Apabila kamu mencari cara buat membebaskan ruang penyimpanan dalam perangkat engkau , engkau mungkin ingin mengetahui ukuran masing-masing aplikasi engkau . Jika engkau perlu sedikit melapangkan penyimpanan menurut perangkat kamu, mengetahui berukuran setiap aplikasi iPhone membantu kamu tetapkan aplikasi mana yg akan dihapus. Ada dua cara buat mengetahui berapa poly ruang penyimpanan yang dipakai aplikasi: satu pada iPhone itu sendiri, yang lainnya terdapat di iTunes.

TERKAIT: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone

Menemukan Ukuran Aplikasi di iPhone atau iPod touch

Ini adalah metode yang kami sarankan untuk dilakukan. Metode ini lebih akurat karena ukuran sebenarnya dari sebuah aplikasi bukan hanya untuk aplikasi itu sendiri. Aplikasi juga memiliki preferensi, file tersimpan, dan data lainnya. Ini berarti bahwa aplikasi sebesar 10MB saat kamu mengunduhnya dari App Store bisa menjadi berkali-kali lebih besar setelah kamu menggunakannya. Kamu hanya bisa mengetahui berapa banyak ruang yang dibutuhkan file tambahan pada perangkat kamu.

Untuk mengetahui seberapa banyak ruang penyimpanan yg dibutuhkan aplikasi pada iPhone kamu:

  1. Ketuk aplikasi Settings
  2. Ketuk General
  3. Ketuk iPhone Storage (ini pada iOS 11; pada versi yang lebih lama dari tampilan iOS ketukStorage & iCloud Usage).
  4. Di bagian atas layar, ada ikhtisar penyimpanan yang digunakan dan tersedia di perangkat kamu. Tunggu proses loading perhitungan. Setelah selesai, kamu akan melihat daftar semua aplikasi kamu, dimulai dengan yang menggunakan data terbanyak (pada versi iOS yang lebih lama, kamu harus menekan Manage Storage untuk melihat daftar ini).
  5. Daftar ini menunjukkan total ruang yang digunakan oleh aplikasi — semua penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi dan file terkaitnya. Untuk mendapatkan rincian yang lebih terperinci, ketuk nama aplikasi yang kamu minati
  6. Di layar ini, App Size tercantum di bagian atas layar, di dekat ikon aplikasi. Ini adalah jumlah ruang yang dibutuhkan aplikasi. Di bawah itu adalah Documents & Data, yang merupakan ruang yang digunakan oleh semua file tersimpan yang dibuat saat kamu menggunakan aplikasi
  7. Jika ini adalah aplikasi dari App Store (seperti yang ada di dalam OS), kamu dapat menekan Delete App di sini untuk menghapus aplikasi dan semua datanya. Kamu selalu dapat mengunduh ulang aplikasi dari akun iCloud kamu, namun kamu mungkin kehilangan data yang tersimpan, jadi pastikan kamu yakin ingin melakukan ini.
  8. Pilihan lain yang tersedia di iOS 11 dan lebih tinggi adalah Offload App. Jika kamu mengetuk itu, aplikasi akan dihapus dari perangkat kamu, tetapi tidak dengan Documents & Data. Ini berarti kamu dapat menghemat ruang yang dibutuhkan untuk aplikasi itu sendiri tanpa kehilangan semua konten yang mungkin kamu buat dengan aplikasi. Jika nanti kamu menginstal ulang aplikasi, semua data itu akan menunggu kamu.

Menemukan Ukuran Aplikasi iPhone di iTunes

CATATAN: Pada iTunes 12.7, aplikasi tidak lagi menjadi bagian dari iTunes. Itu berarti langkah-langkah ini tidak memungkinkan lagi. Tetapi, jika kamu memiliki versi iTunes yang lebih lama, langkah ini masih berfungsi.

Metode ini tidak begitu akurat. Karena hanya memberi tahu kamu ukuran aplikasi itu sendiri, tidak semua file yang terkait dengannya. Kamu bisa menggunakan iTunes untuk mendapatkan ukuran aplikasi iPhone dengan melakukan ini:

  1. Jalankan iTunes
  2. Pilih menu Apps di pojok kiri atas, di bawah kontrol pemutaran
  3. Kamu akan melihat daftar semua aplikasi yang telah kamu download dari App Store atau diinstal
  4. Ada tiga cara untuk mengetahui berapa banyak ruang disk yang digunakan masing-masing aplikasi:
    • Klik kanan pada aplikasi dan pilih Get Info dari menu pop-up
    • Kiri klik ikon aplikasi sekali kemudian tekan tombol Command + I di Mac atau Control + I di Windows
    • Klik kiri ikon aplikasi sekali dan kemudian masuk ke menu File dan pilih Get Info .
  5. Saat kamu melakukan ini, jendela pop up akan menunjukkan informasi tentang aplikasi kamu. Klik tab File dan cari bidang Size untuk melihat berapa banyak ruang yang dibutuhkan aplikasi.

Post a Comment

Previous Post Next Post