Apple belum sepenuhnya meninggalkan pemilik iPhone usang. Selain masih menandatangani rilis iOS terakhir, kamu pula masih mampu download aplikasi versi lama yg kompatibel menggunakan perangkat lawas engkau dari App Store. Dengan perkiraan, kamu tahu trik dan persyaratan buat mendapatkannya.

Persyaratan Download & Install Aplikasi Versi lama untuk Perangkat iOS Lawas

Nah, agar App Store menyarankan kamu untuk download aplikasi versi lamanya, kamu harus mengikuti persyaratan sebagai berikut:

  • Apple ID kamu harus sudah pernah tercatat membeli atau unduh aplikasi tersebut sebelumnya.
  • Aplikasi yang ingin kamu download dan install pernah mendukung versi iOS yang berjalan pada perangkat kamu. Misalnya, kalau kamu menggunakan iPhone 4 iOS 7.1.2 dan ingin menginstal sebuah aplikasi yang versi alwal paling rendahnya adalah iOS 8, dan tidak pernah sama sekali dirilis untuk iOS 7, maka kamu tentu saja tidak akan bisa menginstal aplikasi tersebut.

Kalau kamu mengikuti dua persyaratan di atas, kamu bisa dengan mudah download aplikasi versi lama di iPhone atau iPad kamu. Kamu juga tidak akan menerima pesan yang mengatakan bahwa “Aplikasi Ini Membutuhkan iOS 9 Atau Yang Lebih baru” atau pesan sejenis lainnya ketika mencoba download aplikasi versi lama Facebook, Instagram, Line, Whatsapp, Twitter, dll dari App Store.

Lanjutkan membaca buat mengetahui trik mendapatkan pelaksanaan iOS versi lama buat perangkat iDevice lawas.

Cara Download Aplikasi Versi Lama di iPhone, iPad, & iPod Touch

Download aplikasi versi lama di iPhone dan iPad lawas sangatlah mudah. Sebenarnya ini adalah serangkaian langkah yang sama dengan apa yang harus dilakukan ketika kamu ingin download ulang aplikasi yang pernah dibeli dari App Store. Inilah yang harus dilakukan:

  1. Luncurkan aplikasi App Store.

  2. Ketuk ikon Update di sudut kanan bawah.

  3. Ketuk Purchased.

  4. Ketuk Not on This iPhone. Ini menunjukkan daftar aplikasi yang pernah kamu miliki sebelumnya yang saat ini tidak terpasang di ponsel kamu.

  5. Cari aplikasi yang kamu inginkan dan setelah menemukan aplikasinya, ketuk ikon Cloud (awan iCloud dengan panah di dalamnya).

  6. Di jendela yang muncul dengan label "Download an older version off this App?" ketuk Download untuk install aplikasi versi lamanya ke iPhone atau iPad lawas kamu. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini

Itulah langkah-langgkah yang kamu perlukan! Mungkin yang jadi pertanyaan kamu sekarang adalah, bagaimana caranya menerima pelaksanaan versi usang jikalau engkau belum pernah memiliki aplikasi tersebut sebelumnya? Cara termudah buat melakukannya merupakan download terlebih dahulu pelaksanaan yang kamu inginkan di iPhone atau iPad yg menjalankan versi iOS terbaru.

Misal kamu punya sahabat yg punya iPhone yang menjalankan iOS 12, kamu bisa minta tolong buat login/sign in Apple ID ke iPhone sahabat engkau , kemudian suruh teman kamu buat download beberapa aplikasi yg kamu inginkan dari App Store. Setelah terselesaikan, masukan pulang Apple ID engkau ke perangkat iOS lama engkau dan ikuti petunjuk yg telah kami berikan pada atas.

Cara Download Aplikasi Versi Lama via iTunes

Kamu juga bisa download aplikasi versi lama menggunakan iTunes dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada iPhone atau iPad lama kamu, buka Settings > iTunes & App Store > Updates di bagian Atomatic Download. Dengan mengaktifkan ini maka setiap kamu melakukan pembelian di iTunes akan otomatis di sinkronkan ke iPhone atau iPad kamu.

  2. Pada komputer atau Mac kamu, jalankan program iTunes.

  3. Sambungkan iPhone atau iPad ke Mac atau komputer kamu.

  4. Kalau kamu sudah menemukan aplikasi yang kamu inginkan, klik ikon Get. Untuk lebih jelasnya lihat gambar ini

  • Kamu bisa menunggu download hingga selesai atau memberhentikannya ketika sudah 25% di bagian pengelola download iTunes yang ditandai dengan ikon Panah kebawah di bagian kanan atas layar.

  • Kemudian di iPhone atau iPad kamu, buka aplikasi App Store, buka tabs Update > Purchased, di bagian Purchased kamu akan melihat aplikasi yang tadi kamu download di iTunes seperti kamu pernah memiliki aplikasi tersebut sebelumnya.

  • Klik ikon Cloud di samping aplikasi dan akan muncul pesan pemberitahuan download untuk versi lama dari aplikasi yang kamu pilih, ketuk Download untuk menyetujui. Lihat pada gambar di bawah

  • Dengan itu selesai! Tunggu hingga proses instalasi aplikasi di iPhone atau iPad lama kamu selesai.

  • Itulah trik yang bisa tim TeknoLah kasih mengenai cara download aplikasi versi lama dari App Store di iPhone dan iPad lama yang tidak dapat menjalankan iOS versi terbaru. Kalau kamu merasa prosesnya rumit, kamu juga bisa pinjam Apple ID ke teman kamu untuk mendapatkan aplikasi versi lama dan ikuti cara #1 di atas.

    Artikel ini pertama kali di publikasikan pada 26 Oktober 2017 oleh Andito dan telah kami perbarui agar tetap relevan dan bisa terus diandalkan.

    Post a Comment

    Previous Post Next Post