marmer batu metamorf
Batuan metamorf (malihan atau berubah sifat) ialah batuan beku atau sedimen yang telah mengalami perubahan bentuk dan sifat (metamorfosis). Penyebab perubahan itu adalah suhu atau tekanan yang meningkat dan adanya penambahan zat lain ke dalam batuan asal.

Ada beberapa macam metamorfosis, yaitu menjadi berikut.

A) Metamorfosis termal atau hubungan atau sentuh, yaitu proses batuan metamorf yang terbentuk karena perubahan suhu, misalnya marmer terjadi menurut batu kapur dan antrasit terjadi berdasarkan batu bara.

Metamorfosis termal, terdiri dari:

  1. pyrometamorfosis, yaitu proses batuan yang sangat tinggi, misalnya marmer dan antrasit;
  2.  pneumatolysis, yaitu proses batuan metamorf terbentuk karena gas-gas dari magma yang sedang naik dapat mengubah batuan sekeliling dan membentuk mineral-mineral baru, misalnya pembentukan biji timah di Bangka;
  3.  hidrotermal, yaitu proses batuan metamorf yang terbentuk karena larutan panas, bukan gas yang memprosesnya, misalnya andesit diubah menjadi propilit.

B) Metamorfosis dinamo, yaitu proses batuan metamorf yg terbentuk lantaran adanya perubahan tekanan, misalnya batu sabak & batu bara.

C) Metamorfosis regional, yaitu proses batuan metamorf yg terbentuk karena faktor suhu & tekanan yang bekerja bersama-sama, misalnya batuan gneis, sabak, dan serpih.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

Previous Post Next Post