Jadi, Apa Yang Menyebabkan Kebingungan?

Memang benar bahwa lagu apa pun yang kamu download ke iPhone kamu dari iTunes ada dalam format Advanced Audio Coding (AAC). Ini bukan format AAC yang mungkin kamu temukan di tempat lain; itu adalah versi AAC yang dilindungi atau dibeli. Namun, kamu mungkin memiliki musik di iTunes yang berasal dari sumber lain, dan musik itu kemungkinan besar memiliki format MP3 atau format lain. iTunes dapat memutar file MP3 dan format lain dengan baik. Jadi, jika kamu menyalin CD ke komputer kamu atau membeli musik secara online dalam format lain, kamu dapat memutarnya di iPhone kamu, asalkan ada dalam salah satu format yang didukung iOS pada perangkat seluler Apple.

Spesifikasi Format Audio iPhone

Mengetahui tentang semua format audio yang didukung iPhone sangatlah penting, terutama jika kamu ingin serius mulai menggunakan iPhone sebagai media player portabel (PMP). Ini bisa jadi penting jika misalnya konten koleksi musik kamu berasal dari sumber yang berbeda - seperti beberapa layanan musik online, trek CD, rekaman kaset/rekaman vinil digital, dll. Jika demikian, kemungkinan besar ada kesempatan bagus. Bahwa akan ada perpaduan format audio.

Format audio yang didukung buat iOS 11 dalam iPhone 8 & iPhone X merupakan:

  • AAC-LC — ACC Low Complexity merupakan format audio lossy yang dioptimalkan untuk streaming audio dan aplikasi bitrate rendah.
  • HE-ACC dan HE-ACC v2 — Kedua Versi Coding Audio Tingkat Efisiensi Tinggi ini merupakan format kompresi lossy yang baik untuk software media player, streaming musik, dan radio internet. V2 memiliki lebih banyak fitur dari versi aslinya. File HE-ACC juga disebut file MPEG-4 ACC.
  • ACC Protected — Semua lagu yang dijual di iTunes sebelum tahun 2009 berformat AAC yang dilindungi, format lossy yang mencakup Digital Right Management (DRM). Kamu tidak bisa burn ini ke CD.
  • ACC Purchased — Semua lagu yang dijual di iTunes setelah tahun 2009 dalam format iTunes + tidak menyertakan DRM. Formatnya lossy.
  • Apple Lossless — Format lossless ini sama sekali tidak menurunkan kualitas trek musik. Ini mirip dengan format FLAC.
  • FLAC — Audio Codec Lossless Gratis ini baru di iPhone dengan iOS 11. Format FLAC menyediakan kompresi audio digital yang tidak pernah hilang. Ketika file FLAC didekompresi, audio identik dengan aslinya.
  • Linear PCM — Format data audio ini sering digunakan pada CD audio. Data tidak dikompres, sehingga filenya besar, tetapi kualitasnya bagus.
  • MP3 — MP3 merupakan format audio lossy dan yang paling populer dari jenis audio yang digunakan untuk musik digital.
  • Dolby Digital (AC-3) — Dolby Digital merupakan format kompresi audio lossy yang membawa hingga enam saluran musik.
  • Dolby Digital Plus (E-AC-3) — Dolby Digital Plus merupakan versi yang disempurnakan dari Dolby Digital yang menawarkan peningkatan bitrate dan dukungan untuk lebih banyak saluran audio.
  • Audible formats 2, 3, dan 4 — Dikembangkan oleh Audible, format lossy 2 menghasilkan 8 kbps suara setara dengan radio AM. Format 3 pada 16 kbps memberikan suara yang sama dengan radio FM, dan format 4 dengan bitrate 32 kbps memiliki kualitas suara yang sebanding dengan MP3.
  • Audible Enhanced Audio (ekstensi AAX dan AAX +) — Format Audio Ditingkatkan pada 64 kbps dianggap memiliki suara berkualitas CD. File-file tidak terkompresi ini menghasilkan suara yang lebih unggul dari format Audible 2, 3, dan 4. Mereka adalah file besar yang memiliki format lossy.

Tidak semua format ini dipakai menggunakan musik, tetapi semuanya didukung sang iPhone di satu tempat atau lainnya.

Perbedaan Antara Format Kompresi Lossy dan Lossless

Kompresi lossy menghilangkan informasi dari jeda dan ruang kosong dalam rekaman audio, yang membuat file lossy jauh lebih kecil daripada file lossless atau uncompressed. Namun, jika kamu seorang audiophile dan membeli musik online resolusi tinggi, kamu tidak akan bisa mengubahnya menjadi format lossy. Bagi kebanyakan pendengar, lossy berfungsi dengan baik, dan ketika kamu menyimpan musik di iPhone kamu, daripada mengalirkannya, ukuran menjadi penting.

Cara Convert Lagu Dari Format Yang Tidak Didukung

Jika kamu memiliki lagu dalam format yang tidak didukung iTunes, iTunes di komputer akan mengubahnya menjadi file audio yang kompatibel saat mengimpornya. Secara default, iTunes akanconvert file yang masuk menggunakan format ACC, tetapi kamu dapat mengubah format di iTunes Preferences > General > Import Settings. Pilihan kamu mempengaruhi kualitas audio dan ukuran file audio. Misalnya, jika kamu lebih suka mendengarkan lagu berkualitas audiophile, ubah default ke Apple Lossless Encoder. Pengaturan ini tidak tersedia untuk iTunes di iPhone, tetapi kamu dapat mengubah preferensi kamu di iTunes pada komputer dan kemudian menyelaraskan lagu ke iPhone.

Penggunaan buat iPhone dan Musik Digital

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan iPhone saat mendengarkan musik digital. Sebagai permulaan, iPhone membuat media player portabel bintang yang bisa juga memainkan audio dan video. Kamu mungkin telah menyelaraskan iPhone dengan perpustakaan musik iTunes kamu dan mendengarkan lagu kamu saat dalam perjalanan.

IPhone jua bisa dipakai buat mengakses layanan streaming musik melalui pelaksanaan untuk persediaan musik yang hampir tidak terbatas.

Post a Comment

Previous Post Next Post