atau yang lebih baru
  • Semua model iPad
  • IPod touch generasi ke 2 atau yang lebih baru
  • Mac yang dibuat pada tahun 2011 atau yang lebih baru
  • Apple Watch.

AirPlay nir berfungsi di iPhone 3G, iPhone pertama, atau iPod touch pertama.

AirPlay untuk Musik, Video, & Foto

AirPlay memungkinkan pengguna untuk stream musik, video, dan foto dari perpustakaan iTunes atau perangkat iOS mereka ke komputer, speaker, dan komponen stereo yang terhubung dengan Wi-Fi. Tidak semua komponen kompatibel, tetapi banyak produsen kini menyertakan dukungan AirPlay sebagai fitur untuk produk mereka.

Jika kamu memiliki speaker yang tidak mendukung AirPlay, kamu dapat menghubungkannya ke AirPort Express,base station Wi-Fi mini yang dirancang untuk digunakan dengan AirPlay. Colokkan AirPort Express, hubungkan ke jaringan Wi-Fi kamu dan kemudian hubungkan speaker dengan kabel, dan kamu dapat melakukan streaming ke speaker seperti aslinya mendukung AirPlay. Apple TV generasi kedua bekerja dengan cara yang sama dengan sistem TV atau home theater kamu.

Semua perangkat harus berada di jaringan Wi-Fi yang sama untuk menggunakan AirPlay. Kamu tidak dapat, misalnya, stream musik ke rumah kamu dari iPhone kamu yang ada di tempat kerja.

Pelajari cara stream konten melalui AirPlay

AirPlay Mirroring

AirPlay Mirroring memungkinkan pengguna perangkat yang kompatibel dengan AirPlay tertentu untuk menampilkan apa saja yang ada di layar perangkat mereka di Apple TV set-top boxes yang kompatibel dengan AirPlay. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan situs web, permainan, video, atau konten lainnya di layar perangkat mereka di layar lebar HDTV yang dipasang oleh Apple TV. Hal ini dicapai melalui Wi-Fi (ada juga pilihan yang disebut mirroring kabel. Ini menghubungkan kabel ke perangkat iOS dan terhubung ke TV melalui HDMI. Ini tidak memerlukan Apple TV). Perangkat yang mendukung AirPlay Mirroring adalah:

  • IPhone 4S dan yang lebih baru
  • IPad 2 dan yang lebih baru
  • Mac
  • Apple TV Generasi ke 2 dan yang terbaru

Sementara mirroring paling sering digunakan untuk menampilkan layar perangkat di TV, bisa juga digunakan dengan Mac. Misalnya, Mac dapat mirroring tampilannya ke Apple TV yang terhubung ke HDTV atau proyektor. Ini sering digunakan untuk presentasi atau public display yang besar.

Cara Menggunakan AirPlay Mirroring

AirPlay di Windows

Meskipun sebelumnya tidak ada fitur AirPlay resmi untuk Windows, namun kini semuanya telah berubah.

AirPlay sekarang dibangun ke dalam versi Windows iTunes. Versi AirPlay ini fiturnya tidak lengkap seperti pada Mac: tidak ada mirroring dan hanya beberapa jenis media yang bisa disalurkan. Beruntung bagi pengguna Windows, ada program pihak ketiga yang bisa menambahkan fitur tersebut.

Cara Mendapatkan AirPlay untuk Windows

AirPrint: AirPlay untuk Printing

AirPlay juga memungkinkan wireless printing atau percetakan nirkabel dari perangkat iOS ke printer yang tersambung dengan Wi-Fi yang mendukung teknologi. Nama untuk fitur ini adalah AirPrint. Bahkan jika printer kamu tidak mendukung AirPrint, dengan menghubungkannya ke AirPort Express akan membuatnya kompatibel, sama seperti dengan speaker.

Daftar lengkap printer kompatibel AirPlay tersedia di sini.

Post a Comment

Previous Post Next Post