Tetapi para kritikus itu tidak sepenuhnya benar. Apple AirPods mungkin memiliki fitur-fitur khusus ketika terhubung ke iPhone 7 dan model terbaru, tetapi mereka tidak terbatas pada iPhone. Ini merupakan kabar baik bagi pengguna Android dan Windows Phone, serta pengguna Mac atau PC. Apple AirPods bisa digunakan dengan perangkat apa pun yang kompatibel dengan bluetooth headphone.

AirPods Hanya Menggunakan Bluetooth

Sejatinya AirPods terhubung ke perangkat lain melalui Bluetooth. Tidak terdapat teknologi Apple pada sini yg memblokir perangkat atau platform lain buat terhubung ke AirPods.

Karena mereka menggunakan koneksi Bluetooth standar, perangkat apa pun yang mendukung Bluetooth headphone berfungsi di sini. Ponsel Android, Windows Phone, Mac, PC, Apple TV, konsol game - kalau mereka dapat menggunakan Bluetooth headphone, mereka dapat menggunakan AirPods.

Tapi Bagaimana dengan W1?

Bagian dari apa yang membuat orang berpikir bahwa AirPods adalah Apple-only adalah diskusi mengenai keberadaan chip W1 khusus pada seri iPhone 7 dan model iPhone yang lebih baru. W1 adalah chip Wireless yang dibuat oleh Apple dan hanya tersedia di ponselnya. Kalau diskusi itu digabungkan dengan penghapusan jack headphone maka orang yang melihatnya akan mudah salah paham.

Chip W1 bukan cara AirPod berkomunikasi dengan iPhone (seperti yang telah kita lihat, yaitu Bluetooth). Sebaliknya, itulah yang membuat mereka berfungsi lebih baik daripada perangkat Bluetooth normal, baik dalam hal pairing dan masa pakai baterai.

Untuk menghubungkan perangkat Bluetooth ke iPhone kamu biasanya memasukkan perangkat dalam mode pairing, mencarinya di ponsel kamu, mencoba untuk terhubung (yang tidak selalu berfungsi), dan terkadang harus memasukkan kata sandi.

Dengan AirPods, kamu hanya perlu membuka case mereka di kisaran iPhone yang kompatibel dan mereka secara otomatis terhubung ke iPhone (setelah pasangan one-button-push pertama, yaitu). Itulah yang dilakukan oleh chip W1: ia menghapus semua elemen konektivitas Bluetooth yang lambat, tidak efisien, tidak dapat diandalkan, dan mengganggu, dan dalam mode Apple yang sebenarnya, menggantikannya dengan sesuatu yang berfungsi dengan baik.

Chip W1 jua terlibat dalam mengatur masa pakai baterai buat AirPods, membantu mereka buat mendapatkan 5 jam penggunaan pada satu porto, berdasarkan Apple.

Jadi, Apakah AirPods Berfungsi Untuk Semua Perangkat Non-Apple?

Secara umum, benar bahwasanya AirPods berfungsi dengan semua perangkat Bluetooth yang kompatibel. Tetapi kamu tidak bisa menggunakan semua fitur AirPods untuk semua perangkat. Ada keuntungan pastinya saat menggunakannya dengan iPhone dan produk Apple lainnya. Ketika kamu melakukan itu, kamu mendapatkan akses ke beberapa fitur khusus yang tidak tersedia di perangkat Non-Apple, termasuk:

  • Tap to Siri: Kamu dapat menggandakan tap AirPods untuk mengaktifkan Siri. Tidak dapat melakukannya di perangkat lain (karena Siri tidak ada pada mereka, tentu saja).
  • Super-Simple Pairing: Anda dapat menyambungkan AirPods ke perangkat Bluetooth apa pun yang kompatibel, tetapi pasangan super-fast dan super-simple hanya berfungsi dengan iPhone 7 dan yang lebih tinggi, chip W1 dan Apple TV. Untuk perangkat lain, proses pairing-nya lumayan lama dan menjengkelkan.
  • iCloud Pairing: Salah satu hal paling keren tentang AirPods adalah setelah kamu memasangkannya ke salah satu perangkat Apple kamu, mereka secara otomatis diatur untuk memasangkan ke setiap perangkat Apple yang menggunakan Apple ID yang sama, via iCloud. Itu tidak mungkin di Android, misalnya, karena Android tidak mendukung iCloud.
  • Smart Features: AirPods dikemas dengan smart touches: Mereka tahu ketika mereka ada di telinga kamu dan menghentikan pemutaran ketika mereka dibawa keluar; Mereka secara otomatis beralih pemutaran audio ke iPhone ketika mereka dicopot dari telinga; Mereka memutar audio hanya ke satu AirPod jika hanya satu yang dipasang di telinga. Fitur-fitur ini hanya pilihan dengan perangkat Apple.

Post a Comment

Previous Post Next Post