Sedangkan, Normal Mode, adalah kebalikan menurut Safe Mode karena beliau menjalankan Windows dengan cara yg seperti dalam biasanya.

Catatan: Safe Mode disebut Safe Boot pada macOS. Istilah Safe Mode juga mengacu pada mode startup terbatas untuk software program seperti klien email, web browser, dan lainnya.

Dan ada lagi yang terdapat pada bagian bawah artikel ini.

Ketersediaan Safe Mode

Safe Mode tersedia di Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan sebagian besar versi Windows yang lebih lama juga.

Cara Mengenalinya apabila Anda Berada pada Safe Mode

Saat berada dalam Safe Mode, latar belakang Desktop diganti dengan warna hitam solid dengan kata Safe Mode di keempat penjurunya. Bagian atas layar juga menunjukkan tingkat build dan service pack Windows saat ini.

Gambar pada permukaan artikel ini memperlihatkan misalnya apa Safe Mode di Windows 10.

Cara Akses Safe Mode

Safe Mode bisa diakses dari Startup Settings di Windows 10 dan Windows 8, dan dari Advanced Boot Options di versi Windows sebelumnya.

Lihat Tutorial Cara Memulai Windows di Safe Mode buat versi Windows anda.

Jika anda dapat memulai Windows secara normal, tapi ingin memulai dengan Safe Mode karena alasan tertentu, cara yang benar-benar mudah ialah membuat perubahan pada Konfigurasi Sistem.

Lihat Cara Memulai Windows pada Safe Mode Menggunakan Konfigurasi Sistem buat menerima petunjuk lengkap tentang melakukan hal itu.

Jika tak satu pun dari metode akses Safe Mode yg disebutkan di atas berfungsi, lihat Cara Force Restart Windows pada Normal Mode buat instruksi melakukan hal itu, bahkan bila anda nir mempunyai akses ke Windows kini .

Cara Menggunakan Safe Mode

Untuk sebagian besar, Safe Mode digunakan seperti anda menggunakan Windows secara normal. Satu-satunya pengecualian untuk menggunakan Windows dalam Safe Mode ialah jika bagian Windows tertentu tidak berfungsi atau sudah berjalan lambat.

Misalnya, jika anda menjalankan Windows dalam Safe Mode dan ingin memutar ulang driver atau mengupdate driver, anda akan melakukannya seperti yang akan anda lakukan saat menggunakan Windows secara normal. Ini juga memungkinkan untuk memindai malware, menghapus program, menggunakan System Restore, dll.

Opsi Safe Mode

Sebenarnya ada tiga opsi Safe Mode berbeda yang tersedia. Memutuskan pilihan Safe Mode yang akan digunakan bergantung pada masalah yang anda hadapi.

Berikut adalah deskripsi berdasarkan ketiganya & kapan menggunakannya:

Safe Mode

Safe Mode memulai Windows menggunakan driver dan layanan minimum absolut yg memungkinkan buat memulai sistem operasi.

Pilih Safe Mode apabila anda nir bisa mengakses Windows secara normal & anda tidak perlu mengakses internet.

Safe Mode with Networking

Safe Mode with Networking memulai Windows dengan seperangkat driver & layanan yang sama misalnya Safe Mode.

Pilih Safe Mode with Networking jika anda membutuhkan akses ke jaringan internet.

Pilihan Safe Mode ini tak jarang dipakai ketika Windows nir mau memulai dan anda memerlukan akses ke internet buat download driver, mengikuti pedoman pemecahan masalah, dll.

Safe Mode with Command Prompt

Safe Mode with Command Prompt sama dengan Safe Mode biasa kecuali Command Prompt dimuat sebagai user interface default, bukan Explorer.

Pilih Safe Mode with Command Prompt jika anda sudah mencoba Safe Mode tapi taskbar, Start screen, atau Desktop tidak terisi dengan benar.

Jenis lain menurut Safe Mode

Seperti disebutkan di atas, Safe Mode merupakan istilah untuk memulai program apapun dalam mode yang menggunakan pengaturan default, untuk tujuan mendiagnosis penyebab masalah. Ini berfungsi seperti Safe Mode di Windows.

Intinya adalah saat acara dimulai menggunakan pengaturan default saja, ini lebih mungkin buat memulai tanpa kasus dan membiarkan anda memecahkan kasus lebih lanjut.

Apa yang umumnya terjadi adalah setelah acara dimulai tanpa memasukkan pengaturan kustom, modifikasi, add-on, perluasan, dll, anda dapat mengaktifkan hal-hal satu-per-satu dan lalu permanen memulai pelaksanaan seperti itu sehingga anda dapat menemukan pelakunya.

Beberapa smartphone bisa dimulai di Safe Mode juga. Anda harus memeriksa secara manual spesifikasi ponsel anda karena biasanya tidak jelas bagaimana melakukannya. Beberapa mungkin meminta anda menekan dan menahan tombol menu saat ponsel dimulai, atau mungkin tombol volume atas dan volume turun. Beberapa tponsel mengharuskan anda menekan tombol power off untuk membuka tombol Safe Mode.

macos menggunakan Safe Boot untuk tujuan yang sama seperti Safe Mode pada sistem operasi Windows, Android, dan Linux. Ini diaktifkan dengan menahan tombol Shift saat menyalakan komputer.

Post a Comment

Previous Post Next Post